Apa itu Glucosamine? Berikut Manfaat Glucosamine untuk Kesehatan

wordpress

Glucosamine merupakan senyawa alami tubuh yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang rawan. Senyawa ini juga dipercaya dapat memberikan manfaat lain bagi kesehatan tubuh, salah satunya menjaga kesehatan mata.  

Glucosamine secara alami terdapat di persendian tubuh dan berfungsi untuk memelihara kesehatan tulang rawan. Namun, seiring bertambahnya usia, kadar glucosamine dalam tubuh dapat menurun sehingga risiko terjadinya kerusakan sendi dapat meningkat.

Agar sendi tetap sehat, glucosamine dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen yang terbuat dari ekstrak cangkang kerang laut. Selain menjaga kesehatan tulang rawan, ada beragam manfaat glucosamine lain yang juga sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Berbagai Manfaat Glucosamine

Berikut ini adalah beberapa manfaat glucosamine bagi kesehatan yang penting untuk Anda ketahui:

  • Mengurangi nyeri sendi

Beberapa studi menunjukan bahwa glucosamine dapat digunakan untuk mengurangi nyeri sendi, misalnya pada penderita radang sendi. Konsumsi suplemen glucosamine secara rutin diduga dapat meredakan sendi sakit dan kaku serta mencegah radang sendi makin parah.

  • Mendukung kesehatan sendi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, glucosamine memang diproduksi secara alami oleh tubuh. Namun, seiring bertambahnya usia, produksi senyawa ini dapat menurun sehingga kesehatan sendi pun dapat terganggu.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen glucosamine secara rutin dapat melindungi jaringan sendi dan mencegah kerusakan pada tulang rawan, terutama pada atlet.

  • Mengurangi peradangan

Glucosamine juga sering digunakan sebagai suplemen untuk mengatasi peradangan yang berkepanjangan atau kronis, yang sangat berkaitan dengan radang sendi, penyakit jantung, dan diabetes.

Hal ini dibuktikan dari beberapa penelitian yang menemukan bahwa orang yang rutin mengonsumsi suplemen ini memiliki risiko lebih rendah mengalami peradangan kronis.

  • Meningkatkan kesehatan tulang

Glucosamine juga dapat digunakan untuk mencegah perkembangan penyakit osteoporosis setelah masa menopause. Ini karena glucosamine dapat menguatkan tulang dengan mendukung pertumbuhan sel-sel tulang yang sehat.

Selain itu, rutin mengonsumsi suplemen glucosamine juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit osteoporosis seiring bertambahnya usia.

  • Mengatasi penyakit tertentu

Meski umumnya glucosamine digunakan untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah kesehatan pada sendi dan tulang. Suplemen glucosamine juga diduga dapat mengatasi berbagai penyakit tertentu, seperti:

  • Peradangan kandung kemih, yang menyebabkan penderitanya sering buang air kecil dan nyeri pada kandung kemih
  • Penyakit radang usus, yang memiliki gejala berupa diare berkepanjangan, nyeri perut, dan BAB berdarah
  • Multiple sclerosis, yaitu penyakit autoimun yang memengaruhi otak dan sumsum tulang belakang
  • Glaukoma, yaitu meningkatnya tekanan dalam bola mata yang bisa menyebabkan penderitanya kehilangan penglihatan

Meski glucosamine bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit di atas, penelitian yang mendukung manfaat tersebut masih sangat terbatas. Studi lain masih diperlukan untuk mengetahui khasiat penggunaan suplemen glucosamine dalam mengobati berbagai penyakit.

Cara Mengonsumsi Glucosamine yang Aman

Tidak ada salahnya bila Anda tetap ingin memperoleh manfaat glucosamine, terutama guna menjaga kesehatan sendi dan tulang. Anda dapat memenuhi kebutuhan glucosamine, yaitu sekitar 1.500–3.000 mg setiap harinya. Namun, dosis ini dapat berbeda pada setiap orang, tergantung usia dan kondisi medis yang diderita.

Perlu diingat bahwa glucosamine juga sama seperti suplemen pada umumnya yang dapat menimbulkan efek samping. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi meliputi mual, diare, sembelit, dan sakit kepala.

Oleh karena itu, penggunaan suplemen ini sebaiknya perlu disesuaikan dengan aturan pemakaian yang terdapat pada produk kemasan atau sesuai dosis yang dianjurkan oleh dokter.

Apalagi bila Anda memiliki penyakit tertentu, seperti asma, diabetes, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi. Sebaiknya hindari mengonsumsi suplemen glucosamine atau cobalah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Sedangkan pada ibu hamil dan menyusui, belum diketahui secara pasti apakah mengonsumsi suplemen ini terbukti aman. Tidak hanya itu, mengingat suplemen ini umumnya terbuat dari kerang laut, penderita alergi seafood dianjurkan untuk tidak mengonsumsi suplemen glucosamine.

Bila Anda mengonsumsi suplemen glucosamine dan mengalami efek samping, seperti sakit kepala, mual, dan diare, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

1 thought on “Apa itu Glucosamine? Berikut Manfaat Glucosamine untuk Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *