5 Manfaat daun Thyme untuk Kesehatan

wordpress

Selain sebagai bumbu dan rempah untuk memasak, ada manfaat daun thyme yang diketahui baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan, berbagai kandungan nutrisi di dalamnya dipercaya dapat mengatasi dan mencegah berbagai penyakit.

Thyme atau dikenal dengan nama latin Thymus vulgaris ini dapat dikonsumsi dalam kondisi segar atau dalam bentuk yang sudah dikeringkan. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, thyme juga bisa diolah menjadi teh herbal, minyak esensial untuk aromaterapi, hingga obat tradisional.

Khasiat Daun Thyme untuk Kesehatan

Daun thyme mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, folat, zat besi, kalsium, magnesium, dan kalium. Selain itu, daun thyme juga mengandung berbagai jenis antioksidan, seperti polifenol dan thymol. Zat thymol inilah yang memberikan aroma khas pada daun thyme.

Berkat kandungan nutrisi dan antioksidan di atas, daun thyme dipercaya dapat memberikan manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

1. Meredakan batuk

Beberapa studi menunjukkan bahwa minyak esensial yang mengandung ekstrak daun thyme bermanfaat sebagai obat batuk alami untuk mengatasi batuk akibat flu dan ISPA. Hal ini diduga berkat kandungan antioksidan dan antiradang yang terdapat di dalamnya.

2. Meningkatkan imunitas tubuh

Thyme merupakan salah satu sumber vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang baik. Beragam kandungan di dalam daun thyme tersebut diketahui dapat memperkuat daya tahan tubuh dalam melawan infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit.

3. Meredakan peradangan dan iritasi pada kulit

Beberapa studi menunjukkan bahwa daun thyme dapat meredakan peradangan dan iritasi pada kulit, seperti pada penyakit eksim dan jerawat. Hal ini berkat kandungan thymol di dalam daun thyme yang memiliki sifat antiradang, antioksidan, dan antibakteri.

4. Meredakan stres

Minyak esensial dari daun thyme mengandung aroma yang menyegarkan. Jika digunakan sebagai aromaterapi, minyak tersebut diketahui dapat memberikan efek menenangkan dan meredakan stres.

5. Meredakan nyeri

Daun thyme mengandung zat yang memiliki sifat antiradang dan antinyeri. Berkat kandungan tersebut, daun thyme yang dikonsumsi sebagai teh atau suplemen herba diduga dapat meringankan nyeri, misalnya akibat kram di saat menstruasi.

Selain beberapa manfaat di atas, daun thyme juga dapat digunakan sebagai obat herba untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, serta mengatasi bau mulut.

Perlu Anda ketahui, beberapa manfaat daun thyme untuk kesehatan di atas masih terbatas pada studi penelitian berskala kecil. Oleh karena itu, manfaat daun thyme secara medis sebagai pengobatan masih perlu diteliti lebih lanjut, terutama terkait efektivitas dan tingkat keamanannya.

Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi daun thyme secara berlebihan karena berpotensi menimbulkan berbagai efek samping, seperti gangguan pencernaan dan sakit kepala.

Secara umum, daun thyme cukup aman dikonsumsi sebagai teh herbal atau bahan masakan. Namun, jika Anda ingin menggunakan suplemen atau obat herbal yang mengandung daun thyme, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Dengan begitu, manfaat daun thyme pun dapat Anda peroleh secara maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.