Dahsyatnya Manfaat Daun Sembung untuk Kesehatan Walau Asing di Telinga

wordpress

Daun sembung sudah lama digunakan sebagai obat herbal. Daun ini dikenal sebagai obat herbal untuk mengatasi penyakit ginjal. Tidak hanya itu, daun sembung juga dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka dan mencegah penyebaran sel kanker, lho.

Daun sembung atau sambong cukup terkenal di beberapa negara Asia Tenggara. Daun yang memiliki nama latin Blumea balsamifera tersebut mempunyai sifat yang luar biasa. Katanya, daun sembung mengandung zat yang memiliki efek antijamur, antiperadangan, antioksidan, antibakteri, dan antitumor.

Berkat sifatnya tersebut, daun sembung dianggap bisa mengobati sejumlah penyakit. Bahkan, selain daunnya, akar dan batang tanaman ini juga bisa digunakan sebagai obat.

Manfaat Daun Sembung untuk Kesehatan

Ada banyak manfaat daun sembung untuk kesehatan yang perlu diketahui, yaitu:

  • Mencegah dan mengobati batu ginjal

Daun sembung diketahui mengandung flavonoid. Flavonid banyak digunakan untuk mengobati penyakit ginjal bahkan digadang-gadang bisa mengurangi pembentukan jaringan parut (fibrosis) pada ginjal. Kandungan flavonoid di dalam ekstrak daun sembung juga diketahui bisa menurunkan risiko pembentukan batu ginjal.

  • Mempercepat penyembuhan luka

Saat terluka atau tergores benda tajam, seperti pisau, kulit di area luka bisa memerah, bengkak, nyeri, dan meradang. Mengonsumsi obat yang mengandung daun sembung bisa mengurangi gejala-gejala tersebut karena sifat antiperadangan yang dimilikinya.

Selain itu, kandungan flavonoid pada daun sembung pun memiliki manfaat dalam mempercepat proses penyembuhan luka, sehingga kulit yang terluka akan segera menutup.

  • Mengobati flu

Penyakit flu bisa disebabkan oleh bakteri atau virus. Umumnya, seseorang tertular penyakit ini ketika menghirup udara yang mengandung bakteri atau virus penyakit flu, serta menyentuh benda yang sudah terkontaminasi virus atau bakteri tersebut.

Karena sifat antivirus dan antibakteri yang terdapat pada daun sembung, wajar saja bila daun ini sering kali digunakan untuk mengobati penyakit flu. Selain itu, antioksidan yang terkandung pada daun ini bisa menangkal radikal bebas penyebab penyakit, meningkatkan imunitas, dan menjaga kesehatan tubuh.

  • Menurunkan kadar gula darah

Dalam tubuh, glukosa (gula darah) diubah menjadi energi agar semua sel tubuh bisa berfungsi dengan baik. Namun, bila jumlahnya terlalu melimpah, glukosa tersebut justru bisa mengurangi kemampuan sel di pankreas untuk membuat insulin.

Padahal, insulin ini dibutuhkan oleh sel-sel tubuh untuk mengolah dan menyerap glukosa menjadi energi. Dalam dunia medis, kondisi ini dialami oleh penderita diabetes.

Untuk mengontrol penyakit ini, cara yang bisa dilakukan adalah dengan menurunkan kadar gula darah. Selain dengan obat-obatan dari dokter, penderita diabetes bisa mengonsumsi obat herbal, salah satunya adalah daun sembung.

Soalnya, daun ini dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah, membantu memperbaiki organ pankreas, dan meningkatkan proses seksresi (pengeluaran) hormon insulin dalam darah.

  • Mencegah infeksi jamur

Seperti yang sudah disinggung di awal, daun sembung memiliki sifat antijamur. Salah satu jamur yang bisa diatasi oleh daun sembung adalah jamur Candida albicans.

Jamur jenis ini hidup alami di tubuh. Namun, jika jumlahnya terlalu banyak, jamur Candida albicans justru bisa menimbulkan infeksi. Jamur tersebut bisa menyebabkan kandidiasis.

Untuk mengatasi kondisi ini, penggunaan obat yang mengandung daun sembung bisa menjadi solusi. Soalnya, daun ini mengandung senyawa icthyothereol acetate dan cryptomeridiol yang setara dengan obat jamur Carbendazim.

  • Meningkatkan imunitas dan mencegah gejala berat COVID-19

Daun sembung juga dipercaya memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan, daun ini juga digunakan untuk mengobati penyakit COVID-19. Manfaat tersebut diperoleh berkat peranan daun sembung sebagai agen teraputik terhadap penyakit yang sudah menjadi pandemi saat ini.

Pasalnya, kandungan pada daun sembung bisa memblokir virus Corona masuk ke tubuh, mencegah sintesis dan replikasi RNA virus, serta menghambat proses pertumbuhan virusnya. Dengan begitu, daya tahan tubuh penderita akan semakin kuat dan mencegah terjadinya gejala berat COVID-19.

  • Membantu mengatasi kesuburan

Memiliki berat badan berlebihan, serta kebiasaan buruk, seperti merokok dan minum minuman beralkohol, bisa mengurangi kesuburan pada pria dan wanita. Nah, untuk meningkatkan kesuburan, baik pria dan wanita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, mengontrol stres dengan baik, serta rutin berolahraga.

Selain itu, rutin mengonsumsi obat herbal yang terbuat dari ekstrak daun sembung, biji kamandrah (Croton tiglium), dan rumbia (Metroxylon sagu) juga bisa membantu mengatasi gangguan kesuburan.

  • Mencegah penyebaran sel kanker

Kanker merupakan penyakit berbahaya yang bisa mengancam nyawa. Untuk mengobatinya, dibutuhkan pengobatan dari dokter dan kemoterapi. Selain itu, pengobatan herbal pun terkadang bisa mendukung pengobatan tersebut.

Salah satu obat herbal yang dianggap bisa membantu menyembuhkan kanker adalah daun sembung. Manfaat ini diperoleh dari kandungan flavonoid, furan, alkana, fenil etanon, dan chalcone yang terdapat pada daun sembung.

Kelima kandungan tersebut bersifat antikanker dan bisa mencegah penyebaran sel kanker di tubuh. Beberapa jenis kanker yang diduga bisa diatasi dengan daun sembung, antara lain kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker melanoma.

Meski masih asing di telinga, manfaat daun sembung untuk kesehatan sangatlah banyak. Umumnya, daun ini diolah menjadi obat atau teh yang berkhasiat untuk melindungi tubuh dari beragam jenis penyakit.

Namun, sama seperti obat herbal lainnya, manfaat daun sembung masih perlu diteliti lebih lanjut. Jadi, jika kamu ingin mengonsumsi obat yang mengandung daun ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Khususnya bagi kamu yang memiliki kondisi medis tertentu. Sebab, tidak semua obat herbal cocok untuk kondisi kesehatan kamu, ya.

2 thoughts on “Dahsyatnya Manfaat Daun Sembung untuk Kesehatan Walau Asing di Telinga

  1. Какая наука изучает внутренний мир
    человека 3 класс. Золотой цвет что значит.
    Press это. Каналы про психологию.

    Повседневная жизнь мэй чан читать.

    Тест сколько у тебя.

  2. Мышление память восприятие воображение и т д это.
    Искусство правильно оценивать расстояние на глаз.

    Как улучшить память и работу мозга взрослому человеку после коронавируса. Как правильно воспринимать информацию.
    Типы характеров тест. Военная депрессия.
    Под биоэлектрическим молчанием
    понимают. Синонимы к слову опыт.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *