Sayang untuk Dibuang! Dibalik Butiran Biji Pepaya ada Beragam Manfaat Kesehatan

wordpress

Tidak hanya daging buahnya, manfaat biji pepaya juga tidak kalah banyak, lho. Ini karena biji pepaya mengandung berbagai nutrisi yang mampu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit, mulai dari sembelit hingga kanker.

Pepaya adalah buah yang tumbuh di iklim tropis, seperti Indonesia. Selain rasanya yang segar dan teksturnya yang lembut, buah ini juga punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti menjaga kesehatan saluran cerna dan mencegah penyakit jantung.

Selain daging buahnya, bagian biji pepaya ternyata juga bisa dimakan, lho. Meski rasanya sedikit pahit, biji buah ini sebenarnya kaya akan nutrisi. Nutrisi inilah yang dapat mendatangkan banyak manfaat biji pepaya untuk kesehatan.

Manfaat Biji Pepaya yang Harus Kamu Tahu

Biji pepaya mengandung protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan aneka jenis antioksidan, seperti polifenol dan flavonoid. Selain itu, biji buah yang satu ini juga mengandung zat yang bersifat antiradang dan antibakteri. Berkat berbagai kandungan inilah, biji pepaya jadi bermanfaat bagi kesehatan.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat biji pepaya untuk kesehatan:

  • Mencegah sembelit

Biji pepaya mengandung serat, baik serat larut maupun tidak larut, yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat ini dapat menjaga pencernaan tetap lancar serta menjaga tekstur tinja agar lebih padat dan lembut, sehingga mudah dikeluarkan saat BAB.

Nah, dengan sistem pencernaan yang sehat, kamu juga bisa terhindar dari masalah pencernaan, termasuk sembelit.

  • Mengatasi infeksi

Selain kaya serat, biji pepaya juga mengandung zat yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiparasit. Kandungan ini diyakini bisa mencegah pertumbuhan kuman dan jamur penyebab infeksi di dalam sistem pencernaan.

Biji pepaya juga telah digunakan secara tradisional di beberapa negara, seperti Malaysia dan India, untuk mengatasi diare. Meski begitu, efektivitas dan manfaat biji pepaya ini masih perlu diteliti lebih lanjut. Jika Anda ingin mengobati penyakit infeksi dengan biji pepaya, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu, ya.

  • Meningkatkan imunitas tubuh

Biji pepaya mengandung aneka vitamin dan mineral, mulai dari vitamin A, vitamin C, zat besi, zinc, magnesium, dan fosfor. Aneka nutrisi tersebut bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh tetap kuat. Dengan begitu, kamu lebih jarang sakit karena tubuh lebih kuat melawan kuman, parasit, dan jamur penyebab infeksi.

  • Menurunkan kadar kolesterol

Dalam biji pepaya terdapat asam oleat yang merupakan asam lemak tak jenuh tunggal. Lemak ini tergolong sebagai jenis lemak sehat yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Dengan terkontrolnya kadar kolesterol jahat, tubuh akan terhindar dari penyakit berbahaya, misalnya serangan jantung dan stroke.

  • Mencegah diabetes

Beberapa riset menunjukkan bahwa biji pepaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah tinggi dan menjaganya agar tetap stabil. Dengan kadar gula darah yang terkontrol, tubuh akan terhindar dari penyakit kencing manis atau diabetes.

Manfaat ini diduga berasal dari kandungan antioksidan dan antiradang dalam biji pepaya yang dapat mendukung fungsi pankreas dalam menghasilkan insulin, yaitu hormon yang berpedan dalam mengendalikan gula darah.

  • Menjaga kesehatan ginjal

Salah satu manfaat biji pepaya adalah menjaga kesehatan ginjal. Soalnya, biji pepaya mengandung antioksidan yang bisa melindungi berbagai organ tubuh dari kerusakan.

Selain itu, biji pepaya juga kaya antioksidan dan mineral, seperti kalium, sehingga diketahui dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Oleh karena itu, fungsi dan kesehatan ginjal pun bisa terjaga.

  • Mencegah penyakit liver

Organ hati atau liver memiliki peran penting dalam tubuh, yaitu sebagai filter untuk menyaring serta membuang zat sisa dan kelebihan cairan dalam tubuh. Sayangnya, fungsi liver juga bisa terganggu akibat penyakit liver, misalnya hepatitis dan sirosis.

Agar terhindar dari penyakit liver, kamu harus menjaga kesehatan organ ini. Nah, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi biji pepaya. Biji buah ini mengandung flavonoid dan asam fenolat yang bisa mengurangi peradangan serta memelihara fungsi dan kesehatan organ hati.

Namun, konsumsi biji pepaya tidak boleh berlebihan juga ya, karena justru bisa berdampak pada kesehatan liver.

  • Mencegah kanker

Kanker adalah penyakit berbahaya yang disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak normal dalam tubuh. Pertumbuhan sel kanker ini kemudian merusak sel-sel yang sehat di sekitarnya dan membuat tubuh penderitanya lemah.

Nah, penyakit ini bisa dicegah dengan makan biji pepaya, lho. Soalnya, kandungan antioksidan di dalam biji pepaya bisa mencegah kerusakan pada sel-sel sehat dalam tubuh sehingga kanker tidak terjadi.

Namun, tak hanya dengan mengonsumsi biji pepaya, kanker juga perlu dicegah dengan cara menjalani pola hidup sehat, seperti tidak merokok, menjauhi minuman beralkohol, rutin berolahraga, dan menjalani pola makan sehat.

Manfaat biji pepaya ternyata ada banyak, ya. Jadi, kamu bisa nih mulai mengonsumsinya. Caranya, dengan dikeringkan dan diolah menjadi teh herbal atau dikonsumsi langsung setelah dihaluskan.

Oh ya, jangan mengonsumsi biji pepaya sevara berlebihan, ya. Sebaiknya, batasi konsumsi biji pepaya tidak lebih dari 1–2 sendok makan per hari.

Agar aman mengonsumsi biji pepaya, kamu bisa berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk menentukan jumlah asupan yang sesuai kebutuhan dan kondisi kesehatanmu.

34 thoughts on “Sayang untuk Dibuang! Dibalik Butiran Biji Pepaya ada Beragam Manfaat Kesehatan

  1. I was recommended this website by my cousin I am not sure whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my difficulty You are wonderful Thanks

  2. Seeing how much work you put into it was really impressive. But even though the phrasing is elegant and the layout inviting, it seems like you are having trouble with it. My belief is that you ought to try sending the following article. If you don’t protect this hike, I will definitely come back for more of the same.

  3. Hello Neat Post, I noticed a problem with your website in Internet Explorer. Could you please check this? IE remains the leading search engine, and a significant number of people may overlook your excellent writing because of this issue.

  4. You are truly an accomplished webmaster. The launching speed of your website is remarkable; it almost seems as though you’re performing some sort of magic. Furthermore, the contents are flawless; you’ve done an excellent job with this subject.

  5. I do trust all the ideas youve presented in your post They are really convincing and will definitely work Nonetheless the posts are too short for newbies May just you please lengthen them a bit from next time Thank you for the post

  6. Hi there, I thought I saw you visited my website, so I came back to say hello. I suppose I could use some of your ideas as I’m trying to find out how to improve my website.

  7. You appear to be able to read my thoughts. It’s as though you authored the book on this subject or something. You seem to know so much about it. I think a few graphics could help to emphasise the point a little bit more, but other than that, this is a terrific blog, and I will surely be back.

  8. I don’t know where you get your knowledge, but this is a really great problem. I ought to take some time to comprehend or discover more. I appreciate the wonderful information; it was exactly what I needed for my purpose.

  9. I have perused some remarkable items on this site that are unquestionably valuable to bookmark for later use. I’m interested in how much effort you put into creating such a fantastic and instructive website.

  10. I’m grateful. I have spent a long time looking for information on this subject, and yours is the greatest I have come across so far. However, what about the revenue? Are you positive about the source?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *