Simak Beragam Manfaat Ikan Gabus berkat Nutrisinya dan Aturan Mengonsumsinya

wordpress

Manfaat ikan gabus untuk kesehatan ada beragam karena di dalamnya mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Namun, penting untuk memperhatikan cara pengolahannya agar kandungan nutrisinya tidak berkurang dan manfaat yang diperoleh pun bisa maksimal.

Ikan gabus termasuk dalam golongan ikan air tawar yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Di pasaran, ikan ini tersedia dalam bentuk ikan segar atau sudah dikeringkan dan dapat dimasak dengan cara digoreng, dikukus, atau dibakar.

Ikan gabus baik untuk dikonsumsi, bahkan untuk ibu hamil sekalipun karena di dalamnya terdapat nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Di dalam 100 gram ikan gabus, terdapat 80 kalori dan beberapa nutrisi sehingga ada banyak manfaat ikan gabus yang bisa diperoleh.

Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang terkandung di dalam ikan gabus:

  • 16 gram protein
  • 254 mg kalium
  • 170 mg kalsium
  • 139 mg fosfor
  • 65 mg natrium
  • 335 mcg vitamin A

Selain itu, ikan gabus juga mengandung beragam nutrisi lain, seperti zat besi, seng, tembaga, dan asam lemak omega 3.

Ragam Manfaat Ikan Gabus

Aneka nutrisi yang ada di dalam ikan gabus membuat manfaat ikan gabus untuk kesehatan amat beragam. Manfaatnya meliputi:

  • Meningkatkan energi

Ikan gabus diketahui dapat menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh, bahkan pada orang yang sedang sakit sekalipun. Manfaat ikan gabus ini bisa diperoleh berkat kandungan kalori dan protein di dalamnya.

Selain ikan gabus, makanan lain yang juga bisa meningkatkan energi adalah oatmeal, telur, ayam, kacang polong, ikan sarden, dan kacang kenari.

  • Menguatkan otot

Selain meningkatkan energi, kandungan protein di dalam ikan gabus juga bermanfaat dalam meningkatkan kekuatan dan massa otot. Namun, konsumsi makanan yang berprotein tinggi saja tidak cukup untuk meningkatkan kekuatan otot.

Anda juga perlu untuk melakukan latihan kekuatan karena olahraga yang tepat dan dijalani secara rutin turut berpengaruh terhadap meningkatnya kekuatan dan massa otot.

  • Mencegah katarak

Untuk menjaga kesehatan mata, Anda harus mencukupi kebutuhan vitamin A dengan baik, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti ikan gabus.

Vitamin A mampu menjaga kesehatan mata karena vitamin ini dibutuhkan untuk menjaga kornea mata tetap jernih dan membuat mata tetap terjaga kelembapannya. Kebutuhan vitamin A yang terpenuhi dengan baik mampu menurunkan risiko terkena katarak maupun degenerasi makula di masa tua nanti.

  • Menjaga kepadatan tulang

Konsumsi ikan gabus juga dapat meningkatkan kesehatan tulang, bahkan bisa meminimalkan risiko terkena osteoporosis di kemudian hari. Manfaat ikan gabus ini bisa diperoleh dari kandungan kalsium dan fosfor yang mampu membangun dan menjaga tulang tetap kuat.

Selain itu, ada pula kandungan kalium yang dapat memaksimalkan pemeliharaan tulang. Ini karena kalium dibutuhkan untuk mencegah terbuangnya kalsium melalui urine secara berlebih.

  • Mengurangi komplikasi kehamilan

Konsumsi ikan saat hamil dianjurkan sehingga ibu hamil dapat mengonsumsi ikan gabus sebagai lauk atau menu makanan. Ini karena dalam ikan gabus terkandung berbagai nutrisi penting yang baik untuk kesehatan ibu hamil, seperti protein, kalsium, zat besi, dan juga asam lemak omega 3.

Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan gabus, seperti DHA dan EPA, dinilai mampu mengurangi risiko terjadinya preeklampsia, bahkan kelahiran prematur.

  • Mempercepat proses penyembuhan luka

Ikan gabus mengandung albumin yang tinggi, sehingga konsumsinya bisa membantu proses penyembuhan luka, baik luka pascaoperasi maupun luka bakar. Namun, bukan berarti Anda bisa mengandalkan penyembuhan luka hanya dengan mengonsumsi ikan gabus saja.

Perawatan luka yang baik juga perlu dilakukan agar luka dapat segera sembuh. Perawatan setiap luka bisa berbeda tergantung pada besar atau tingkat keparahan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan luka karena dapat memengaruhi proses penyembuhan.

  • Mengurangi nyeri sendi

Meski perlu diteliti lebih lanjut, penelitian menunjukkan bahwa ekstrak ikan gabus dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi osteoarthritis. Ini karena dalam ikan gabus terkandung asam lemak omega 3, seperti DHA dan EPA.

Kedua jenis asam lemak omega 3 ini diketahui bisa meredakan peradangan, sehingga mampu mengurangi pembengkakan dan nyeri sendi yang dialami penderita osteoarthritis.

  • Mencegah penyakit jantung

Untuk meminimalkan risiko terkena penyakit jantung, Anda perlu mengonsumsi makanan tinggi kandungan antioksidan, seperti ikan gabus.

Ini karena ada banyak manfaat antioksidan untuk kesehatan jantung, mulai dari menangkal radikal bebas, mencegah penyumbatan di pembuluh darah, mengontrol tekanan darah, hingga menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Manfaat ikan gabus ada beragam, tetapi Anda dianjurkan untuk membatasi konsumsinya karena memiliki kandungan merkuri yang cukup tinggi. Selain itu, sebaiknya konsumsi olahan ikan gabus yang berasal dari ikan segar, bukan yang sudah dikeringkan atau diasinkan.

Ini karena kandungan nutrisi ikan gabus yang sudah dikeringkan telah mengalami penyusutan. Misalnya, kandungan vitamin A dalam ikan gabus yang dikeringkan sudah berkurang cukup drastis, bahkan kandungan kaliumnya juga hilang.

Selain itu, Anda juga lebih dianjurkan untuk mengolah ikan gabus segar dengan cara dikukus atau direbus dibandingkan digoreng, khususnya untuk penderita kolesterol tinggi dan penyakit jantung.

Anda pun dianjurkan untuk mengimbangi konsumsi ikan gabus dengan konsumsi makanan sehat lainnya agar asupan nutrisi yang masuk ke tubuh lebih bervariasi.

Bagi Anda yang menderita penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan ke dokter mengenai takaran konsumsi ikan gabus yang direkomendasikan. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh manfaat ikan gabus secara maksimal.

2 thoughts on “Simak Beragam Manfaat Ikan Gabus berkat Nutrisinya dan Aturan Mengonsumsinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *