Pernah Mencoba Buah Carica? Buah yang Ukurannya Kecil tapi Besar Manfaatnya

wordpress

Salah satu manfaat buah carica adalah menjaga daya tahan tubuh. Manfaat tersebut berasal dari kandungan vitamin C di dalamnya. Selain itu, buah ini juga mengandung nutrisi lain yang diketahui mampu menjaga kesehatan pencernaan dan mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Buah carica merupakan buah khas daerah Wonosobo yang biasa diolah menjadi manisan, sirop, selai, dan juga keripik. Buah ini termasuk dalam keluarga pepaya, tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil.

Dalam 100 gram buah carica mengandung 24 kalori dan 93 gram air serta berbagai nutrisi penting, seperti:

  • 4 gram karbohidrat
  • 2 gram protein
  • 1 gram serat
  • 85 miligram vitamin C
  • 51 miligram kalsium
  • 33 miligram fosfor

Selain beragam zat gizi di atas, buah carica juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin E, beta karoten, kalium, dan zat besi, sehingga konsumsinya bermanfaat bagi kesehatan.

Beragam Manfaat Buah Carica

Kandungan nutrisi yang beragam membuat buah carica baik dikosumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini adalah manfaat buah carica yang dapat diperoleh:

  • Meningkatkan imunitas tubuh

Untuk meningkatkan imunitas tubuh, Anda disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, salah satunya buah carica. Pasalnya, vitamin ini dapat meningkatkan jumlah sel darah putih yang berperan penting dalam melindungi tubuh dari infeksi sehingga Anda tidak mudah sakit.

Selain itu, vitamin C juga bersifat antioksidan. Artinya, vitamin ini dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang bisa menyebabkan peradangan di tubuh dan memicu kerusakan jaringan.

  • Melancarkan buang air besar

Konsumsi buah carica diketahui bisa melancarkan buang air besar, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita sembelit. Ini karena buah carica mengandung serat yang cukup tinggi.

Serat berfungsi untuk melunakkan tinja dan mempercepat pergerakan tinja melewati usus, sehingga tinja menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan.    

  • Menjaga kesehatan mata

Buah carica mengandung vitamin A dan vitamin E, sehingga konsumsinya juga baik untuk menjaga kesehatan mata dan mendukung fungsinya sebagai organ penglihatan.

Vitamin A adalah komponen penting untuk menjaga kejernihan korea dan kemampuan penglihatan di sinar yang redup. Sementara itu, vitamin E juga dapat menjaga kesehatan mata karena bersifat antioksidan sehingga bisa melindungi sel mata dari kerusakan.

Asupan vitamin A dan vitamin E yang terpenuhi dengan baik dapat menurunkan risiko terkena penyakit mata, seperti rabun senja, katarak dan degenerasi makula.

  • Mengontrol tekanan darah

Dalam buah carica terdapat kandungan kalium. Kalium mampu mengurangi ketegangan di pembuluh darah, sehingga dibutuhkan untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Buah ini juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Oleh karena itu, guna mengontrol tekanan darah serta menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung, Anda perlu mencukupi kebutuhan kalium dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tersebut, salah satunya buah carica.

  • Menurunkan kadar kolesterol

Tidak hanya baik untuk pencernaan, kebutuhan serat yang tercukupi juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Namun, untuk memastikan bahwa kadar kolesterol terkontrol dengan baik, Anda juga disarankan untuk melakukan hal berikut ini:

  • Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans, seperti daging merah, susu dan produk olahannya, biskuit, serta kue kering
  • Meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung omega 3, seperti ikan salmon dan makarel
  • Berolahraga secara rutin
  • Menghentikan kebiasaan merokok
  • Mengontrol berat badan atau menjaga berat badan tetap ideal
  • Meningkatkan kesehatan tulang

Carica termasuk buah yang kaya kalsium dan fosfor. Kebutuhan kedua nutrisi tersebut perlu dicukupi untuk meningkatkan atau menjaga kesehatan tulang, sehingga tulang tidak mudah mengalami pengeroposan di usia lanjut.

Kalsium diketahui dapat menjaga kesehatan tulang, karena nutrisi satu ini diperlukan untuk menunjang pertumbuhan, kepadatan, dan kekuatan tulang. Begitu pula dengan fosfor. Mineral penting ini juga dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang.

  • Mencegah penyakit kanker

Penelitian menujukkan bahwa kandungan beta karoten di dalam buah carica dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker. Manfaat ini diperoleh berkat kemampuan beta karoten dalam menangkal bahaya radikal bebas yang dapat menjadi pemicu penyakit tersebut.

Akan tetapi, penelitian tentang manfaat buah carica untuk mencegah maupun mengobati berbagai penyakit hanya sekadar memaparkan suatu teori yang belum dibuktikan kebenarannya melalui uji klinis.

Jadi, sebaiknya jangan andalkan buah carica saja untuk menjaga kesehatan, melainkan jalani juga pola hidup sehat, seperti konsumsi makanan bergizi lainnya dan olahraga secara rutin.

Manfaat buah carica untuk kesehatan memang beragam, tetapi tetap konsumsi sewajarnya apalagi jika Anda mengonsumsi buah ini dalam bentuk manisan. Pasalnya, manisan buah biasanya mengandung gula yang tinggi sehingga konsumsinya harus dibatasi.

Buah carica juga masih satu keluarga dengan pepaya, sehingga orang yang memiliki riwayat alergi setelah makan pepaya tidak dianjurkan mengonsumsi carica. Selain itu, baik buah pepaya maupun carica, sebaiknya dikonsumsi saat sudah matang, khususnya oleh ibu hamil guna mencegah kontraksi dini pada rahim.

Itulah beragam manfaat buah carica bagi kesehatan. Untuk mengetahui keamanan dan takaran konsumsi buah carica yang dianjurkan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Apalagi, jika Anda sedang mengonsumsi obat atau menderita penyakit tertentu.

4 thoughts on “Pernah Mencoba Buah Carica? Buah yang Ukurannya Kecil tapi Besar Manfaatnya

  1. My brother recommended I might like this blog. He was totally right.
    This post truly made my day. You can not imagine just how much time I had spent for this
    information! Thanks!

  2. With havin so much written content do you ever run into any issues of plagorism or copyright violation? My website has a lot of unique content I’ve either created myself or outsourced but it appears a lot of it is popping it up all over the internet without my
    permission. Do you know any methods to help prevent content from
    being ripped off? I’d truly appreciate it.

  3. Hi there! Someone in my Myspace group shared this site
    with us so I came to give it a look. I’m definitely enjoying the information. I’m
    book-marking and will be tweeting this to my followers!
    Outstanding blog and wonderful design.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *