Manfaat Buah Lingonberry yang Sayang untuk Diabaikan.

wordpress

Di Indonesia, buah lingonberry mungkin belum begitu populer. Padahal, manfaat buah lingonberry bagi kesehatan patut diperhitungkan, lhoNah, bila kamu tertarik untuk mencobanya, yuk ketahui manfaat kesehatan apa saja yang bisa kamu dapat dari mengonsumsi buah beri yang satu ini.

Buah lingonberry (Vaccinium vitis-idaea L.) adalah buah beri kecil berwarna merah yang umumnya tumbuh di wilayah yang memiliki 4 musim, seperti kawasan Eropa dan Amerika Utara. Buah lingonberry disebut-sebut memiliki rasa yang mirip dengan buah cranberry, hanya saja tidak terlalu asam.

Beragam Manfaat Buah Lingonberry bagi Kesehatan

Lingonberry diketahui kaya akan antioksidan dan mengandung berbagai zat gizi, seperti mangan, vitamin C, vitamin E, dan senyawa fitokimia, seperti polifenol, anthocyanin, dan quercetin. Nah, kandungannya inilah yang membuat lingonberry memiliki beragam manfaat bagi kesehatan berikut:

– Menjaga berat badan ideal

Buah lingonberry relatif rendah kalori. Dalam 100 gram buah lingonberry, hanya terdapat sekitar 54 kalori. Oleh sebab itu, mengonsumsi buah lingonberry dalam jumlah yang wajar tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan. Namun, dengan catatan, konsumsi buahnya tidak ditambahkan pemanis apa pun, ya.

– Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Mengonsumsi buah lingonberry juga dikatakan dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dari beberapa penelitian diketahui bahwa dengan mengonsumsi buah lingonberry secara rutin maka keseimbangan produksi bakteri baik di dalam usus akan terjaga dengan baik. Bakteri baik berperan penting dalam menjaga kesehatan usus dan saluran pencernaan.

– Mengontrol kadar gula darah

Buah lingonberry juga diketahui memiliki manfaat dalam mengontrol gula darah. Hal ini karena kandungan serat dan senyawa polifenol di dalam buah lingonberry bisa membantu meningkatkan kadar dan sensitivitas insulin. Dengan begitu, penyerapan gula bisa dilakukan dengan baik, sehingga kadar gula dalam darah bisa terjaga.

– Menurunkan risiko menderita kanker

Kandungan serat, berbagai vitamin, dan senyawa fitokimia yang ada di dalam buah lingonberry juga diyakini bisa mengurangi risiko terjadinya kanker tertentu. Beberapa jenis kanker yang dimaksud yaitu kanker mulut, kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker serviks.

– Menjaga kesehatan mata

Menjaga kesehatan mata juga termasuk ke dalam salah satu manfaat yang bisa kamu peroleh dari buah lingonberry. Manfaat buah lingonberry yang satu ini lagi-lagi juga didapatkan dari senyawa fitokimianya.

Penelitian menyebutkan, senyawa fitokimia yang terkandung di dalam buah lingonberry mampu melindungi mata dari kerusakan akibat paparan radikal bebas, yang berasal dari sinar ultraviolet A (UVA) dan cahaya biru dari perangkat digital, seperti ponsel dan komputer.

Nah, itulah beberapa manfaat mengonsumsi buah lingonberry yang bisa kamu peroleh. Untuk mengonsumsinya, caranya juga bisa beragam, mulai dari dimakan langsung buahnya, hingga diolah menjadi jus, manisan, selai, atau sirup.

Akan tetapi, perlu diingat, walau mengonsumsi buah lingonberry memang berpotensi membawa beragam manfaat kesehatan, tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.

Jadi, apabila kamu ingin mengonsumsi buah lingonberry untuk mengobati kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya konsultasikan hal tersebut ke dokter terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.