Pernah dengar Earl Grey Tea, Teh Dengan Rasa Unik Kaya Manfaat dan Cara Mengonsumsinya

wordpress

Earl grey tea adalah jenis teh yang sejak lama terkenal karena keharuman dan rasanya yang unik. Ditambah lagi, earl grey tea diyakini punya banyak manfaat bagi kesehatan, seperti mengobati sakit maag dan menyehatkan jantung.

Earl grey tea atau teh earl grey terbuat dari campuran teh hitam dan minyak bergamot. Seperti teh pada umumnya, teh hitam diambil dari daun Camellia sinensis. Sementara itu, minyak bergamot berasal dari kulit buah jeruk bergamot yang banyak ditanam di Italia.

Dalam proses pembuatan earl grey tea, daun teh hitam bisa disemproti minyak bergamot atau bisa juga dicampur dengan kulit buah bergamot kering. Campuran inilah yang membuat earl grey tea terasa mirip jeruk. Selain karena rasanya yang unik, earl grey tea juga mengandung beragam senyawa yang memberikan manfaat kesehatan.

Beragam Manfaat Earl Grey Tea

Secangkir earl grey tea yang dikenal sebagai minuman “mewah” di Inggris ini mengandung sekitar 40–120 miligram kafein dan sedikit nutrisi, seperti zat besi, kalium, magnesium, vitamin B2, dan asam folat.

Selain itu, earl grey tea juga diketahui kaya akan antioksidan, seperti flavonoid neoeriocitrin, neohesperidin, naringin, dan katekin. Antioksidan tersebut berasal dari teh hitam yang merupakan komponen utama dari earl grey tea serta dari bergamot.

Karena beragam kandungan nutrisi dan antioksidan, minum earl grey tea 1–2 gelas sehari bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah penjelasannya:

  • Meredakan sakit maag

Senyawa antioksidan di dalam bergamot diketahui bisa meredakan peradangan akibat infeksi Helicobacter pylori. Inilah yang menjadi alasan mengapa earl tea grey bisa meredakan gejala sakit maag. Namun, khasiat earl grey tea yang satu ini sebenarnya masih perlu diteliti lebih mendalam karena penelitian yang tersedia saat ini baru terbatas dilakukan pada hewan.

  •  Meningkatkan mood

Mengawali hari dengan minum secangkir earl grey tea pada pagi hari bisa menjadi cara yang ampuh untuk meningkatkan mood. Dengan suasana hati yang baik, Anda pun akan lebih bersemangat dalam menjalani hari.

  • Mengontrol berat badan

Minum earl grey tea secara rutin tanpa campuran apa pun, termasuk gula, juga bisa menurunkan sekaligus mengontrol berat badan. Manfaat ini didapat berkat kandungan kafein di dalamnya yang mampu meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak.

  • Menurunkan kadar kolesterol jahat

Kandungan flavonoid pada earl grey tea diketahui dapat menghambat enzim yang memproduksi kolesterol dalam tubuh. Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi minyak atau ekstrak bergamot pada earl grey tea berhasil menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), kolesterol total, dan trigliserida dalam darah.

  • Menjaga kesehatan jantung

Selain menurunkan kadar kolesterol, minum earl grey tea setiap hari secukupnya juga dapat menurunkan tekanan darah, terutama pada orang yang berisiko mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Dengan kadar kolesterol dan tekanan darah yang terkontrol, maka risiko seseorang terkena penyakit jantung juga akan menurun dan kesehatan jantung pun bisa tetap terjaga.

Efek Samping Earl Grey Tea dan Cara Mengonsumsinya

Meski aman dikonsumsi dan memberikan banyak manfaat, konsumsi earl grey disarankan secukupnya saja, yaitu tidak lebih dari 3–4 cangkir atau setara dengan 700–950 mililiter teh per hari.

Konsumsi earl grey tea secara berlebihan bisa menimbulkan beberapa efek samping, seperti kram otot dan penglihatan kabur. Gejala ini diduga terkait dengan senyawa alami dalam teh yang dapat mengganggu penyerapan kalium dan zat besi dalam tubuh.

Ada banyak varian earl grey tea yang bisa ditemukan di pasaran, misalnya earl grey tea yang ditambah kafein atau tanpa kafein, bahan tambahan, atau perasa tertentu.

Namun, karena sebagain besar earl grey tea mengandung kafein jadi berhati-hatilah dalam memilih produk atau merek tehnya. Apalagi, bila Anda memiliki kondisi tubuh yang sensitif terhadap asupan kafein. Jika berlebihan, kafein bisa menyebabkan kegelisahan, kecemasan, stres, susah tidur, sakit kepala, mual, dan asam lambung naik.

Earl grey tea bisa ditemukan dalam bentuk kantung teh yang perlu dicelupkan ke dalam air matang selama 3–5 menit sebelum diminum. Selain itu, earl grey tea juga ada yang dalam bentuk daun teh utuh.

Untuk menyeduhnya, gunakan satu sendok makan atau sekitar 15 gram earl grey tea ke dalam satu cangkir (250 mililiter) air hangat. Setelah itu, biarkan teh terendam selama 5 menit dan saring sebelum diminum.

Itulah beragam manfaat earl grey tea, efek samping, dan cara mengonsumsinya dengan bijak. Jika Anda ingin mengonsumsi earl grey tea secara rutin untuk tujuan kesehatan, sebaiknya berkonsultasilah kepada dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan saran mengenai takaran yang tepat dan sesuai kebutuhan Anda.

21 thoughts on “Pernah dengar Earl Grey Tea, Teh Dengan Rasa Unik Kaya Manfaat dan Cara Mengonsumsinya

  1. Доктрическое мышление.
    Термины индивид. Как подтвердить что человек не работает.
    Соотношение чувственного и рационального познания.
    Mbtk 20. Личность из чего состоит.

  2. Сочинение по обществознанию 6 класс
    сильная личность какая она. Все психические процессы
    подразделяются на. Тест на триады темные и светлые. Коричневый цвет в эзотерике. Признаки развития личности.
    Классификация восприятия. Как в
    айфоне создать воспоминания из фотографий с музыкой.

    Какие теории считают ощущение и восприятие высшими духовными
    процессами.

  3. Wow, fantastic blog format! How lengthy have you been running a blog for?
    you make running a blog look easy. The whole look of your web site is fantastic,
    let alone the content! You can see similar
    here sklep online

  4. Wow, amazing blog format! How long have you ever been running a blog for?
    you made running a blog glance easy. The total glance of your web site is fantastic, let alone the content material!

    You can see similar here dobry sklep

  5. I was wondering if you ever considered changing the layout of your site?
    Its very well written; I love what youve got to say.
    But maybe you could a little more in the way of content so people could connect with it better.
    Youve got an awful lot of text for only having one or 2 images.
    Maybe you could space it out better? I saw similar here: Sklep online

  6. Great work! This is the type of information that
    are supposed to be shared around the net.
    Shame on Google for no longer positioning this submit upper!

    Come on over and talk over with my website . Thanks =) I saw similar
    here: Najlepszy sklep

  7. Howdy! Do you know if they make any plugins to assist with SEO?
    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good results.
    If you know of any please share. Many thanks!
    You can read similar art here: Najlepszy sklep

  8. Good day! Do you know if they make any plugins to assist with Search Engine Optimization? I’m trying to
    get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good
    success. If you know of any please share. Appreciate it!
    You can read similar text here: GSA List

  9. Good day! Do you know if they make any plugins to help
    with SEO? I’m trying to get my blog to rank for some targeted
    keywords but I’m not seeing very good success. If you know of
    any please share. Cheers! You can read similar blog
    here: Escape rooms list

  10. I have been browsing on-line greater than 3 hours nowadays, but I by no means found any attention-grabbing article like yours. It’s lovely worth sufficient for me. Personally, if all website owners and bloggers made just right content as you probably did, the web will likely be a lot more helpful than ever before!

  11. Having read this I thought it was really informative. I appreciate you taking the time and effort to put this short article together. I once again find myself spending a significant amount of time both reading and commenting. But so what, it was still worth it!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *