Beragam Manfaat Daun Neem atau Mimba yang Biasanya Menjadi Obat Herbal

wordpress
Daun neem sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar dalam produk perawatan kulit wajah dan rambut. Tidak heran karena pohon yang berasal dari India ini memiliki banyak senyawa alami yang mampu mengatasi berbagai masalah kulit dan rambut, seperti kutu, ketombe, dan jerawat. Daun neem atau daun mimba diketahui memiliki lebih dari 140 senyawa aktif yang bersifat antioksidan, antijamur, antibakteri, antiparasit, antimikroba, dan antiradang. Beberapa senyawa tersebut meliputi nimbidin, azadirachtin, dan triterpen.

Berkat kandungan senyawa di dalamnya, daun neem secara turun-menurun dikenal berkhasiat sebagai obat herbal untuk menangani berbagai penyakit, terutama masalah kulit dan rambut.

Manfaat Daun Neem untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Berikut ini adalah berbagai manfaat daun neem untuk kulit dan rambut yang penting untuk diketahui:

  • Membasmi kutu rambut dan ketombe

Daun neem mengandung azadirachtin, yaitu senyawa yang bisa membasmi kutu rambut. Senyawa ini bekerja dengan menghambat pertumbuhan kutu dan menghentikan reproduksinya.

Di dalam daun neem juga terdapat nimbidin, senyawa yang diketahui ampuh dalam mengobati ketombe karena bersifat antijamur dan antiradang. Karena efeknya ini, daun neem sering ditemukan dalam produk perawatan rambut, seperti sampo.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sampo berbahan dasar daun neem ampuh dalam menangani masalah kutu rambut sekaligus ketombe.

  • Mengatasi jerawat

Daun neem juga kerap digunakan dalam produk perawatan kulit wajah, seperti sabun cuci muka dan masker wajah. Daun ini dikenal sebagai bahan alami yang lembut dan ringan sehingga cocok digunakan untuk semua jenis kulit, terutama kulit berminyak dan berjerawat.

Kandungan antibakteri dan antiradang pada ekstrak daun neem dapat menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, menenangkan peradangan kulit akibat jerawat, dan mengontrol produksi minyak berlebih di wajah. Dengan begitu, kulit tampak mulus, bersih, dan bebas dari jerawat.

  • Mengurangi kerutan di wajah

Paparan sinar matahari dan polusi serta kebiasaan merokok merupakan beberapa faktor yang bisa mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan dini. Untuk mencegahnya, perawatan kulit secara rutin perlu dilakukan, salah satunya dengan menggunaan produk yang mengandung antioksidan alami seperti daun neem.

Melakukan perawatan kulit dengan produk yang mengandung daun neem dipercaya bisa menunda penuaan kulit serta mengurangi kerutan-kerutan halus di wajah sehingga tampak lebih kencang dan halus.

  • Menyembuhkan luka dan bisul

Ekstrak air daun neem dikenal sebagai obat tradisional sejak zaman dahulu untuk menyembuhkan luka atau bisul. Berbagai penelitian menyatakan bahwa mengoleskan salep dengan kandungan ekstrak duan neem 2 kali sehari ke area luka atau bisul bisa berhasil sembuh secara total tanpa bekas.

Manfaat daun neem ini diketahui berkat kandungan senyawa antiradang di dalamnya. Dengan peradangan yang terkendali saat kulit terluka atau mengalami bisul, proses penyembuhannya bisa lebih cepat.

Penting untuk Anda ketahui, daun neem umumnya aman digunakan untuk penggunaan di luar tubuh dengan cara dioles. Namun, hingga saat ini, konsumsi daun neem belum disarankan karena berisiko membahayakan kesehatan, sepeti gagal ginjal dan penurunan kadar gula darah yang drastis.

Jadi, Anda bisa memperoleh manfaat daun neem dengan memilih produk perawatan kulit dan rambut yang berbahan dasar daun ini. Jika setelah menggunakan daun neem muncul tanda alergi, seperti ruam dan gatal, segera hentikan penggunaan produk dan konsultasikan ke dokter guna mendapatkan penanganan alergi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *