Tak hanya Buahnya, Minyak biji Anggur (Grapeseed Oil) Punya Segudang Manfaat Kesehatan dan Kecantikan

wordpress

Grapeseed oil atau minyak biji anggur memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Beragam nutrisi yang terkandung di dalam minyak ini dipercaya bisa menjaga kesehatan rambut, kulit, dan bahkan jantung. 

Grapeseed oil adalah minyak yang diperoleh dari proses ekstraksi biji anggur. Jenis minyak ini biasanya digunakan sebagai bahan campuran salad atau olahan masakan lain. Namun, minyak ini juga kerap digunakan dalam beberapa produk obat maupun kecantikan karena manfaatnya untuk kesehatan.

Beragam Manfaat Grapeseed Oil untuk Kesehatan

Grapeseed oil mengandung banyak nutrisi penting, seperti asam lemak tak jenuh, asam linoleat, serta vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Berkat kandungan nutrisi tersebut, grapeseed oil dapat memberikan beragam manfaat kesehatan, seperti:

  • Mengurangi jerawat

Jika kamu memiliki kulit berjerawat, coba deh rajin mengoleskan minyak biji anggur atau menggunakan produk perawatan yang mengandung minyak ini.

Soalnya, kandungan vitamin E, beta karoten, dan asam linoleat dalam grapeseed oil bersifat antioksidan, sehingga mampu mengganti sel-sel kulit yang rusak dan melawan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, vitamin E pada minyak ini juga bisa meratakan warna kulit akibat noda bekas jerawat.

  • Menjaga kelembapan kulit

Grapeseed oil mengandung asam lemak yang melimpah. Jika dioleskan secara rutin pada kulit, minyak ini mampu menghidrasi dan melembapkan kulit sehingga kulit tidak kering.

Selain itu, kandungan resveratol pada minyak biji anggur juga dapat melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet (UV). Kamu bisa menggunakan minyak ini pada malam hari dan jangan lupa untuk selalu memakai tabir surya dengan SPF tinggi secara rutin saat akan beraktivitas di luar ruangan, ya.

  • Meningkatkan elastisitas kulit

Selain menjaga kelembapan kulit, grapseed oil juga mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga kulit tampak sehat, kenyal, dan bercahaya. Tidak hanya itu, terjaganya jumlah kolagen pada kulit juga bisa mencegah munculnya tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan garis halus.

  • Mengurangi rambut rontok

Rutin mengoleskan grapeseed oil pada rambut dipercaya bisa menguatkan akar rambut, mengurangi rambut rontok, dan mencegah kerusakan rambut. Bahkan, minyak ini juga bisa mengembalikan warna rambut yang kusam sehingga rambut lebih berkilau.

  • Mempercepat proses penyembuhan luka di kulit

Minyak biji anggur bersifat antiradang, antibakteri, dan antioksidan. Ketiga sifat minyak ini dipercaya bisa membantu proses penyembuhan luka, seperti luka gores atau luka bekas jerawat. Selain itu, grapeseed oil juga mampu mencegah terjadinya infeksi dan mengurangi jaringan parut pada luka.

  • Menjaga kesehatan jantung

Grapeseed oil mengandung vitamin E yang tinggi dan asam lemak omega-6. Kedua kandungan ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terjadinya gangguan pada jantung maupun pembuluh darah, misalnya stroke.

  • Melindungi sel tubuh dari radikal bebas

Tubuh memproduksi radikal bebas secara alami dalam jumlah yang cukup. Namun, jumlah radikal bebas dalam tubuh bisa meningkat jika kamu sering terpapar polusi, asap kendaraan, atau asap rokok.

Tingginya jumlah radikal bebas dalam tubuh bisa merusak sel-sel tubuh, menyebabkan peradangan, dan menimbulkan berbagai penyakit, misalnya penyakit paru-paru kronis dan kanker kulit.

Nah, untuk mencegah efek buruk dari radikal bebas tersebut, tubuh membutuhkan antioksidan yang bisa diperoleh dari sayur dan buah. Selain itu, antioksidan juga bisa didapatkan dari grapeseed oil. Soalnya, minyak ini mengandung vitamin C dan vitamin E.

Itulah ketujuh manfaat grapeseed oil untuk kesehatan. Bila kamu tertarik untuk mengonsumsinya, kamu bisa mencampur minyak ini sebagai dressing salad.

Jika ingin menggunakan minyak biji anggur untuk memasak, gunakanlah api kecil, ya. Ini karena grapeseed oil mengandung banyak asam lemak tak jenuh ganda. Bila dipanaskan dengan api besar, kandungannya bisa berubah menjadi senyawa berbahaya dan radikal bebas yang tidak baik untuk kesehatan.

Apabila ingin merasakan manfaatnya untuk kesehatan kulit dan rambut, cobalah gunakan produk skincare yang mengandung grapeseed oil. Namun, oleskan secara tipis-tipis terlebih dahulu ke kulit.

Segera hentikan penggunaan produk grapeseed oil jika kulit terasa gatal, kemerahan, panas, dan bentol-bentol. Selanjutnya, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

5 thoughts on “Tak hanya Buahnya, Minyak biji Anggur (Grapeseed Oil) Punya Segudang Manfaat Kesehatan dan Kecantikan

  1. Hey there! Do you know if they make any plugins to help with Search Engine Optimization? I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good gains.
    If you know of any please share. Thanks! You can read similar article here: Dobry sklep

  2. Hey there! Do you know if they make any plugins to help with SEO?

    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m
    not seeing very good results. If you know of any please share.
    Cheers! You can read similar art here: GSA Verified List

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *