Sekilas mirip Dengan Daun Jeruk! Daun Mengkudu Membawa Segudang Manfaat bagi Kesehatan

wordpress

Manfaat daun mengkudu sebagai obat herbal sudah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Hal ini tidak lepas dari kandungan antioksidannya yang tinggi sehingga dapat mencegah beberapa penyakit tertentu, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

Daun mengkudu (Morinda citriolia) memiliki ciri-ciri berwarna hijau, mengilap, serta ukuran daun yang besar dan tebal. Sebagai gambaran, daun mengkudu mirip dengan daun jeruk, hanya saja ukurannya lebih besar.

Berkat manfaat daun mengkudu untuk mencegah dan mengatasi kondisi medis tertentu, tanaman ini banyak digunakan sebagai obat herbal. Selain itu, daun ini juga kerap diolah menjadi masakan.

Oleh masyarakat betawi, daun mengkudu yang masih muda sering dijadikan bahan untuk membuat nasi goreng. Sementara itu, di Aceh, daun mengkudu biasa diolah menjadi salah satu bahan kuliner lezat bernama oen peugaga.

Manfaat Daun Mengkudu bagi Kesehatan Tubuh

Daun mengkudu mengandung beragam nutrisi penting, seperti protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, kalium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B3, dan vitamin C. Selain itu, daun mengkudu juga kaya akan antioksidan, seperti flavonoid, alkaloid, tanin, triterpen, saponin, dan kumarin.

Berkat beragam kandungan nutrisi dan antioksidan tersebut, berikut ini adalah beberapa manfaat daun mengkudu yang bisa didapatkan:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Daun mengkudu mengandung beragam jenis antioksidan, seperti flavonoid, tanin, triterpen, kumarin, dan vitamin C. Berkat kandungan antioksidannya yang tinggi, daun mengkudu baik dikonsumsi untuk memperkuat imunitas tubuh.

Manfaat daun mengkudu ini bisa membuat tubuh jarang sakit karena lebih kuat melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Selain itu, daun mengkudu juga diketahui mengandung zat yang bersifat antivirus, antiradang, dan antibakteri, sehingga bisa membuat tubuh tercegah dari infeksi.

  • Menurunkan tekanan darah

Manfaat daun mengkudu untuk menurunkan tekanan darah sudah lama dikenal dalam pengobatan tradisional. Manfaat daun mengkudu ini berasal dari kandungan antioksidan, seperti flavonoid dan tanin, yang dapat membuat pembuluh darah lebih relaks dan elastis. Dengan begitu, aliran darah bisa menjadi lebih lancar.

Selain itu, daun mengkudu juga mengandung kalium yang baik untuk menurunkan tekanan darah.

  • Mencegah penyakit jantung

Selain menurunkan tekanan darah, daun mengkudu juga diketahui mampu menurunkan kadar lemak jahat. Berkat manfaatnya ini, daun mengkudu baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit jantung.

Kandungan antioksidan dan antiradang dalam daun mengkudu juga dapat mencegah peradangan di pembuluh darah sehingga risiko terbentuknya plak di pembuluh darah (aterosklerosis) bisa berkurang. Dengan demikian, aliran darah dan pasokan oksigen ke jantung akan senantiasa lancar.

Jadi, dengan mengonsumsi makanan yang dapat menurunkan kadar lemak jahat, seperti daun mengkudu, risiko terkena serangan jantung dapat berkurang.

  • Mencegah diabetes

Gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol lama-kelamaan bisa menimbulkan diabetes. Kondisi ini biasanya diawali dengan resistensi insulin, yakni kondisi ketika tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah gula darah menjadi energi.

Daun mengkudu memiliki efek antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu tubuh menggunakan insulin dengan baik. Berkat efeknya ini, daun mengkudu dapat membantu tubuh menyerap glukosa dan mengubahnya menjadi energi serta mencegah penyakit diabetes tipe 2.

Agar terhindar dari penyakit ini, Anda juga perlu membatasi konsumsi gula dan menerapkan gaya hidup sehat.

  • Mencegah kanker

Manfaat daun mengkudu selanjutnya juga tidak lepas dari kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan merupakan zat yang dapat membantu tubuh melawan efek radikal bebas sehingga sel-sel kanker tidak mudah tumbuh.

Namun, untuk memperoleh manfaat ini, Anda tidak dianjurkan untuk hanya mengandalkan daun mengkudu. Agar terhindar dari kanker, Anda juga perlu menerapkan gaya hidup sehat, seperti rajin olahraga, menjauhi rokok dan minuman beralkohol, serta mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

  • Mencegah penyakit Alzheimer

Daun mengkudu juga memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan otak, terutama dalam mencegah penyakit Alzheimer. Manfaat daun mengkudu untuk mencegah penyakit ini didapatkan dari kandungan flavonoid yang bisa mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel otak dari serangan radikal bebas.

Selain itu, beberapa riset juga menyebutkan bahwa daun maupun buah mengkudu baik dikonsumsi untuk melancarakan aliran darah ke otak. Hal ini dapat membuat konsentrasi dan daya ingat tetap kuat, serta mengurangi risiko terkena Alzheimer ataupun gangguan kognitif lainnya, misalnya pikun.

  • Menjaga kesehatan kulit

Daun mengkudu kaya akan vitamin C yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan vitamin C memiliki sifat antioksidan sehingga dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet maupun polusi.

Jadi, konsumsi makanan yang mengandung vitamin C, seperti daun mengkudu, dapat membuat kulit terhindar dari penuaan dini, memperbaiki kerutan, dan mencegah flek hitam serta jerawat.

  • Membantu penyembuhan luka

Manfaat daun mengkudu selanjutnya adalah membantu proses penyembuhan luka. Khasiat ini juga didapatkan dari kandungan vitamin C yang dapat membantu produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen merupakan protein yang berfungsi untuk memberikan struktur pada kulit, otot, tulang, dan jaringan ikat.

Kekurangan kolagen dalam tubuh akan membuat penyembuhan luka menjadi lambat. Jadi, Anda dapat mengonsumsi daun mengkudu guna mempercepat penyembuhan luka, seperti goresan atau bahkan luka pascaoperasi.

Nah, itulah beberapa manfaat daun mengkudu bagi kesehatan tubuh. Anda dapat mengonsumsi daun mengkudu layaknya sayuran atau mengolahnya menjadi jamu maupun teh herbal. Agar manfaat daun mengkudu lebih maksimal, lengkapi dengan mengonsumsi makanan bergizi lainnya.

Jika Anda memiliki beberapa kondisi atau penyakit, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi daun mengkudu sebagai obat herbal. Dokter akan memberikan penanganan dan saran konsumsi daun mengkudu yang sesuai dengan kondisi Anda.

31 thoughts on “Sekilas mirip Dengan Daun Jeruk! Daun Mengkudu Membawa Segudang Manfaat bagi Kesehatan

  1. I loved even more than you will get done right here. The picture is nice, and your writing is stylish, but you seem to be rushing through it, and I think you should give it again soon. I’ll probably do that again and again if you protect this hike.

  2. What i dont understood is in reality how youre now not really a lot more smartlyfavored than you might be now Youre very intelligent You understand therefore significantly in terms of this topic produced me personally believe it from a lot of numerous angles Its like women and men are not interested except it is one thing to accomplish with Woman gaga Your own stuffs outstanding Always care for it up

  3. Its like you read my mind You appear to know so much about this like you wrote the book in it or something I think that you can do with a few pics to drive the message home a little bit but other than that this is fantastic blog A great read Ill certainly be back

  4. I loved as much as you will receive carried out right here The sketch is attractive your authored material stylish nonetheless you command get got an impatience over that you wish be delivering the following unwell unquestionably come more formerly again since exactly the same nearly a lot often inside case you shield this hike

  5. What i do not understood is in truth how you are not actually a lot more smartlyliked than you may be now You are very intelligent You realize therefore significantly in the case of this topic produced me individually imagine it from numerous numerous angles Its like men and women dont seem to be fascinated until it is one thing to do with Woman gaga Your own stuffs nice All the time care for it up

  6. Somebody essentially help to make significantly articles Id state This is the first time I frequented your web page and up to now I surprised with the research you made to make this actual post incredible Fantastic job

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *