Hidangan Kolang-Kaling yang Banyak Manfaat dan Baik Untuk Tubuh

wordpress

Tak hanya terasa segar dan nikmat, ada sederet manfaat kolang-kaling yang sayang jika dilewatkan. Hal ini karena kolang-kaling mengandung banyak jenis nutrisi, sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga Kesehatan, mulai dari melancarkan pencernaan, mencegah dehidrasi, hingga meredakan nyeri sendi.

Selain nikmat, kolang kaling juga menyehatkan karena mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh, mulai dari karbohidrat, serat, protein, vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, hingga antioksidan, seperti flavonoid, polifenol, dan saponin.

Manfaat Kolang-kaling untuk Kesehatan Tubuh

Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, ada beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dari kolang-kaling, di antaranya:

– Melancarkan pencernaan

Sebagai salah satu makanan tinggi serat, kolang-kaling bermanfaat baik untuk menyehatkan saluran pencernaan. Hal ini karena serat di dalam kolang-kaling mampu melancarkan buang air besar dan mencegah terjadinya konstipasi.

– Mengendalikan kadar gula darah

Manfaat kandungan serat di dalam kolang kaling selanjutnya adalah menjaga kadar gula darah tetap stabil. Hal ini didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa serat kolang-kaling memiliki senyawa polisakarida galactomannan yang mampu menurunkan kadar gula darah dan mencegah terjadinya diabetes.

Meski demikian, penelitian tersebut masih terbatas pada uji coba di laboratorium. Oleh karena itu, efektivitas kolang-kaling untuk mengontrol kadar gula darah masih perlu diteliti lebih lanjut.

– Memelihara kesehatan jantung

Selain menjaga kadar gula darah tetap stabil, senyawa polisakarida galactomannan di dalam kolang-kaling juga dapat menurunkan tekanan darah sekaligus mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Kombinasi manfaat tersebut membuat kolang-kaling baik dikonsumsi untuk memelihara kesehatan jantung dan mencegah terjadinya penyakit kardiovaskuler, seperti serangan jantung dan stroke.

– Meredakan nyeri sendi

Beberapa penelitian membuktikan bahwa kolang-kaling mengandung beberapa macam zat antiradang yang mampu meredakan nyeri sendi, salah satunya yang disebabkan oleh osteoarthritis. Bahkan, manfaat kolang-kaling yang satu ini diduga sama efektifnya dengan obat pereda nyeri sendi.

Meski demikian, studi mengenai efektivitas manfaat kolang-kaling sebagai pereda nyeri sendi dan dosis aman konsumsinya masih sangat terbatas, sehingga masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

– Mencegah dehidrasi

Kolang-kaling merupakan salah satu jenis makanan dengan kandungan air tinggi, yaitu sekitar 94%. Kandungan air ini membuat kolang-kaling baik dikonsumsi untuk memenuhi asupan cairan tubuh dan mencegah terjadinya dehidrasi.

Selain beberapa manfaat di atas, kolang-kaling juga dipercaya bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang, menurunkan berat badan, dan menjaga kesehatan kulit. Namun, masih diperlukan riset lebih lanjut untuk memastikan berbagai klaim manfaat kolang-kaling ini.

Kolang-kaling memang menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, perlu diingat bahwa Anda tetap perlu mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat lain guna mencukupi kebutuhan nutrisi sehari-hari.

Makanan yang dianjurkan antara lain sayuran, buah-buahan, serta makanan yang mengandung protein dan karbohidrat dengan takaran yang seimbang.

Bila perlu, berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui lebih jauh informasi seputar manfaat kolang-kaling dan pola makan sehat yang sesuai kondisi dan kebutuhan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.