Apa itu Evaporated Milk? dan Ketahui Manfaat Juga Kandungan Nutrisinya

wordpress

Susu evaporated merupakan produk susu kalengan yang berbahan dasar susu segar. Susu segar yang digunakan akan dikurangi kadar airnya. Susu evaporated juga biasa dikenal dengan sebutan susu kental tanpa gula.

Proses pembuatan susu evaporated dimulai dengan menguapkan kandungan air hingga 60%, sehingga didapatkan susu yang lebih kental atau pekat. Susu yang telah melalui penguapan ini tidak mengalami penyusutan kandungan nutrisi.

Susu evaporated berbeda dengan kental manis. Kental manis pada dasarnya adalah gula dengan kandungan susu yang lebih sedikit,  sedangkan susu evaporated tidak ditambahkan gula.

Kandungan Nutrisi Susu Evaporated

Tiap 100 ml susu evaporated terdapat 74 gram air, selain itu masih ada:

  • 134 kalori
  • 6,8 gram protein
  • 7,5 gram lemak
  • 10 gram karbohidrat

Mineral yang terkandung dalam susu evaporated antara lain kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan zinc.

Sementara itu, ada beberapa produk susu evaporated yang sudah difortifikasi (diperkaya) dengan vitamin C, tiamin, riboflavin, niacin, vitamin B-6, vitamin B-12, vitamin A, dan folat.

Pada umumnya, susu evaporated mengandung kalori, karbohidrat, protein, lemak, kalsium, dan magnesium, dua kali lipat lebih tinggi daripada susu sapi segar. Satu cangkir susu evaporated bahkan dapat memenuhi sekitar 50% kebutuhan kalsium harian.

Membuat Susu Evaporated di Rumah

Susu evaporated sering digunakan untuk membuat makanan atau minuman yang bertekstur lembut, karena kandungan lemak dalam susu evaporated lebih rendah daripada krim.

 

Beberapa hidangan yang biasanya memakai bahan susu jenis ini adalah pasta, sup, dan puding. Susu evaporated juga sering digunakan sebagai campuran kopi dan teh.

Saat ini sudah banyak tersedia susu evaporated siap pakai. Namun, Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan cara berikut:

  • Panaskan 2 cangkir (sekitar 500 ml) susu cair dalam panci, di atas api sedang.
  • Panaskan susu dengan teknik simmering atau sampai susu mendidih lalu kecilkan api, sambil terus diaduk.
  • Setelah 10 menit, atau setelah volume susu berkurang setengahnya, matikan kompor.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan susu bubuk untuk membuat susu evaporated. Caranya sederhana saja. Campurkan susu bubuk dengan air hingga mengental, seperti tekstur susu evaporated pada umumnya. Campuran ini dapat Anda gunakan dalam memasak.

Dari segi nutrisi, kandungan gizi susu evaporated buatan ini tergantung dari susu cair atau susu bubuk yang digunakan. Pilihlah susu cair atau susu bubuk yang tidak mengandung tambahan gula dan perisa.

Susu evaporated memiliki kandungan gizi yang tidak jauh berbeda dengan susu segar, sehingga dapat menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian.

Bagi Anda yang memiliki intoleransi laktosa, susu evaporated bisa menjadi salah satu alternatif susu yang baik, karena proses pemanasan pada susu jenis ini juga memecah laktosa sehingga susu menjadi lebih mudah dicerna.

Kelebihan lainnya, susu evaporated dapat Anda gunakan untuk mengolah beragam hidangan bergizi untuk keluarga. Namun jika Anda memiliki alergi susu sapi, Anda disarankan untuk menghindari susu evaporated, atau konsultasikan dengan dokter untuk alternatif jenis susu lain yang aman dikonsumsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.