Mirip Kesemek! Walau Terdengar asing Buah Mentega memiliki Segudang Manfaat Kesehatan

wordpress
Buah mentega mungkin terdengar asing bagi banyak orang. Padahal, buah ini kaya akan antioksidan yang baik untuk tubuh. Tidak hanya itu, buah mentega juga mengandung banyak nutrisi lain sehingga dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan. Buah mentega (Diospyros blancoi) sebenarnya dapat ditemukan di seluruh bagian Indonesia. Namun, keberadaan pohonnya saat ini sudah mulai langka sehingga hanya sedikit orang yang mengetahuinya.

Buah mentega berwarna jingga di bagian luar dan putih di bagian dalam dengan tekstur daging buah yang lembut seperti mentega. Seluruh permukaan buah tertutup oleh bulu lembut sehingga ada juga yang menyebutnya buah beludru.

Buah mentega dipercaya memiliki beragam manfaat kesehatan yang diperoleh dari berbagai kandungan di dalamnya, seperti:

  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Kalsium
  • Fosfor

Selain itu, buah mentega juga mengandung zat besi, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang tinggi.

Berbagai Manfaat Buah Mentega untuk Kesehatan

Berkat beragam kandungan nutrisinya, ada berbagai manfaat buah mentega untuk kesehatan, yaitu:

  • Meredakan penyakit kulit

Buah mentega memiliki kandungan antijamur yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit kulit akibat infeksi jamur. Manfaat ini didukung oleh sebuah penelitian yang menyatakan bahwa buah mentega mampu mengatasi panu dan dermatofitosis yang disebabkan oleh jamur.

  • Menurunkan kadar gula darah

Dalam sebuah penelitian pada hewan, buah mentega memiliki efek antidiabetes yang dapat menurunkan kadar gula darah. Khasiat ini menunjukkan bahwa buah mentega mempunyai potensi sebagai obat diabetes.

  • Melindungi dari paparan sinar matahari

Tidak hanya dikonsumsi, buah mentega juga kerap digunakan sebagai bahan dalam produk tabir surya sehingga mampu melindungi kulit dan mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan, seperti tanin, flavonoid, dan fenol.

  • Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan serat dalam buah mentega cukup tinggi, sehingga mampu membantu mencukupi kebutuhan serat sehari-hari. Hal ini baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna dan mencegah sembelit atau sulit buang air besar.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C di dalam buah mentega baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Dengan sistem imun yang baik, tubuh lebih mudah melawan virus, bakteri, atau jamur yang menginfeksi tubuh.

  • Mencegah kanker

Buah mentega mengandung fenol yang dinilai dapat mencegah kanker. Fenol merupakan salah satu jenis antioksidan yang mampu mencegah kerusakan sel dan mencegah pertumbuhan sel berlebihan seperti yang terjadi pada sel kanker.

Meski manfaat buah mentega cukup baik untuk kesehatan, penelitian yang mendalam masih diperlukan guna menilai efek samping buah mentega. Oleh karena itu, jika Anda ingin memanfaatkan buah mentega untuk mengobati penyakit tertentu, pastikan konsultasi lebih dulu ke dokter.

31 thoughts on “Mirip Kesemek! Walau Terdengar asing Buah Mentega memiliki Segudang Manfaat Kesehatan

  1. mexican drugstore online [url=https://foruspharma.com/#]buying from online mexican pharmacy[/url] mexican online pharmacies prescription drugs

  2. mexico pharmacy [url=http://foruspharma.com/#]mexico pharmacies prescription drugs[/url] mexican pharmaceuticals online

  3. online canadian pharmacy reviews [url=https://canadapharmast.com/#]best online canadian pharmacy[/url] canadian pharmacy review

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *