7 Manfaat Jalapeno yang Banyak Manfaat Walau tak Sepedas Cabai Rawit

wordpress

Di balik rasanya yang pedas, terdapat banyak manfaat jalapeno bagi kesehatan tubuh. Bagi yang belum tahu, jalapeno adalah jenis cabai yang berasal dari negara Meksiko. Cabai ini memiliki bentuk yang mirip seperti cabai hijau, tapi ukurannya lebih besar.

Beragam manfaat jalapeno bisa Anda dapatkan berkat kandungan senyawa unik bernama capsaicin di dalamnya. Selain itu, jalapeno juga mengandung beberapa vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin B6, dan mangan.

Jalapeno memiliki tingkat kepedasan di bawah cabai rawit. Cabai ini bisa dinikmati dalam berbagai cara. Selain mencampurkannya dengan hidangan utama atau salad layaknya cabai biasa, Anda juga bisa membuat hidangan lezat jalapeno dengan memanggang cabai ini bersama isian keju ataupun daging.

Beragam Manfaat Jalapeno bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah beberapa manfaat jalapeno yang bisa Anda peroleh:

1. Menurunkan berat badan

Konsumsi jalapeno secara rutin dipercaya dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Kandungan capsaicin dan capsaicinoid dalam jalapeno dikatakan dapat membantu meningkatkan proses metabolisme, meningkatkan pembakaran lemak, dan mengurangi nafsu makan. Dengan begitu, berat badan berlebih bisa berkurang lebih cepat.

2. Membunuh sel kanker

Kandungan capsaicin yang ada pada jalapeno memiliki sifat anti-kanker yang baik. Penelitian menyebutkan bahwa capsaicin mampu membunuh lebih dari 40 jenis sel kanker tanpa merusak sel-sel normal dalam tubuh dan mampu mencegah kanker menyebar ke area lain di dalam tubuh.

3. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat jalapeno yang lain adalah dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Manfaat ini juga diperoleh dari kandungan capsaicin yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi, dua hal yang paling sering menjadi penyebab penyakit jantung.

4. Melawan infeksi

Manfaat jalapeno untuk infeksi telah dibuktikan beberapa penelitian. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa capcaisin bisa bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab penyakit infeksi, seperti kolera, radang tenggorokan, gigi berlubang, bahkan chlamydia.

5. Melawan radikal bebas berlebih

Jalapeno mengandung vitamin C yang memiliki sifat antioksidan yang baik. Antioksidan bermanfaat untuk melawan radikal bebas berlebih yang berpotensi menyebabkan peradangan dan kerusakan sel-sel dalam tubuh.

Oleh karena itu, mengonsumsi jalapeno diyakini dapat mengurangi risiko Anda menderita berbagai penyakit kronis, seperti diabetes dan kanker.

6. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C yang ada pada jalapeno juga bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, vitamin C berperan penting dalam produksi sel darah putih, yakni sel yang berfungsi untuk melawan berbagai jenis kuman di dalam tubuh.

7. Memperpanjang umur

Penelitian menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi cabai beberapa kali dalam seminggu cenderung memiliki umur yang lebih panjang. Hal ini dikaitkan dengan khasiat kandungan capsain pada jalapeno yang dapat melancarkan aliran darah dan mencegah obesitas.

Itulah manfaat jalapeno yang bisa Anda peroleh. Meski manfaatnya sangat menarik, perlu diketahui bahwa beberapa manfaat di atas masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Jadi, tidak disarankan untuk menjadikan jalapeno pengobatan utama suatu penyakit.

Selain itu, jangan mengonsumsi cabai ini dalam jumlah berlebihan untuk menghindari efek sampingnya, seperti rasa panas atau terbakar di sekitar mulut dan gangguan pada saluran pencernaan, terutama pada penderita sakit maag.

Bila Anda masih ragu atau memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti penyakit maag atau irritable bowel syndromeada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menambahkan jalapeno ke dalam makanan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.