Manfaat Ikan Tenggiri berkat kandungan Nutrisinya

wordpress

Beragam manfaat ikan tenggiri dapat diperoleh berkat kandungan nutrisi di dalamnya. Tak hanya dapat menjaga kesehatan tubuh, jenis ikan air laut ini juga diklaim bisa mengurangi risiko terkena penyakit serius, seperti diabetes dan kanker payudara.

Ikan tenggiri merupakan salah satu jenis ikan yang cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, karena mudah ditemukan, harganya terjangkau, dan dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan hingga camilan.

Selain itu, ikan tenggiri juga mengandung beragam nutrisi penting bagi tubuh, seperti vitamin A, vitamin B12, kalsium, fosfor, kalium, selenium, dan omega-3.

Beragam Manfaat Ikan Tenggiri

Ada beberapa manfaat ikan tenggiri yang dapat Anda peroleh dengan mengonsumsinya secara rutin, yaitu:

– Meningkatkan imunitas tubuh

Ikan tenggiri mengandung asam amino esensial dan salah satunya adalah lisin. Jenis asam amino ini dapat meningkatkan energi dan imunitas tubuh. Selain lisin, di dalam ikan tenggiri juga terkandung vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin ini diketahui bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

– Menjaga kesehatan jantung

Ikan tenggiri mengandung vitamin B12 yang tinggi. Vitamin ini diketahui bisa membawa beragam manfaat, salah satunya mengurangi kadar homosistein dalam darah, yaitu jenis asam amino yang berperan penting dalam pembentukan protein dalam tubuh.

Namun, bila kadarnya berlebihan dalam tubuh, asam amino homosistein dapat membahayakan kesehatan jantung dan bisa memicu stroke.

– Mencegah anemia

Manfaat ikan tenggiri selanjutnya adalah mencegah anemia. Manfaat ini berasal dari kandungan zat besi, vitamin B12, dan folat di dalamnya. Ketiga nutrisi tersebut berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah yang sehat.

– Mengurangi risiko terkena diabetes

Meski perlu diteliti lebih lanjut, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh, seperti ikan tenggiri, bisa mencegah penyakit diabetes.

Manfaat ini dikaitkan dengan kandungan omega-3 di dalamnya yang dapat mengontrol berat badan dan mengendalikan kadar gula darah. Namun, manfaat ini bisa diperoleh jika Anda juga mengimbanginya dengan gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bernutrisi dan berolahraga secara rutin.

– Mengurangi risiko terkena kanker payudara

Selain diabetes, konsumsi ikan tenggiri juga dipercaya dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara. Manfaat ini bisa diperoleh berkat kandungan omega-3 di dalamnya. Meski begitu, hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Manfaat ikan tenggiri sangatlah beragam. Namun, Anda dianjurkan untuk mengonsumsinya secara bijak. Pasalnya, beberapa jenis ikan tenggiri mengandung merkuri yang tinggi dan bisa berbahaya bagi kesehatan bila dikonsumsi secara berlebihan.

Ikan tenggiri sebaiknya hanya dikonsumsi sebanyak 2 porsi per minggu dan setiap porsinya hanya sekitar 80–90 gram. Anda pun harus memasaknya hingga matang sebelum dimakan untuk mencegah kemungkinan paparan bakteri.

Itulah manfaat ikan tenggiri yang perlu Anda ketahui. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu dan ingin mengonsumsi ikan tenggiri secara rutin, sebaiknya konsultasikan ke dokter lebih dulu untuk mengetahui seberapa banyak porsi ikan tenggiri yang bisa Anda konsumsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.