Benarkah radiasi Handphone Bisa Berdampak Buruk bagi Kesehatan? Yuk Simak Lebih Lanjut

wordpress

Handphone telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari yang sulit untuk dipisahkan. Namun, radiasi handphone diduga dapat menyebabkan masalah kesehatan. Benarkah begitu? Nah, untuk tahu lebih jauh mengenai fakta dari dampak radiasi handphone, simak penjelasannya dalam artikel berikut.  

Handphone merupakan perangkat elektronik yang bekerja dengan menggunakan gelombang radio. Gelombang tersebut dapat menghasilkan radiasi dan menyebar ke segala arah, termasuk tubuh penggunanya.

Meski demikian, radiasi handphone berbeda dengan radiasi yang dihasilkan perangkat lain, seperti sinar-X dalam foto Rontgen dan CT scan. Perangkat tersebut sudah dipastikan berbahaya jika terlalu sering terpapar.

Dampak Radiasi Handphone dan Faktanya

Ada banyak dugaan bahaya radiasi handphone. Berikut ini adalah beberapa dampak buruk yang diduga dapat disebabkan oleh radiasi handphone beserta faktanya:

– Penurunan tingkat kesuburan pria

Banyak orang, terutama pria, sering kali meletakkan handphone di saku celana. Padahal, kebiasaan tersebut bisa berdampak pada menurunnya tingkat kesuburan pria. Hal ini dapat terjadi karena radiasi handphone dapat memengaruhi kualitas sperma.

Namun, pengaruh radiasi handphone terhadap tingkat kesuburan pria masih berupa dugaan dan diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.

– Pengaruhnya terhadap kesehatan ibu hamil dan janin

Ada dugaan bahwa ibu hamil yang terpapar radiasi handphone berisiko mengalami kelahiran prematur. Namun, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, karena bayi yang terlahir prematur bisa saja dipengaruhi oleh faktor lain selama kehamilan.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa radiasi handphone tidak memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan janin. Namun, sebagai langkah pencegahan, ibu hamil dianjurkan menggunakan hands-free ketika menerima telepon dan jangan meletakkan handphone di atas perut.

 

– Risiko terjadinya kanker meningkat

Keterkaitan antara radiasi handphone dan kanker masih kontroversial. Hingga kini, belum ada bukti kuat yang menyatakan bahwa radiasi handphone dapat meningkatkan risiko terkena kanker. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mendukung kesimpulan tersebut.

– Pengaruhnya terhadap tumbuh kembang anak

Anak-anak berisiko lebih tinggi mengalami masalah kesehatan akibat radiasi handphone. Hal ini karena sistem saraf anak-anak masih berkembang dan lebih rentan terhadap efek gelombang elektromagnetik.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa radiasi gelombang radio dari handphone memiliki dampak pada terbentuknya kelainan jaringan dan metabolisme sel-sel saraf di otak. Akan tetapi, dampak lebih lanjut radiasi handphone pada tumbuh kembang anak masih belum dapat disimpulkan dengan jelas.

Tips Meminimalkan Paparan dan Dampak Radiasi Handphone

Untuk menurunkan risiko yang dapat terjadi akibat radiasi handphone, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

  • Gunakan handphone hanya bila diperlukan.
  • Gunakan hands-free atau pengeras suara ketika menerima panggilan.
  • Jauhkan handphone dari tubuh ketika tidak digunakan.
  • Gunakan handphone hanya saat sinyal kuat. Sinyal lemah membuat handphone menggunakan lebih banyak energi untuk berkomunikasi, sehingga radiasi yang dikeluarkan lebih banyak.
  • Usahakan untuk berkomunikasi melalui pesan singkat daripada telepon guna mengurangi paparan radiasi handphone.
  • Jangan biarkan anak terlalu lama bermain handphone.

Secara garis besar, efek buruk radiasi handphone pada kesehatan masih berupa dugaan dan perlu diteliti lebih lanjut untuk memastikannya. Namun, langkah pencegahan tetap penting dilakukan untuk mengurangi risiko yang dapat ditimbulkan oleh radiasi handphone.

Bila Anda mengalami gejala tertentu setelah menggunakan handphone, seperti pusing, sakit kepala, mual, atau muntah, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.