Simak Manfaat Minyak Peppermint yang Baik untuk Kesehatan

wordpress

Bukan hanya memiliki aroma yang unik dan menyegarkan, rupanya manfaat minyak peppermint bagi kesehatan juga ada banyak, lho. Mulai dari meredakan kram sampai mengatasi batuk, bisa kamu dapat dari penggunaan minyak ini. Untuk tahu manfaat lengkapnya, yuk simak di artikel ini.

Minyak peppermint adalah salah satu jenis minyak esensial atau minyak atsiri yang disukai banyak orang. Minyak ini berasal dari penyulingan daun dan bunga tanaman peppermint yang memiliki nama latin Mentha x piperita.

Manfaat Minyak Peppermint untuk Kesehatan

Minyak peppermint sudah lama digunakan sebagai obat herbal untuk meredakan berbagai keluhan. Hal ini karena peppermint oil diketahui memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, dan juga antijamur.

Minyak peppermint umumnya memiliki dua kandungan utama, yaitu mentol dan menthone. Dua kandungan inilah yang menimbulkan sensasi rasa dingin dan menyegarkan.

Tak hanya itu, minyak peppermint juga dapat memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan, seperti:

– Mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar

Menurut penelitian, minyak peppermint dapat mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar, seperti diare, sembelit, dan sakit perut. Hal ini karena peppermint dinilai mampu menenangkan dan mencegah kontraksi otot saluran pencernaan.

– Mengurangi kram perut akibat menstruasi

Efek minyak peppermint dalam menenangkan otot saluran pencernaan juga bermanfaat untuk meredakan kram perut akibat menstruasi. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan, minyak peppermint memiliki efektivitas yang sama dengan obat antinyeri dalam mengurangi intensitas dan lama nyeri kram.

– Membantu mengurangi rasa mual

Menghirup minyak peppermint dapat membantu mengurangi rasa mual, khususnya rasa mual yang sering dialami oleh ibu hamil atau pasien yang baru saja menjalani operasi.

– Mengatasi rasa gatal di kulit

Minyak peppermint yang dioleskan ke kulit bisa mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga. Tak hanya itu, minyak ini juga bisa mengatasi rasa gatal yang sering muncul saat hamil dan bisa menenangkan kulit yang tersengat sinar matahari.

– Mengurangi gejala batuk dan pilek

Bila kamu saat ini sedang mengalami batuk, pilek, dan sakit kepala akibat flu, kamu bisa menghirup aroma minyak peppermint untuk mengurangi gejala-gejala tersebut. Selain itu, kandungan mentol pada minyak ini pun diyakini mampu meredakan gejala hidung tersumbat dan melegakan pernapasan.

– Meredakan nyeri otot

Berkat kandungan mentol yang memberikan sensasi rasa dingin, minyak peppermint yang dioleskan ke kulit bisa meredakan nyeri otot dan mengurangi rasa lelah setelah berolahraga.

Manfaat minyak peppermint untuk kesehatan memang ada banyak. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua orang cocok menggunakan minyak ini. Sebagian orang bisa saja mengalami reaksi alergi yang dapat ditandai dengan munculnya ruam di area yang dioleskan minyak, bengkak pada bibir dan kelopak mata, hingga sulit bernapas.

Oleh karena itu, sebelum menggunakan minyak peppermint ini, ada baiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, apalagi bila kamu sedang hamil atau memiliki kondisi medis tertentu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.