Dibalik Manisnya Tape Singkong ada Segudang Manfaat Kesehatan dan Cocok sebagai Camilan Sehat

wordpress

Selain cita rasanya yang khas, tape singkong juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Manfaat tape singkong tersebut tidak terlepas dari kandungan nutrisi di dalamnya yang diketahui baik untuk daya tahan tubuh dan kesehatan organ pencernaan.

Tape atau disebut juga peuyeum merupakan makanan tradisional khas Jawa Barat yang terbuat dari fermentasi singkong. Proses fermentasi singkong dengan ragi menciptakan rasa tape yang manis dan sedikit asam dengan aroma alkohol yang ringan.

Tape singkong mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Di dalam 100 gram tape singkong, terkandung sekitar 169 kalori dan beberapa nutrisi lain, seperti:

  • 57 gram air
  • 40 gram karbohidrat
  • 2 gram serat
  • 1,4 gram protein
  • 0,3 gram lemak
  • 21 mg kalsium
  • 34 mg fosfor

Selain berbagai nutrisi di atas, manfaat tape singkong juga berasal dari vitamin di dalamnya, seperti vitamin C dan vitamin B12. Kandungan vitamin pada singkong tersebut dinilai meningkat berkat proses fermentasi.

Beragam Manfaat Tape Singkong

Berikut ini adalah berbagai manfaat tape singkong yang bisa diperoleh:

  • Menghangatkan tubuh

Tape singkong sering dijadikan sebagai salah satu makanan yang dapat menghangatkan tubuh. Kandungan alkohol yang ringan dari hasil fermentasi dengan ragi menjadi faktor utama yang memicu efek hangat pada tubuh setelah mengonsumsi tape. Hal ini membuat tape cocok dikonsumsi saat cuaca dingin.

  • Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat tape singkong juga penting bagi kesehatan sistem pencernaan tubuh. Proses fermentasi singkong dalam pembuatan tape dapat meningkatkan kandungan probiotik di dalamnya.

Kandungan tersebut penting untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Probiotik dapat melawan bakteri jahat dan mendukung pertumbuhan bakteri baik di saluran cerna.

  • Mencegah konstipasi

Tape merupakan salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk mencegah konstipasi atau sembelit. Selain kandungan probiotiknya, manfaat ini juga dapat diperoleh dari kadar air dan serat di dalamnya yang cukup tinggi.

Konsumsi makanan tinggi air dan serat dapat melembutkan serta memadatkan tinja. Dengan begitu, tinja bisa dengan mudah dikeluarkan dan BAB menjadi lancar.

  • Menjaga daya tahan tubuh

Sebagian besar faktor yang membentuk imunitas tubuh dapat ditemukan di usus. Oleh karena itu, sistem pencernaan yang sehat merupakan kunci dari daya tahan tubuh yang kuat.

Konsumsi makanan fermentasi, seperti tape, dapat membantu usus dalam memecah makanan dan meningkatkan kadar probiotik yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  • Sebagai camilan sehat

Karena kandungan nutrisinya beragam, tape singkong cocok dikonsumsi sebagai camilan sehat. Selain itu, untuk mendapatkan manfaat tape, Anda juga bisa mencampur atau mengolahnya sebagai hidangan penutup, seperti es buah, es cendol, atau es krim.

  • Meningkatkan energi

Konsumsi tape juga dapat meningkatkan energi bagi tubuh. Manfaat tape ini berasal dari kandungan karbohidrat yang cukup tinggi di dalamnya. Bahkan, kandungan karbohidrat pada singkong hampir setara dengan seporsi nasi.

Karbohidrat merupakan sumber bahan bakar utama tubuh yang akan diubah menjadi glukosa dalam darah. Glukosa inilah yang nantinya dapat memberikan tubuh energi untuk bergerak dan menjalankan berbagai aktivitas.

  • Mengatasi anemia

Manfaat tape singkong untuk mengatasi anemia diperoleh dari kandungan vitamin B12 di dalamnya. Kandungan vitamin B12 pada singkong diketahui meningkat selama proses fermentasi menjadi tape. Vitamin B12 baik untuk membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

Oleh karena itu, tape bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan makanan yang baik untuk penderita anemia.

Cara Membuat Tape Singkong

Manfaat tape singkong di atas dapat diperoleh dengan mengonsumsinya secara langsung. Proses pembuatan tape singkong biasanya membutuhkan waktu sekitar 2–3 hari.

Biasanya, singkong yang digunakan untuk membuat tape merupakan singkong utuh yang hanya dipotong bagian ujung atas dan bawah. Selain singkong, bahan yg digunakan untuk membuat tape adalah air dan ragi.

Pembuatan tape sebenarnya cukup mudah. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Kupas kulit singkong, lalu cuci hingga bersih.
  • Rendam singkong di dalam air, kemudian rebus sebanyak 2 kali. Rebusan pertama kira-kira selama 1,5 jam dan rebusan kedua sekitar 1 jam.
  • Setelah selesai direbus, tiriskan singkong dan taburi ragi.
  • Bungkus singkong dengan daun pisang dan taruh di dalam wadah tertutup, biasanya keranjang bambu.
  • Diamkan selama 2–3 hari hingga proses fermentasi selesai dan menghasilkan tape singkong yang manis, lembut, dan siap untuk disantap.

Manfaat tape singkong untuk kesehatan tubuh memang beragam. Makanan fermentasi ini juga cukup mudah didapat dan harganya relatif terjangkau. Namun, konsumsilah tape secukupnya saja dan jangan berlebihan.

Selain itu, ada baiknya bila Anda perhatikan juga cara menyantap tape. Tape yang digoreng dengan tepung dan minyak justru bisa menurunkan kandungan nutrisi dan manfaat dari tape itu sendiri.

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat tape singkong tetapi masih ragu mengonsumsinya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui takaran yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Terlebih, bila Anda memiliki kondisi yang harus membatasi atau memperbanyak asupan nutrisi tertentu.

7 thoughts on “Dibalik Manisnya Tape Singkong ada Segudang Manfaat Kesehatan dan Cocok sebagai Camilan Sehat

  1. Get Codie Sanchez: 7 Figure Newsletter Course

    A Zero to 60 Guide to your next million dollar platform.

    – 8 Step by Step Modules
    – 40+ Detailed Chapters
    – 5+ Videos & Hours of Tailored Content
    – Interviews from Newsletter Creators of 20k to 100k+
    – Business Models, Financial Models, Tech Stack, Scripts, Templates & Guides
    – Our Internal Memos, Notes on What Worked and Didn’t & Analytics Pages

    Download it before they delete it here:

    https://bit.ly/marketingseoinvestmentcourses

  2. I’m excited to invite you to access GB_AI, the all-in-one SEO tool that can help you to improve smkfarmasitangerang1.sch.id ranking in Google.

    With GB_AI, you can:

    Use AI to write the content Google Loves

    Track your keyword rankings

    Analyze your competitors

    Find new keywords

    Improve your on-page SEO

    Build backlinks

    … and make smkfarmasitangerang1.sch.id rank higher in days, not months.

    GB_AI is the perfect tool for businesses of all sizes that want to improve their website’s visibility and attract more visitors.

    To access GB_AI, simply click on the following link and create an account:

    https://bit.ly/TheAIContentGoogleLovesTrial

    PS: This invitation is only for smkfarmasitangerang1.sch.id

  3. you are truly a just right webmaster The site loading speed is incredible It kind of feels that youre doing any distinctive trick In addition The contents are masterwork you have done a great activity in this matter

  4. Wow, awesome weblog structure! How long have you ever been running a blog for?
    you make running a blog look easy. The entire glance of your website is wonderful,
    as well as the content material! You can see similar here sklep online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *