Simak Manfaat Ikan Mujair bagi Kesehatan Tubuh dan tips Sebaiknya Mengonsumsi

wordpress

Manfaat ikan mujair bagi kesehatan sangatlah beragam. Selain kaya akan nutrisi, ikan air tawar yang memiliki harga relatif terjangkau ini juga rendah kalori, lemak, dan merkuri yang berbahaya bagi kesehatan.

Ikan mujair memiliki rasa yang gurih dan tekstur daging yang lembut, sehingga banyak masyarakat menyukainya. Jenis ikan ini juga mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, sehingga ada beragam manfaat ikan mujair yang sayang untuk dilewatkan.

Jenis nutrisi yang terdapat pada ikan mujair meliputi protein, vitamin B12, vitamin D, kalsium, fosfor, magnesium, dan selenium.

Manfaat Ikan Mujair

Selain mengandung beragam nutrisi penting, ikan mujair juga rendah kandungan merkuri sehingga aman dikonsumsi sehari-hari. Berikut ini adalah manfaat ikan mujair bagi kesehatan yang dapat Anda peroleh:

– Meningkatkan metabolisme tubuh

Kandungan protein yang tinggi dalam ikan mujair bisa meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh mampu membakar kalori lebih banyak. Hal ini membuat ikan mujair cocok dijadikan sebagai menu makan bagi Anda yang sedang menjalani diet.

Namun, perlu diketahui bahwa menurunkan berat badan tidak hanya dilakukan dengan mengonsumsi ikan mujair saja, Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat, seperti berolahraga secara rutin dan mencukupi waktu tidur.

– Memelihara kesehatan jantung

Selain protein, ikan mujair juga mengandung omega-3 yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol jahat sehingga dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Kandungan omega-3 di dalam ikan mujair memang tidak sebanyak ikan salmon, tapi lebih tinggi dari daging sapi dan ayam.

– Mendukung kesehatan tulang

Kandungan kalsium dalam ikan mujair cukup tinggi, sehingga konsumsinya dapat mendukung kesehatan tulang. Kalsium merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk membangun dan memelihara tulang yang sehat dan kuat.

Selain kalsium, nutrisi lain di dalam ikan mujair yang juga dapat mendukung kesehatan tulang, yaitu vitamin D, magnesium, dan fosfor.

– Meningkatkan suasana hati

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, ikan mujair juga diketahui dapat meningkatkan suasana hati. Manfaat ini dapat diperoleh berkat kandungan vitamin B12 yang dapat memicu produksi serotonin dalam tubuh, yaitu hormon yang memengaruhi suasana hati.

– Mencegah penyakit kanker

Ikan mujair mengandung selenium yang tinggi. Selenium merupakan jenis mineral yang diketahui dapat mencegah penyakit kanker, bahkan meringankan gejala yang timbul setelah kemoterapi, misalnya mual, muntah, dan rambut rontok.

Meski begitu, manfaat selenium dalam ikan mujair masih diteliti lebih lanjut terkait keamanan dan efektivitasnya dalam mencegah sekaligus mengatasi penyakit kanker.

Cara Mendapatkan Manfaat Mujair Secara Maksimal

Agar manfaat ikan mujair dapat diperoleh secara maksimal, pastikan Anda memasak ikan mujair yang masih segar. Berikut ini adalah tanda ikan mujair yang masih segar:

  • Daging berwarna cerah dengan sisik yang mengilat
  • Baunya tidak terlalu menyengat atau busuk
  • Tekstur daging akan kembali ke asalnya jika ditekan dengan jari
  • Cairan pada daging berwarna bening, bukan putih susu

Selain memastikan bahwa ikan mujair yang dibeli masih segar, Anda juga harus memperhatikan cara pengolahannya. Cucilah ikan mujair terlebih dahulu di bawah air mengalir hingga bersih.

Ikan mujair tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam kondisi mentah atau digoreng. Sebaiknya, olah ikan mujair dengan cara dikukus atau dipanggang agar manfaatnya bisa diperoleh secara maksimal.

Manfaat ikan mujair untuk kesehatan memang banyak, tapi konsumsilah dengan bijak. Pasalnya, terlalu sering konsumsi ikan mujair bersamaan dengan suplemen omega-3 dianggap bisa memicu penggumpalan darah.

Untuk mengetahui lebih jauh manfaat ikan mujair dan porsi yang sebaiknya dikonsumsi, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Nantinya, dokter dapat memberikan takaran yang tepat dan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.