Petik Manfaat dari Akar Alang-Alang Selain Mengatasi Nyeri pada Tubuh

wordpress

Manfaat akar alang-alang untuk kesehatan sangatlah beragam. Bahan alami ini sudah sejak lama digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai kondisi, mulai dari sakit gigi, nyeri perut, hingga panas dalam.

Di Indonesia, obat tradisional atau obat herbal kerap digunakan untuk meredakan berbagai keluhan. Tidak heran, banyak sekali bahan alami yang dijadikan sebagai obat, salah satunya akar alang-alang (Imperata cylindrica).

Manfaat akar alang-alang untuk kesehatan diyakini sangat beragam karena akar alang-alang mengandung banyak senyawa maupun nutrisi penting, seperti saponin, flavonoid, kalsium, dan kalium.

Manfaat Akar Alang-alang

Untuk mendapatkan manfaat akar alang-alang, Anda bisa mengonsumsi air rebusannya. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya untuk kesehatan:

  • Mengurangi nyeri

Dalam akar alang-alang terdapat kandungan antiradang. Hal ini membuat konsumsi air rebusan akar alang-alang mampu mengatasi rasa nyeri yang muncul akibat peradangan dalam tubuh.

Oleh karena itu, Anda bisa menjadikan akar alang-alang sebagai obat pereda nyeri alami untuk mengatasi beberapa kondisi, seperti sakit gigi, nyeri perut, dan sakit kepala.

  • Meredakan panas dalam

Akar alang-alang dapat dijadikan sebagai obat panas dalam. Pasalnya, kandungan antioksidan, antiradang, dan antibakteri yang terdapat pada akar alang-alang bisa meredakan panas dalam.

Selain itu, untuk mengatasi panas dalam, Anda juga dianjurkan minum air putih yang banyak, tidur yang cukup, dan makan makanan sehat agar tubuh dapat kembali fit.

  • Mencegah kerusakan hati

Meski perlu diteliti lebih lanjut, penelitian menunjukkan bahwa akar alang-alang bermanfaat untuk mencegah kerusakan hati yang disebabkan oleh konsumsi minuman beralkohol.

Manfaat akar alang-alang ini bisa diperoleh berkat kandungan antioksidan. Antioksidan dapat mencegah kerusakan jaringan hati yang makin parah, salah satunya akibat paparan alkohol berlebih.

Meski demikian, bukan berarti dampak kerusakan hati akibat konsumsi alkohol berlebih bisa ditekan dengan mengonsumsi akar alang-alang saja. Untuk mencegahnya secara maksimal, penderita penyakit hati perlu berhenti minum minuman beralkohol.  

  • Menjaga kesehatan tulang

Konsumsi akar alang-alang dapat menjaga kesehatan tulang. Manfaat ini berasal dari kandungan mineral di dalamnya, seperti kalsium dan kalium.

Kalsium diperlukan untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang, sedangkan kalium dibutuhkan untuk meminimalkan terbuangnya kalsium melalui urine. Artinya, kedua mineral ini sangat penting untuk memelihara tulang yang kuat dan sehat.

  • Menjaga kesehatan jantung

Kandungan antioksidan yang ada di dalam akar alang-alang juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung. Manfaat ini tidak terlepas dari peran antioksidan dalam menangkal dampak paparan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Radikal bebas berlebih bisa membuat kolesterol jahat (LDL) menempel atau menumpuk di pembuluh darah arteri dan membentuk plak. Plak bisa membuat pembuluh darah menyempit, sehingga aliran darah ke jantung menjadi berkurang.  Efeknya, risiko terkena penyakit jantung pun meningkat.

Manfaat akar alang-alang untuk kesehatan beragam, tetapi bukan berarti bahan alami ini bisa dijadikan sebagai satu-satunya obat untuk mengatasi penyakit tertentu. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum menggunakan akar alang-alang, terutama bila Anda menderita kondisi medis tertentu.

2 thoughts on “Petik Manfaat dari Akar Alang-Alang Selain Mengatasi Nyeri pada Tubuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *