Manfaat Susu Kedelai Kaya Vitamin dan Mineral Di Dalamnya

wordpress

Ada beragam manfaat susu kedelai bagi kesehatan. Jenis susu yang satu ini diketahui mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh dan aman dikonsumsi oleh orang yang sedang diet atau menderita kondisi medis tertentu, seperti alergi susu sapi dan intoleransi laktosa.

Susu kedelai terbuat dari kacang kedelai yang direndam, kemudian dihaluskan dan direbus. Setelah itu, hasil rebusannya akan disaring dan menghasilkan susu kedelai.

Dibandingkan dengan jenis susu nabati lainnya, minuman yang terbuat dari kedelai utuh ini memiliki kandungan gizi yang paling mirip dengan susu sapi rendah lemak.

Kandungan Gizi Susu Kedelai

Susu kedelai kerap dikonsumsi sebagai salah satu pilihan minuman sehat. Di dalam segelas susu kedelai, terdapat sekitar 100 kalori dan berbagai nutrisi lain, seperti protein, karbohidrat, lemak, dan serat.

Beragam kandungan vitamin dan mineral pun terdapat di dalamnya, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin D, vitamin E, kalsium, kalium, zat besi, dan fosfor. Tak hanya itu, susu kedelai juga mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan isoflavon.

Karena mengandung aneka nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, susu kedelai baik dikonsumsi oleh siapa saja, mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga ibu hamil dan menyusui.

Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan

Berkat beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya, tak heran jika susu kedelai dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya:

– Menjadi susu alternatif pengganti susu sapi

Susu kedelai bisa menjadi pilihan alternatif susu sapi yang baik bagi Anda yang tidak menyukai rasa susu sapi, menjalani pola makan vegetarian, atau tidak cocok mengonsumsi susu sapi karena alergi atau intoleransi laktosa.

Ini karena susu kedelai tidak mengandung laktosa dan protein pemicu reaksi alergi yang terdapat di dalam susu sapi. Susu kedelai juga tidak mengandung gluten, sehingga cocok dikonsumsi oleh orang yang memiliki alergi gluten atau penyakit celiac.

– Memperkuat daya tahan tubuh

Tak hanya baik dikonsumsi sebagai alternatif pengganti susu sapi, susu kedelai pun bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh. Manfaat ini berasal dari kandungan protein, vitamin, dan mineral yang diketahui baik untuk mendukung kinerja sel darah putih dan menghasilkan antibodi.

Di samping itu, susu kedelai juga dikenal sebagai sumber antioksidan yang baik. Antioksidan dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan bakteri atau virus penyebab penyakit. Dengan begitu, tubuh bisa terlindungi dari berbagai macam penyakit.

– Mengurangi gejala menopause

Produksi hormon estrogen akan berkurang seiring bertambahnya usia. Inilah yang menjadi salah satu penyebab wanita mengalami gejala menopause, seperti kelelahan, vagina kering, serta rasa panas dan berkeringat di malam hari.

Untuk meredakan gejala menopause, Anda bisa coba rutin mengonsumsi susu kedelai. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan isoflavon pada susu kedelai memiliki sifat fitoestrogen yang dapat menjaga kadar hormon estrogen di dalam tubuh tetap seimbang.

– Menjaga kesehatan tulang

Seiring dengan pertambahan usia, tingkat kepadatan tulang juga bisa berkurang. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan tulang agar kepadatan tulang tetap terjaga dan terlindung dari pengeroposan tulang.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tulang adalah dengan rutin mengonsumsi susu kedelai. Susu ini kaya akan kandungan kalsium dan vitamin D yang dapat memperkuat tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.

– Mencegah anemia

Susu kedelai juga merupakan minuman yang baik untuk mencegah anemia. Manfaat ini berasal dari kandungan zat besi, folat, dan vitamin B12 yang berperan penting dalam produksi sel-sel darah merah.

Susu kedelai juga bisa menjadi sumber nutrisi yang baik untuk mencegah anemia pada orang yang menjalani pola makan vegetarian.

– Menjaga kesehatan jantung

Susu kedelai adalah sumber kalium, protein, antioksidan, dan omega-3 yang baik. Kandungan nutrisi tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik serta menjaga tekanan darah tetap stabil. Itulah sebabnya konsumsi susu kedelai bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

– Mengurangi risiko terkena penyakit kanker

Manfaat lain dari susu kedelai adalah mampu mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker, terutama kanker prostat pada pria. Manfaat ini berasal dari kandungan isoflavon di dalamnya. Jika dikonsumsi dengan jumlah yang sesuai, susu kedelai juga baik untuk mengurangi risiko terjadinya kanker payudara.

Namun, selain dengan mengonsumsi susu kacang, Anda juga dianjurkan untuk melakukan langkah pencegahan kanker lainnya, misalnya berhenti merokok, menjalani pola makan sehat, menjauhi minuman beralkohol, berolahraga secara rutin, dan mengurangi stres.

Itulah berbagai manfaat susu kedelai yang bisa Anda peroleh. Dalam jumlah yang cukup, jenis susu ini juga telah tebukti aman dikonsumsi bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan bahkan bgi penderita kanker payudara. Namun, pastikan Anda tidak alergi terhadap kacang kedelai, ya.

Dalam memilih susu kedelai kemasan, Anda juga perlu lebih cermat memperhatikan kandungan gizi yang tertera pada label. Sebaiknya, pilihlah susu kedelai yang organik dan tanpa pemanis tambahan. Jika menginginkan sedikit rasa, Anda bisa menambahkan vanila tanpa pemanis.

Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh manfaat susu kedelai atau masih ragu mengonsumsinya karena memiliki kondisi medis tertentu, konsultasikan ke dokter untuk memastikan apakah susu ini aman untuk Anda konsumsi atau tidak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.