Jujube Sebutan dari Buah Kurma Merah atau Kurma Cina Manfaatnya Semanis Rasanya

wordpress

Manfaat jujube bagi kesehatan tubuh sangatlah menarik. Bagaimana tidak, buah ini rendah kalori tapi kaya akan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Jujube juga memiliki tampilan yang khas. Ketika matang, jujube berbentuk seperti kurma yang berwarna merah keunguan.

Jujube adalah buah kecil dari pohon Ziziphus jujuba yang banyak tumbuh di Asia Selatan. Karena bentuknya, buah ini dikenal dengan sebutan kurma merah atau kurma Cina. Jujube memiliki cita rasa yang manis dan tekstur yang kenyal.

Kandungan Nutrisi Jujube

Beragam manfaat jujube bisa Anda peroleh dari nutrisi yang terkandung di dalamnya. Dalam 100 gram atau 3 buah jujube terdapat sekitar 79 kalori dan berbagai macam nutrisi yang meliputi:

  • Karbohidrat
  • Serat
  • Kalium
  • Vitamin, seperti vitamin C dan A.

Jujube juga kaya akan aktivitas antioksidan dari senyawa bioaktif yang dikandungnya, seperti flavonoid, saponin, polisakarida, dan asam triterpenat. Di samping itu, vitamin C dalam jujube juga bertindak sebagai antioksidan.

Beragam Manfaat Jujube

Di bawah ini adalah beragam manfaat jujube yang bisa Anda dapatkan:

– Meningkatkan kualitas tidur

Salah satu manfaat jujube yang paling terkenal adalah untuk meningkatkan kualitas tidur, terutama bagi penderita insomnia dan berbagai masalah tidur lainnya yang berkaitan dengan stres dan kecemasan.

Antioksidan dalam jujube, tepatnya flavonoid dan saponin, dipercaya mampu menurunkan aktivitas sistem saraf dan meningkatkan hormon yang dapat menenangkan pikiran. Khasiat ini akan memperbaiki kualitas dan lamanya tidur.

– Melindungi fungsi otak

Selain meredakan kecemasan, senyawa aktif yang sama dalam jujube juga diduga dapat melindungi fungsi otak. Senyawa ini berpotensi dalam melindungi sel saraf dari kerusakan, membantu meningkatkan daya ingat, dan melindungi otak dari gangguan kognitif, seperti penyakit Alzheimer.

– Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Beberapa senyawa yang terkandung di dalam jujube, seperti saponin, flavonoid, dan polisakarida, memiliki manfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Senyawa-senyawa ini bekerja dengan cara menurunkan inflamasi dan proses oksidasi yang diketahui dapat melemahkan komponen sistem imun dan membuat kita mudah terserang penyakit.

 

– Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Kadar serat pada jujube tergolong tinggi, bahkan mengalahkan apel. Serat ini diketahui mampu mempercepat pergerakan makanan melalui saluran pencernaan, melembutkan tinja, dan meningkatkan jumlah bakteri baik atau probiotik usus, sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Selain itu, senyawa aktif pada ekstrak jujube diduga dapat memberikan perlindungan pada dinding organ sistem pencernaan, mulai dari lambung hingga usus besar. Khasiat ini dapat melindungi sistem pencernaan kita dari tukak lambung, radang usus, dan infeksi bakteri berbahaya.

– Menurunkan risiko kanker

Senyawa bioaktif yang terkandung di dalam jujube, seperti saponin, flavonoid, polisakarida, dan triterpenoid telah terbukti mampu memperlambat pertumbuhan dan bahkan membunuh beberapa jenis sel kanker. Contohnya adalah kanker ovarium, kanker serviks, kanker payudara, kanker hati, kanker usus besar, dan kanker kulit.

– Mendukung kesehatan jantung

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa jujube terbukti mampu mendukung kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Selain itu, jujube juga dapat mencegah penumpukan lemak atau aterosklerosis yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, mulai dari penyempitan pembuluh darah tangan, penyakit jantung koroner, hingga stroke.

– Menurunkan kadar gula darah

Jujube juga diketahui dapat menurunkan gula darah. Menurut penelitian, khasiat jujube untuk menurunkan gula darah didukung oleh kandungan vitamin A-nya yang dapat meningkatkan penyerapan gula darah ke dalam sel tubuh. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari risiko mengalami penyakit diabetes.

Buah jujube bisa dikonsumsi mentah sebagai camilan sehat, tetapi sering juga dikeringkan untuk dijadikan permen, teh, dan suplemen. Namun, perlu diingat bahwa buah jujube yang sudah dikeringkan umumnya lebih tinggi kalori dan gula daripada buah yang segar.

Apabila Anda masih ragu untuk mengonsumi buah jujube karena memiliki kondisi kesehatan tertentu, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.