Beragam Keunggulan dari Tepung Sorgum Walau Kurang Populer di Indonesia

wordpress

Manfaat tepung sorgum untuk kesehatan mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Padahal, salah satu manfaat penting dari tepung ini adalah dapat menjadi alternatif makanan bagi penderita penyakit Celiac.

Sorgum adalah tanaman berbiji yang berasal dari benua Afrika. Tanaman ini telah banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang, mulai dari bahan makanan pokok (gandum, nasi), pakan hewan, hingga bahan industri pangan.

Di industri pertanian dunia, sorgum berada di urutan kelima sebagai tanaman rumput (serelia) yang paling banyak diproduksi, yaitu 60 juta ton per tahun.

Kandungan Gizi Tepung Sorgum

Manfaat tepung sorgum diperoleh dari berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya. Berikut adalah nutrisi yang terdapat di satu 100 gram tepung sorgum:

  • Kalori: 329 kcal
  • Karbohidrat: 72,1 gram
  • Protein: 10,6 gram
  • Serat: 6,7 gram
  • Lemak: 3,5 gram
  • Natrium: 2 miligram

Selain yang sudah disebutkan di atas, tepung sorgum juga mengandung berbagai nutrisi lain, seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, zinc, mangan, selenium, folat, vitamin B1, dan vitamin B6.

Manfaat Tepung Sorgum untuk Kesehatan

Berikut adalah manfaat tepung sorgum untuk kesehatan:

Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan menjadi manfaat pertama yang bisa Anda rasakan jika rutin mengonsumsi tepung sorgum. Kandungan pati yang terkandung di dalam tepung sorgum membutuhkan waktu yang cukup lama bagi tubuh mencernanya. Hal ini dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsinya.

Tidak hanya itu, penelitian juga menemukan mengonsumsi tepung sorgum secara rutin dapat menurunkan kadar lemak tubuh.

– Mengontrol kadar gula dalam darah

Bagi penderita diabetes dan prediabetes, tepung sorgum bisa menjadi bahan campuran dalam setiap masakan. Manfaat ini tak lepas dari tingginya kandungan serat dan antioksidan dalam tepung sorgum.

Selain itu, rendahnya angka glikemik dalam tepung sorgum menjadikannya tidak cepat diubah menjadi glukosa oleh tubuh, sehingga tidak menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah.

 

– Mengontrol tekanan darah

Penderita hipertensi maupun kondisi medis lain yang disarankan untuk membatasi asupan natrium dapat mempertimbangkan tepung sorgum sebagai salah satu alternatif. Hal ini karena rendahnya kandungan natrium dalam tepung sorgum.

Selain itu, kandungan kalium dalam tepung sorgum terbilang cukup tinggi. Dengan tingginya kalium serta natrium yang rendah, konsumsi tepung sorgum dapat membantu mengontrol tekanan darah penderita tekanan darah tinggi.

Menjadi alternatif bagi penderita penyakit Celiac

Salah satu manfaat utama tepung sorgum adalah aman dikonsumsi oleh penderita penyakit Celiac. Munculnya gejala penyakit Celiac biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan yang mengandung gluten. Tepung sorgum dapat menjadi alternatif untuk kondisi tersebut karena tepung ini tidak mengandung gluten.

– Mengurangi peradangan

Tepung sorgum dikenal kaya akan kandungan senyawa fenolik yang bersifat antioksidan. Kandungan ini menjadikan tepung sorgum efektif untuk mengurangi berbagai bentuk peradangan dalam tubuh.

– Mencegah pertumbuhan sel kanker

Beberapa senyawa antioksidan yang terkandung di dalam tepung sorgum telah dikaitkan sebagai penghambat pertumbuhan sel kanker. Beberapa senyawa tersebut adalah flavonoid, asam fenolik, dan tanin.

Manfaat tepung sorgum untuk kesehatan memang tidak bisa dianggap sepele. Jadi, tidak ada salahnya bila Anda mulai memasukkan tepung sorgum sebagai alternatif bahan makanan.

Namun, sebelum Anda menggunakan tepung sorgum, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Ini penting mengingat tepung sorgum berasal dari rumput-rumputan yang mungkin masih mengandung polen (serbuk sari) pemicu alergi pada sebagian orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.