Buah Tropis Srikaya yang Manfaatnya semanis Rasanya

wordpress

Manfaat srikaya untuk kesehatan sangatlah beragam. Beberapa jenis zat dan nutrisi yang terkandung pada buah, daun, biji, dan batang tanaman srikaya diyakini memiliki efek baik untuk memelihara kesehatan dan mencegah penyakit.

Srikaya adalah salah satu jenis buah yang banyak tumbuh di daerah tropis dan subtropis, termasuk Indonesia. Ekstrak alami dari buah, daun, dan kulitnya banyak digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari industri makanan, kosmetik, hingga pengobatan herba.

Kandungan Nutrisi pada Srikaya

Buah srikaya yang memiliki cita rasa manis sering kali dikonsumsi secara langsung, tetapi juga bisa dijadikan jus buah. Dalam sebuah srikaya terkandung sekitar 60–100 kalori dan beragam nutrisi penting, antara lain:

  • Karbohidrat
  • Protein
  • Serat
  • Vitamin, terutama vitamin C dan vitamim B
  • Mineral, seperti kalsium, magnesium, kalium, fosfor, dan zat besi

Selain nutrisi-nutrisi di atas, buah srikaya juga mengandung antioksidan yang melimpah, seperti polifenol.

Berbagai Manfaat Srikaya bagi Kesehatan Tubuh

Karena memiliki banyak nutrisi, srikaya dipercaya memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

– Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Srikaya merupakan sumber serat yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Dengan mengonsumsi serat secara rutin, tubuh akan terhindar dari berbagai jenis masalah pencernaan, termasuk diare.

Selain itu, kandungan antioksidan dan karbohidrat kompleks pada srikaya juga menjadikan buah ini bermanfaat untuk menjaga pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.

– Meningkatkan daya tahan tubuh

Karena mengandung antioksidan polifenol dan vitamin C yang cukup banyak, buah srikaya bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Dengan begitu, tubuh juga akan lebih kuat melawan infeksi, sehingga tidak mudah jatuh sakit.

– Mencegah penyakit kardiovaskular

Tekanan darah tinggi yang tidak terkendali dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung koroner dan stroke.

Manfaat srikaya untuk mencegah penyakit kardiovaskular adalah dengan mencegah hipertensi. Efek ini diduga berkat kandungan kalium, magnesium, antioksidan, serta serat di dalam buah srikaya.

– Menjaga gula darah agar tetap stabil

Buah srikaya memiliki nilai indeks glikemik sedang. Artinya, manfaat srikaya bisa untuk mencegah peningkatan kadar gula darah.

Beberapa studi juga menunjukkan bahwa ekstrak daun srikaya mampu menjaga kestabilan kadar gula darah dan menurunkan dosis penggunaan insulin. Oleh sebab itu, buah srikaya baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

 

– Membasmi kutu rambut dan ketombe

Beberapa studi menunjukkan bahwa ekstrak biji srikaya yang dioleskan bersamaan dengan minyak kelapa ampuh untuk mengobati kutu rambut dan ketombe.

Namun, penggunaannya harus hati-hati dan jangan sampai terkena mata karena bisa menyebabkan iritasi dan kerusakan mata, seperti keratitis.

– Mengurangi risiko kanker

Ketika radikal bebas menumpuk, maka tubuh akan mudah mengalami kerusakan sel dan peradangan. Lama-kelamaan, hal ini bisa meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit, termasuk kanker. Untuk melawan radikal bebas, tubuh membutuhkan asupan antioksidan yang cukup.

Salah satu cara mendapatkan antioksidan adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, misalnya buah srikaya.

Selain beragam manfaat di atas, manfaat srikaya yang dikonsumsi dalam bentuk suplemen juga diduga dapat membantu meredakan peradangan dan nyeri, serta memelihara kesehatan mata.

Cara Mendapatkan Manfaat Srikaya dengan Maksimal

Meski kaya akan manfaat, buah srikaya juga harus dikonsumsi secara hati-hati. Hampir seluruh bagian tanaman srikaya mengandung senyawa racun yang disebut annonain,  tetapi jumlah terbanyak terdapat di bagian biji dan kulit.

Beberapa riset menunjukkan bahwa zat tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit Parkinson. Oleh sebab itu, pastikan biji dan kulit srikaya dibuang terlebih dahulu sebelum Anda mengonsumsinya secara langsung.

Beberapa manfaat srikaya di atas bisa Anda peroleh secara optimal, jika mengonsumsinya sebagai bagian dari pola makan bergizi seimbang dan dibarengi gaya hidup sehat.

Sementara itu, manfaat srikaya sebagai obat herbal hingga kini masih diragukan efektivitasnya karena belum ada hasil penelitian yang memadai untuk memastikan klaim tersebut.

Jika Anda sedang menjalani pengobatan tertentu atau menderita suatu penyakit dan ingin menjadikan srikaya sebagai bagian dari menu harian, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu untuk memastikan buah ini tidak memengaruhi pengobatan dan aman untuk Anda konsumsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.