Manfaat Chia Seed yang Kaya Nutrisi dan Mengandung Sejumlah Antioksidan

wordpress

Meski ukurannya kecil, manfaat chia seed bagi kesehatan tubuh begitu besar. Di kalangan pecinta makanan organik, biji-bijian ini rutin dikonsumsi sebagai campuran berbagai jenis makanan. Apa saja, sih, manfaat dari chia seed?

Chia seed berasal dari tanaman Salvia hispanica, salah satu jenis tanaman mint. Tanaman ini banyak tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan. Meski demikian, produk chia seed kemasan kini sudah banyak ditemukan di Indonesia dan menjadi salah satu makanan organik favorit banyak orang.

Kandungan Nutrisi Chia Seed

Chia seed mengandung beragam nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, serta  omega-3 dan omega-6. Selain itu, biji-bijian ini juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B, kalsium, fosfor, selenium, kalium, zat besi, dan magnesium.

Chia seed juga mengandung sejumlah antioksidan, seperti asam klorogenik, caffeic acidquercetin, dan kaempferol.

Beragam Manfaat Chia Seed

Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, chia seed dipercaya memiliki beberapa manfaat kesehatan, yaitu:

– Menurunkan berat badan

Kandungan serat yang tinggi di dalam chia seed diketahui dapat memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan protein pada biji chia juga dipercaya dapat menekan nafsu makan.

Manfaat ini juga didukung oleh sebuah penelitian yang melibatkan beberapa penderita obesitas. Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa penderita obesitas yang mengonsumsi chia seed selama 6 bulan, terlihat mengalami penurunan berat badan meski sedikit.

Namun, mengonsumsi chia seed saja tidak cukup untuk mendapatkan berat badan yang Anda inginkan. Anda juga perlu menyertainya dengan pola hidup sehat, seperti mengontrol asupan kalori, berolahraga secara rutin, dan mencukupi waktu istirahat.

– Menjaga kesehatan tulang

Kandungan protein dan beragam mineral di dalam chia seed, seperti kalsium, mangan, magnesium, dan fosfor baik untuk memelihara kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Selain itu, chia seed juga bisa menjadi sumber kalsium yang baik bagi Anda yang menjalani pola makan vegetarian.

– Memelihara kesehatan jantung

Chia seed mengandung protein, serat, antioksidan, dan lemak baik yang diketahui baik untuk kesehatan jantung.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi chia seed dapat melindungi jantung dari pengerasan pembuluh darah dan penyakit jantung. Namun, efek ini tidak hanya semata-mata dari mengonsumsi chia seed, tetapi juga dengan menjalani pola hidup sehat.

– Menjaga kadar gula darah

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa chia seed dapat mencegah lonjakan kadar gula darah dalam tubuh, sehingga dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 dan tentunya baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Manfaat ini diduga berasal dari beragam kandungan di dalam chia seed yang dapat menjaga stabilnya gula darah.

– Meredakan gejala divertikulitis

Kandungan seratnya yang tinggi membuat biji chia dipercaya dapat mengatasi dan meredakan gejala divertikulitis. Tak hanya itu, mengonsumsi makanan yang berserat tinggi juga dapat memperlancar pergerakan usus dan mencegah sembelit.

Selain itu, chia seed juga dipercaya baik untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh (LDL). Bahkan, kandungan omega-3 di dalamnya juga dapat menurunkan risiko terkena stroke.

Cara Tepat Mengolah dan Mengonsumsi Chia Seed

Agar mendapatkan manfaat chia seed dengan maksimal, Anda perlu mengolahnya dengan tepat dan mengonsumsinya dengan hati-hati. Hal ini karena chia seed yang dikonsumsi kering bisa menyebabkan penyumbatan pada kerongkongan, karena sifatnya yang mudah menyerap air di sekitarnya.

Rasa dari chia seed sendiri cenderung hambar. Untuk menyantapnya, Anda perlu merendamnya di dalam cairan atau air selama beberapa menit hingga teksturnya menjadi gel.

Anda juga bisa mencampurnya ke makanan atau minuman, seperti es buah, salad, oatmeal, jus, smoothies, yoghurt, kue, dan puding.

Beragam nutrisi dan manfaat chia seed memang bisa membuat banyak orang jatuh hati. Meski masih memerlukan lebih banyak penelitian mengenai manfaat chia seed bagi kesehatan, tidak ada salahnya bila Anda mulai memasukkan chia seed ke dalam menu makan harian Anda.

Meski demikian, penderita kanker prostat atau berisiko tinggi menderita kanker prostat, sebaiknya membatasi konsumsi chia seed. Hal ini karena biji chia mengandung senyawa alpha linolenic yang berpotensi meningkatkan risiko penyakit ini.

Oleh karena itu, bila Anda menderita kondisi medis tertentu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumi chia seed guna memastikan keamanannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.