Manfaat Sabun Susu Kambing yang Lebih Unggul dari Sabun Biasanya

wordpress

Tak hanya untuk diminum, susu kambing juga bisa dijadikan sabun, lho. Bahkan, sabun susu kambing disebut-sebut memiliki sejumlah manfaat untuk kulit yang tidak dimiliki oleh sabun pada umumnya. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak penjelasannya di artikel ini.

Sabun susu kambing diproduksi melalui proses tradisional bernama saponifikasi. Ini adalah proses pembuatan sabun dengan cara menggabungkan asam, lemak, minyak, dan basa (alkali).

Pada kebanyakan sabun, alkali terdiri dari kombinasi air dan natrium hidroksida. Namun, pada sabun susu kambing, komposisi air digantikan dengan susu kambing, sehingga akan menghasilkan sabun yang lebih kental dan bermanfaat.

Manfaat Sabun Susu Kambing untuk Kulit

Manfaat sabun susu kambing untuk kulit didapatkan dari kandungan nutrisi yang terdapat pada susu itu sendiri. Secara alami, susu kambing mengandung lemak jenuh dan tak jenuh yang tinggi, sehingga ideal untuk diproduksi menjadi sabun.

Lemak jenuh pada susu kambing dapat menghasilkan busa sabun yang banyak. Sementara, lemak tak jenuhnya bermanfaat untuk memberi nutrisi pada kulit.

Nah, di bawah ini adalah beberapa manfaat sabun susu kambing untuk kulit yang bisa kamu peroleh:

– Menjaga kelembapan kulit

Sabun pada umumnya dibuat dengan bahan surfaktan keras yang dapat menghilangkan minyak alami di kulit, sehingga berpotensi membuat kulitmu menjadi kering (xerosis).

Sebaliknyasabun susu kambing akan membersihkan kotoran di kulit dengan lembut tanpa menghilangkan minyak alami di kulit. Hal ini karena sabun susu kambing mengandung jenis lemak asam kaprilat yang lebih bisa menjaga kelembapan alami kulit.

 

– Mengelupas sel kulit mata

Sabun susu kambing mengandung asam laktat, yakni salah satu jenis alpha-hydroxy acid (AHA) alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengeksfoliasi kulit guna mengangkat sel-sel kulit mati. Kandungan ini akan membantu memudarkan bekas luka, bekas jerawat, dan hiperpigmentasi.

Apabila kamu memiliki kulit sensitif, kamu juga tidak perlu takut ya, karena asam laktat merupakan salah satu jenis AHA yang paling lembut, sehingga cocok untuk digunakan sebagai exfoliator bagi orang dengan kulit sensitif.

– Menjaga keseimbangan bakteri baik pada kulit

Menggunakan sabun susu kambing juga dipercaya bisa membantu menjaga keseimbangan bakteri baik pada kulitmuHal ini karena sabun susu kambing mengandung bakteri baik, seperti Lactobacillus, dan penggunaannya juga tidak akan menghilangkan minyak alami pada kulitmu.

– Mencegah munculnya jerawat

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kandungan asam laktat pada susu kambing dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Hal ini berguna untuk menjaga pori-pori tetap bersih dari kotoran, minyak, dan sebum berlebih, yang merupakan penyebab timbulnya jerawat.

Nah, itulah beberapa manfaat sabun susu kambing untuk kulit yang bisa kamu dapatkan. Hingga kini, manfaat potensial lainnya masih diteliti lebih lanjut, lho.

Jadi, jika kamu ingin mencari sabun yang lembut dan bermanfaat untuk kesehatan kulitmu, mulai sekarang kamu bisa coba untuk mengganti sabun biasa dengan sabun susu kambing.

Namun, apabila kamu masih ragu atau memiliki pertanyaan terkait manfaat sabun susu untuk kesehatan kulit, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.