6 Manfaat Minyak Eucalyptus

wordpress

Sama seperti minyak kayu putih, minyak eukaliptus juga sering dimanfaatkan untuk menghangatkan tubuh. Namun, tak hanya sekadar memberikan kehangatan, minyak eukaliptus juga memiliki banyak manfaat lainnya.

Eukaliptus (eucalyptus) merupakan sejenis pohon yang daun dan minyaknya kerap dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan. Meski masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut, eukaliptus sering kali digunakan untuk mengatasi penyakit tertentu, seperti asma, bronkitis, radang gusi, dan kutu rambut.

Beragam Manfaat Eucalyptus bagi Kesehatan

Minyak eukaliptus diperoleh dari proses penyulingan daun eukaliptus. Penggunaan minyak eukaliptus sendiri sangatlah luas, mulai dari produk kesehatan dan perawatan tubuh hingga produk rumah tangga, seperti pengharum ruangan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat minyak eukaliptus:

1. Meredakan batuk, pilek, dan bronkitis

Minyak eukaliptus dapat berfungsi sebagai dekongestan alami untuk melegakan pernapasan. Selain itu, minyak eukaliptus juga dapat digunakan untuk mengobati batuk, pilek, dan sakit tenggorokan. Anda hanya perlu mengusapkan minyak ini di bagian tubuh tertentu, seperti dada atau leher.

2. Meringankan asma dan sinusitis

Minyak eukaliptus diyakini dapat meringankan keluhan akibat asma, sinusitis, dan beberapa masalah lain pada saluran pernapasan. Minyak ini tidak hanya mengurangi, tetapi juga mencairkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Selain itu, minyak eukaliptus juga mengandung zat yang dapat menekan gejala asma. Namun, penderita asma yang alergi terhadap eukaliptus sebaiknya tidak menggunakan minyak ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

3. Mengurangi nyeri sendi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak eukaliptus dapat meredakan nyeri sendi yang disebabkan oleh osteoarthritis atau rheumatoid arthritis. Hal inilah yang menjadikan eukaliptus sering kali ditambahkan dalam obat pereda nyeri sendi, baik dalam bentuk krim atau salep.

4. Mengatasi bau mulut dan mengurangi plak gigi

Minyak eukaliptus mengandung zat yang bersifat antibakteri, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bau mulut yang banyak disebabkan oleh kuman. Selain itu, sifat antibakteri dalam eukaliptus juga dapat mengurangi pembentukan plak sehingga mencegah kerusakan gigi.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan produk obat kumur dan pasta gigi yang mengandung eukaliptus untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

5. Meredakan sakit kepala

Minyak eukaliptus mungkin tidak dapat menyembuhkan sakit kepala. Namun, minyak alami ini dapat meredakan nyeri dan memberikan efek relaksasi pada penderita sakit kepala.

6. Menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala

Minyak eukaliptus juga sering kali ditambahkan dalam produk perawatan rambut, seperti sampo dan kondisioner. Produk sampo yang mengandung minyak eukaliptus dapat membersihkan minyak dan kotoran yang menempel di kulit kepala, sehingga rambut terlihat bersih, tidak lepek, sehat, dan berkilau.

Selain itu, kandungan minyak eukaliptus juga dapat mencegah munculnya ketombe, mengatasi gatal pada kulit kepala, serta memberikan rasa segar dan aroma yang harum.

Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, eukaliptus juga bisa digunakan untuk mengusir beberapa jenis serangga, termasuk nyamuk. Ada penelitian yang menyatakan bahwa menyemprotkan bahan yang mengandung eukaliptus dan ekstrak lemon pada kulit mampu mengurangi gigitan serangga selama 3 jam.

Manfaat eukaliptus memang sangat beragam. Namun, bila Anda mengalami ruam kulit, gatal-gatal, mual, muntah, atau bahkan sesak napas setelah menggunakan eukaliptus dalam bentuk apa pun, segera hentikan penggunaan dan periksakan diri ke dokter, karena bisa jadi Anda alergi terhadap minyak ini.

7 thoughts on “6 Manfaat Minyak Eucalyptus

  1. Wow, amazing blog layout! How lengthy have you been running a blog for?

    you made running a blog glance easy. The entire look of your site is great, let alone
    the content material! You can see similar here dobry sklep

  2. Hi! Do you know if they make any plugins to assist with Search Engine Optimization? I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good results.
    If you know of any please share. Kudos! You can read
    similar text here: Dobry sklep

  3. Hey there! Do you know if they make any plugins to assist with
    Search Engine Optimization? I’m trying to get my site
    to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good success.
    If you know of any please share. Appreciate it!
    You can read similar art here: Backlink Building

  4. Hi! Do you know if they make any plugins to assist with Search Engine Optimization? I’m trying to get my
    site to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good gains.

    If you know of any please share. Thanks! You can read similar text here:
    All escape rooms

  5. I have been browsing on-line more than three hours nowadays, yet I by no means found any fascinating article like yours. It is beautiful value sufficient for me. Personally, if all site owners and bloggers made excellent content material as you probably did, the web can be much more useful than ever before!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *