Terkenal Karena Minyaknya, Kupas Manfaat Daun Jarak dan Ketahui efek Sampingnya

wordpress

Kamu tahu kan daun jarak? Daun dari tanaman jarak yang lebih terkenal karena minyaknya yang berguna sebagai pestisida atau bahan biodiesel ini, ternyata termasuk tanaman obat yang digunakan oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Tanaman jarak (Ricinus communis) merupakan tanaman yang dapat tumbuh liar tanpa perawatan khusus. Semua bagian dari tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai obat, termasuk daunnya. Sebagai obat herbal, salah satu manfaat yang paling terkenal dari daun jarak adalah sebagai obat pencahar.

Manfaat Daun Jarak

Tidak hanya itu, daun jarak diketahui mengandung bahan dengan efek antiradang, antibakteri, serta antispasmodik. Jika diuraikan lebih lanjut, beberapa manfat dari daun jarak untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

  • Mengatasi sembelit

Kalau kamu sembelit, coba deh konsumsi daun jarak. Tanaman jarak adalah obat pencahar alami karena dapat meningkatkan pergerakan otot usus, sehingga tinja dapat dikeluarkan dengan mudah oleh tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mengonsumsi minyak jarak dengan mencampurkannya pada makanan atau minuman. Kamu juga bisa merebus daun jarak dengan air, lalu minum air rebusannya. Ingat, minum secukupnya saja, ya.

  • Melembapkan kulit

Daun jarak kaya akan asam risinoleat. Nutrisi ini dapat mengunci kelembapan kulit, sehingga kulit akan tetap terhidrasi dan skin barrier lebih kuat. Karena manfaatnya ini, banyak produk perawatan kulit yang menggunakan daun jarak sebagai bahan aktif utamanya.

Selain pakai produk skin care dari daun jarak, kamu bisa mengoleskan minyak jarak langsung ke kulit agar kulit menjadi lembap. Biar lebih nyaman saat dioleskan ke kulit, biasanya minyak jarak dicampur dengan minyak almond, minyak zaitun, atau minyak kelapa. Lakukan uji tempel terlebih dahulu untuk memastikan kulit teriritasi atau tidak.

  • Mempercepat penyembuhan luka

Salah satu kandungan pada daun jarak yang punya sifat antiperadangan adalah asam risinoleat. Efek antiperadangan ini sering digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka, termasuk meredakan rasa nyerinya.

Namun, perlu diingat kalau kamu tidak boleh mengoleskan minyak jarak murni pada luka, ya. Kamu bisa memilih obat oles khusus luka yang mengandung ekstrak daun jarak.

  • Mengatasi pembengkakan tubuh

Peradangan bisa ditandai dengan munculnya bengkak dan nyeri. Nah, beberapa kandungan di dalam daun jarak memiliki sifat antiradang dan antibakteri. Sifat ini sering dimanfaatkan untuk mengatasi pembengkakan serta mengurangi nyeri, lho.

Salah satu cara yang biasa dilakukan masyarakat untuk mendapatkan manfaat ini adalah dengan menumbuk beberapa daun jarak yang sudah tua, kemudian tambahkan sedikit garam. Pasta daun jarak bisa langsung kamu oleskan ke bagian tubuh yang bengkak. Namun, perlu diingat, pasta ini tidak boleh dioleskan pada area luka, ya.

  • Melawan infeksi bakteri

Daun jarak mengandung senyawa aktif thymol. Senyawa ini memiliki sifat  antibakteri yang katanya efektif untuk melawan bermacam-macam bakteri, khususnya bakteri Escherichia coliStaphylococcus aureusKlebsiella pneumoniae, dan Streptococcus.

Meski begitu, penggunaan daun jarak untuk melawan infeksi bakteri masih perlu diteliti lebih lanjut. Jika mengalami penyakit infeksi, tetap ikuti penanganan yang diberikan oleh dokter dan diskusikan perihal penggunaan obat herbal sebagai obat tambahan.

  • Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Penelitian membuktikan kalau daun jarak bisa mencegah pembentukan plak dan gigi berlubang. Manfaat ini berkat sifat antibakteri yang dimiliki oleh daun jarak. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung esktrak getah daun jarak.

  • Menjaga kesehatan hati

Manfaat lain dari daun jarak adalah mengobati penyakit kuning. Salah satu penelitian menyatakan adanya efek senyawa aktif pada daun jarak untuk menjaga kesehatan hati.

Di masyarakat, cara yang sering digunakan untuk mendapatkan manfaat daun jarak yang satu ini adalah dengan menumbuk daun jarak dan dicampur air kelapa, lalu dikonsumsi.

Daun jarak memang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, kalau dikonsumsi secara berlebihan bisa menimbulkan beberapa efek samping, seperti mual, sakit perut, kream, usus teriritasi, diare, dan alergi.

Ibu hamil juga disarankan untuk menghindari konsumsi daun jarak karena belum dapat dipastikan keamanannya. Namun, penggunaan topikal daun jarak masih tergolong aman, ya.

Nah, kalau kamu ingin menggunakan daun jarak sebagai pengobatan alternatif, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dulu, ya. Hal ini penting guna memastikan keamanannya dengan kondisi kesehatanmu dan dosis aman penggunaan tanaman obat ini.

6 thoughts on “Terkenal Karena Minyaknya, Kupas Manfaat Daun Jarak dan Ketahui efek Sampingnya

  1. Wow, amazing blog format! How lengthy have you been running a blog for?
    you made running a blog glance easy. The full glance of your site is magnificent, as well as the content material!
    You can see similar here najlepszy sklep

  2. Wow, incredible weblog layout! How long have you been blogging for?

    you make running a blog glance easy. The full glance of your site is
    great, as smartly as the content material! You can see similar here sklep internetowy

  3. Have you ever considered about including a little bit more than just your
    articles? I mean, what you say is fundamental and everything.
    Nevertheless imagine if you added some great photos or video clips to give your posts more,
    “pop”! Your content is excellent but with images
    and video clips, this blog could certainly be one of the most beneficial in its field.
    Terrific blog! I saw similar here: Sklep internetowy

  4. Hello there! Do you know if they make any plugins to assist with SEO?
    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but
    I’m not seeing very good results. If you know
    of any please share. Cheers! You can read similar art here:
    E-commerce

  5. Hi! Do you know if they make any plugins to assist with SEO?
    I’m trying to get my website to rank for some targeted
    keywords but I’m not seeing very good results.

    If you know of any please share. Thanks! I saw similar article here:
    Backlinks List

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *