Dibalik Keunggulan Buah Ceri yang imut Tapi Besar Manfaatnya

wordpress

Ada beragam manfaat buah ceri yang baik untuk kesehatan. Kandungan nutrisinya sangat baik untuk mendukung sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit kanker. Berikut adalah kandungan dan manfaat buah ceri lainnya yang perlu Anda ketahui.

Buah cherry (ceri) merupakan bagian dari famili Rosaceae yang juga mencakup buah persik, plum, dan nektarin. Buah mungil berwarna merah menggoda ini sudah dinikmati sebagai salah satu sajian sehat sejak zaman bangsa Romawi kuno dulu.

Buah ceri digolongkan menjadi 2 jenis, yaitu ceri manis dan ceri asam. Ceri asam mengandung kalori yang lebih rendah daripada ceri manis, namun mengandung vitamin C dan beta karoten yang lebih tinggi.

Beragam Manfaat Buah Ceri bagi Kesehatan

Manfaat buah ceri sangat erat kaitannya dengan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Buah ini banyak mengandung nutrisi, seperti vitamin C, kalium, serat, vitamin B, vitamin K, dan magnesium. Selain itu, buah ceri juga kaya akan senyawa aktif yang bersifat antioksidan dan antiradang.

Berikut ini adalah beberapa manfaaat buah ceri bagi kesehatan:

– Melindungi tubuh dari radikal bebas

Warna merah pada buah ceri berasal dari kandungan antosianin. Senyawa ini bersifat antioksidan kuat, sehingga dapat  membantu melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang dapat memicu kanker dan penyakit serius lainnya, seperti penyakit kardiovaskular aterosklerosis, dan penyakit Alzheimer. Dua antioksidan kuat lain yang dimiliki buah ini adalah hydroxycinnamic acid dan perillyl alcohol.

– Meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh

Senyawa flavonoid pada buah ceri memilki dampak signifikan terhadap peningkatan fungsi sistem kekebalan tubuh. Senyawa ini dapat berperan sebagai antioksidan dan antivirus yang kuat untuk melawan infeksi.

Senyawa ini juga dikatakan dapat menurunkan risiko kanker sebanyak 40% dengan membantu menghentikan kerusakan sel yang disebabkan karsinogen, yaitu zat pemicu kanker.

– Mengurangi risiko hipertensi dan stroke

Buah ceri merupakan sumber vitamin C dan kalium yang baik. Kalium bermanfaat untuk mengurangi risiko hipertensi dan stroke. Mineral ini juga membantu menjaga tekanan darah, menjaga kecukupan cairan tubuh, memulihkan otot setelah olahraga, menjaga fungsi hantaran listrik saraf, sistem pencernaan, dan denyut jantung, serta menyeimbangkan pH atau asam basa tubuh.

– Menjaga berat badan dan mengurangi risiko diabetes

Dengan kandungan serat di dalamnya, mengonsumsi buah ceri juga dapat menurunkan berat badan, menjaga kesehatan sistem pencernaan, serta mengurangi risiko diabetes, penyakit jantung, dan kanker kolorektal.

Hal ini karena serat sangat bermanfaat untuk menjaga bakteri baik dalam usus, menurunkan kadar kolesterol jahat, dan mengontrol gula darah.

– Melindungi tubuh dari peradangan

Berbagai macam kandungan senyawa aktif pada buah ceri dapat membantu melindungi tubuh Anda dari enzim-enzim penyebab peradangan. Buah ini juga bisa mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat peradangan, misalnya pada penyakit osteoartritis.

 

– Mengatasi insomnia

Zat antiradang pada buah ceri bisa membantu mengatasi insomnia. Bahkan, sebuah penelitian pada orang dewasa menyatakan bahwa jus buah ceri asam memiliki efek yang sama dengan obat tidur untuk mengatasi insomnia.

Memaksimalkan Manfaat Buah Ceri

Manfaat buah ceri akan lebih maksimal jika buah ceri yang Anda konsumsi berkualitas. Oleh karena itu, Anda perlu tahu cara memilih, mengolah, dan menyimpan buah ceri yang benar.

Cara memilih buah ceri

Belilah buah ceri yang masih segar, masih ada batangnya, dan dalam keadaan dingin. Pastikan batangnya masih dalam kondisi baik dan berwarna hijau segar. Buah ceri yang baik biasanya berukuran besar, kulitnya berkilau, keras dan berwarna lebih gelap. Jangan memilih buah ceri yang kecil dan lembek atau buah ceri yang sudah cacat permukaannya.

Cara menyimpan buah ceri

Simpanlah buah ceri di dalam lemari pendingin atau kulkas. Sebelumnya, cuci buah ceri terlebih dahulu, kemudian bungkus dengan plastik. Buah ceri yang disimpan di kulkas biasanya bisa bertahan hingga 1 minggu.

Periksa buah ceri secara berkala selama penyimpanan dan buang buah ceri yang sudah terlihat tidak segar. Cuci kembali buah ceri sebelum dikonsumsi.

Cara mengolah buah ceri

Buah ceri bisa Anda konsumsi secara langsung dalam kondisi segar atau diolah dahulu menjadi jus. Buah ini juga bisa dikeringkan dan dijadikan penambah rasa dalam makanan penutup atau kue.

Kandungan antioksidan pada jus ceri dan buah ceri kering tidak mengalami perubahan jika dibandingkan dengan buah ceri segar. Namun pada buah ceri beku atau ceri kalengan, kandungan antioksidannya sedikit mengalami penurunan. Kendati demikian, apa pun olahan buah ceri, secara umum kandungan antioksidannya tetap banyak.

Banyak sekali manfaat buah ceri bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsinya, baik dalam bentuk buah segar atau menambahkannya dalam berbagai hidangan makanan.

Anda bisa mengonsumsi buah ceri secara rutin untuk memperoleh manfaatnya secara optimal. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda ingin menambahkan buah ceri pada menu diet sehari-hari Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.