Selain Wangi yang Khas, Minyak Chamomile Membawa Segudang Manfaat dan Ketahui Efek Sampingnya

wordpress

Minyak chamomile dibuat dari hasil penyulingan bunga chamomile. Minyak ini merupakan salah satu jenis minyak esensial yang cukup banyak digunakan, karena potensi manfaatnya untuk kesehatan tidaklah sedikit.

Ada dua jenis chamomile yang bisa ditemui, yaitu chamomile Roman dan Chamomile Jerman. Umumnya, chamomile Jerman lebih sering digunakan sebagai obat herbal, termasuk untuk dijadikan minyak esensial. Soalnya, chamomile Jerman mengandung bahan aktif yang lebih tinggi daripada chamomile Roman

Manfaat Minyak Chamomile untuk Kesehatan

Penggunaan minyak chamomile bisa membawa beragam manfaat bagi kesehatan, seperti:

  • Mengatasi gangguan pencernaan

Menurut penelitian, minyak chamomile yang digunakan untuk memijat area perut bisa meredakan berbagai gangguan pencernaan, seperti diare dan kram perut. Manfaat ini diduga didapatkan dari kemampuan minyak chamomile dalam merelaksasi otot-otot pada saluran pencernaan.

Untuk merasakan manfaat minyak chamomile yang satu ini, encerkan terlebih dahulu 15 tetes minyak chamomile dengan 6 sendok teh minyak pengencer, seperti minyak kelapa atau minyak jojoba. Setelah itu, barulah pijat secara lembut ke area perutmu.

  • Mempercepat proses penyembuhan luka

Beberapa studi menyebutkan bahwa minyak chamomile juga memiliki potensi untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Ini karena minyak chamomile memiliki sifat anti-mikroba dan anti-peradangan.

Manfaat ini bisa kamu peroleh dengan cara memasukkan 1–2 tetes minyak chamomile ke dalam air hangat. Kemudian, gunakan campuran tersebut untuk mengompres bagian yang luka.

  • Mengobati iritasi kulit

Selain mempercepat proses penyembuhan luka, minyak chamomile juga sering digunakan untuk mengobati iritasi kulit, seperti kulit terbakar akibat paparan sinar matahari (sunburn) dan ruam kulit.

Cara menggunakannya pun mudah, yaitu dengan mengoleskan pelembap yang dicampur dengan 1–2 tetes minyak chamomile, pada bagian kulit yang iritasi. Selain itu, kamu juga bisa membeli krim untuk iritasi kulit yang mengandung ekstrak chamomile.

  • Meningkatkan suasana hati

Kamu punya humidifier di rumah? Kalau ada, coba deh isi humidifier-mu dengan air dan campurkan dengan 5–6 tetes minyak chamomile. Setelah itu, hiruplah uap airnya dalam-dalam. Cara ini dipercaya dapat membantu menenangkan pikiran, meningkatkan suasana hati, dan membuatmu lebih relaks, lho.

Nah, itulah beberapa manfaat minyak chamomile yang bisa kamu peroleh. Meski begitu, minyak ini belum tentu cocok untuk digunakan oleh semua orang. Pada sebagian orang, penggunaan minyak chamomile dapat menimbulkan reaksi alergi, seperti muncul ruam dan gatal pada kulit, batuk-batuk, hingga sulit bernapas.

Selain itu, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk memastikan beragam manfaat kesehatan dari minyak chamomile. Jadi, kalau kamu mau menggunakan minyak chamomile untuk mengobati kondisi kesehatan tertentu, ada baiknya konsultasikan terlebih dulu hal tersebut kepada dokter, ya.

7 thoughts on “Selain Wangi yang Khas, Minyak Chamomile Membawa Segudang Manfaat dan Ketahui Efek Sampingnya

  1. Wow, marvelous weblog structure! How lengthy have you been blogging for?

    you made blogging glance easy. The overall glance of your web
    site is wonderful, let alone the content material! You can see similar here
    e-commerce

  2. Hey! Do you know if they make any plugins to help with SEO?

    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords
    but I’m not seeing very good gains. If you know of any
    please share. Kudos! You can read similar article
    here: E-commerce

  3. Hey! Do you know if they make any plugins to assist
    with SEO? I’m trying to get my site to rank for some targeted keywords but I’m not seeing
    very good results. If you know of any please share.
    Many thanks! I saw similar text here: Scrapebox List

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *