Petik Manfaat dari Tanaman Herbal Patikan Kebo yang Manfaatnya Tak Terduga

wordpress

Patikan kebo merupakan jenis tanaman liar yang sering dianggap sebagai tumbuhan pengganggu. Padahal, tanaman ini ternyata memiliki beragam manfaat kesehatan, mulai dari mencegah infeksi bakteri hingga mencegah kanker.

Patikan kebo adalah salah satu tanaman obat yang banyak tumbuh di wilayah beriklim tropis, termasuk Indonesia. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Euphorbia hirta ini dapat dikenali dari batangnya yang berwarna keungunan, serta daunnya yang tumbuh saling berlawanan dan berbentuk lonjong.

Jenis tanaman yang satu ini sangat mudah untuk ditemukan. Hal ini karena patikan kebo dapat tumbuh di mana saja terlebih pada tempat-tempat yang kering, seperti pekarangan rumah, persawahan, perkebunan, atau tepi jalan raya.

Berbagai Manfaat Patikan Kebo

Ekstrak patikan kebo diketahui memiliki sifat antibakteri dan antidiabetes yang berguna untuk kesehatan. Tak hanya itu, tanaman ini juga mengandung berbagai senyawa antioksidan, seperti flavonoid, tanin, quercetin, alkaloid, dan saponin.

Berkat kandungan di dalamnya, patikan kebo dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah dan gangguan kesehatan, seperti:

  • Mencegah infeksi bakteri

Khasiat patikan kebo dalam mencegah infeksi bakteri tentunya berasal dari sifat antibakteri yang dimilikinya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sifat tersebut membuat tanaman ini dapat melawan berbagai bakteri penyebab infeksi, seperti Salmonella typhiBacillus subtilisPseudomonas aeruginosa, dan Escherichia coli.

  • Meredakan asma

Meredakan gejala asma merupakan manfaat patikan kebo yang paling dikenal oleh masyarakat. Bahkan, tanaman yang satu ini sering disebut sebagai “tanaman asma” berkat khasiatnya dalam membantu meredakan gangguan pernapasan.

Etanol adalah salah satu kandungan dalam patikan kebo yang berkhasiat untuk meredakan asma. Hal ini karena etanol memiliki sifat antiradang yang dapat mengatasi berbagai kondisi peradangan, salah satunya peradangan pada saluran pernapasan.

Tak hanya itu, kandungan quercetin dalam patikan kebo juga diketahui mampu mengurangi ketegangan otot polos di dalam saluran pernapasan. Dengan demikian, asma bisa lebih cepat mereda.

Selain asma, patikan kebo juga diduga dapat mengatasi berbagai kondisi gangguan pernapasan lainnya, seperti batuk dan bronkitis.

  • Mengatasi diare

Manfaat patikan kebo dalam mengatasi diare telah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan pada hewan percobaan. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa khasiat patikan kebo yang satu ini diperoleh dari kandungan quercetin yang memiliki sifat antidiare.

Quercetin juga diketahui bisa memperlambat pergerakan usus sehingga mampu menurunkan frekuensi buang air besar berlebih saat diare. Namun, efektivitas patikan kebo dalam mengatasi diare pada manusia masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

  • Menurunkan kadar gula darah

Penelitian lainnya yang juga dilakukan pada hewan percobaan menyebutkan bahwa patikan kebo memiliki efek dalam menurunkan kadar gula darah. Berkat penelitian tersebut, tanaman ini digadang-gadang dapat menurunkan kadar gula darah pada manusia.

  • Menurunkan kadar kolesterol jahat

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi patikan kebo dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam darah. Manfaat ini berasal dari kandungan flavonoid dan antioksidan di dalam patikan kebo.

Rendahnya kadar kolesterol jahat tentunya baik untuk kesehatan jantung. Hal ini karena kadar kolestrol jahat yang tinggi terkait dengan risiko penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

  • Mencegah kanker

Patikan kebo juga berkhasiat menghambat pertumbuhan berbagai sel kanker, terutama kanker paru-paru, kanker hati, dan kanker payudara. Manfaat ini berasal dari senyawa antioksidan yang terkandung dalam patikan kebo. Antioksidan berfungsi untuk melawan radikal bebas yang bisa memicu munculnya sel kanker.

Selain beberapa manfaat di atas, patikan kebo juga berkhasiat sebagai obat untuk menurunkan demam, mengatasi gangguan pencernaan, bahkan meredakan kecemasan dan depresi.

Untuk bisa mendapat berbagai manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi patikan kebo dengan cara direbus, lalu diminum air rebusannya. Tanaman ini juga tersedia dalam bentuk suplemen.

Namun, jika Anda ingin mendapatkan manfaat patikan kebo melalui konsumsi suplemen, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, terutama jika Anda memiliki kondisi medis atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

5 thoughts on “Petik Manfaat dari Tanaman Herbal Patikan Kebo yang Manfaatnya Tak Terduga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *