Ketahui Perbedaan pada Susu UHT dengan Susu Full Cream

wordpress

Mungkin masih banyak dari kita yang belum mengenal perbedaan susu UHT dan susu full cream. Singkatnya, susu UHT adalah jenis susu yang dibedakan dari proses pengolahannya, sedangkan susu full cream adalah jenis susu yang dibedakan dari kandungan lemaknya.

Sebenarnya, susu UHT dan susu full cream tidak dapat dibedakan begitu saja karena istilah kedua susu tersebut tidak merujuk pada satu golongan susu yang sama. Semua jenis susu bisa saja menjadi susu UHT, termasuk susu full cream. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut.

Perbedaan Susu UHT dengan Susu Full Cream

Susu UHT (ultra-high temperature) adalah semua jenis susu yang diolah dengan cara dipanaskan pada suhu tinggi, yakni sekitar 135 derajat Celsius selama 1–2 detik. Metode ini dilakukan dengan tujuan untuk membunuh bakteri yang ada pada susu, sehingga susu aman dikonsumsi dan memiliki umur simpan yang lebih lama.

Sementara itu, susu full cream adalah susu yang kandungan lemak aslinya tetap dipertahankan. Oleh sebab itu, susu full cream masih mengandung kadar lemak yang tinggi, yakni sekitar 8 gram per gelasnya. Karena kadar lemaknya yang tinggi, susu ini memiliki rasa yang gurih dan legit.

Sebenarnya, susu jenis apa pun memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama, mulai dari protein, lemak, karbohidrat, vitamin, kalsium, fosfor, kalium, magnesium, hingga zat besi. Namun, jumlah masing-masing nutrisinya mungkin sedikit berbeda pada setiap jenis susu.

Manfaat Kalsium dalam Susu bagi Anak

Seperti yang kita sudah ketahui sebelumnya, susu adalah salah satu sumber kalsium yang baik. Tidak hanya untuk orang dewasa, kalsium juga memiliki banyak manfaat bagi anak.

Konsumsi kalsium harian yang disarankan untuk anak-anak berumur 1–6 tahun adalah 500 mg/hari dan anak-anak berumur 7–9 tahun adalah 600 mg/hari. Dalam segelas susu UHT full cream umumnya sudah terkandung 35% dari kebutuhan harian kalsium anak.

 

Berikut ini adalah beragam manfaat kalsium bagi anak:

– Mendukung kesehatan dan kekuatan tulang

Pada anak-anak, kalsium dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan tulang yang sehat. Dengan mendapatkan asupan kalsium yang cukup setiap harinya, Si Kecil mampu mencapai tinggi badan yang optimal dan terhindar dari risiko mengalami penyakit tulang, seperti osteoporosis, di kemudian hari.

– Mengoptimalkan kinerja jantung

Kalsium yang terkandung pada susu juga berperan penting dalam menjaga kesehatan otot jantung dan jaringan pembuluh darah Si Kecil. Dengan demikian, sistem peredaran darah Si Kecil mampu bekerja dengan optimal, sehingga seluruh organ tubuhnya juga akan bekerja dengan baik.

– Mengoptimalkan penyampaian pesan dari otak

Melalui untaian saraf-saraf yang tersebar ke seluruh tubuh, otak menyampaikan jutaan pesan untuk mengatur aktivitas dan metabolisme tubuh. Nah, di sini kalsium berperan penting, yaitu menjaga kesehatan saraf dan membantu saraf menyampaikan pesan dari otak ke bagian tubuh Si Kecil yang lain.

Guna merasakan manfaat yang maksimal dari susu, Anda dan keluarga disarankan untuk mengonsumsi 2 gelas susu setiap harinya, yakni pada pagi dan malam hari. Namun, jika Anda atau keluarga memiliki kondisi tertentu terkait konsumsi susu, misalnya intoleransi laktosa, konsultasikan hal tersebut dengan dokter, supaya dokter bisa merekomendasikan susu apa yang paling aman untuk Anda konsumsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.