5 Manfaat Sawi Pakcoy yang yang mudah ditemukan di pasar

wordpress

Manfaat pakcoy mungkin belum diketahui banyak orang. Padahal, sayuran yang mudah ditemukan di pasar ini mengandung beragam nutrisi penting yang berkhasiat untuk melindungi tubuh dari sejumlah penyakit.

Pakcoy atau bok choy mengandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Rasanya yang manis dan teksturnya yang renyah membuat manfaat pakcoy sangat sayang untuk dilewatkan.

Sawi Pakcoy juga termasuk makanan rendah kalori yang cocok untuk dimasukkan ke dalam pilihan menu makanan sehat Anda. Selain itu, sawi pakcoy juga sangat mudah untuk dikonsumsi. Di samping ditumis atau dijadikan sup, sayur ini juga bisa dimakan mentah.

Beragam Manfaat Sawi Pakcoy untuk Kesehatan

Sawi Pakcoy merupakan sumber vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, asam folat, antioksidan beta karoten, serta kalsium. Berkat kandungan nutrisi yang cukup beragam tersebut, ada beberapa manfaat sawi pakcoy yang bisa Anda peroleh, yaitu:

1. Mencegah penyakit kanker

Sawi Pakcoy mengandung senyawa kimia, seperti flavonoid dan isothiocyanate, yang dapat mencegah kanker. Senyawa ini telah terbukti dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker.

Manfaat sawi pakcoy dalam mencegah kanker juga didukung oleh sejumlah penelitian. Dalam penelitian-penelitian tersebut, konsumsi sawi pakcoy secara rutin dapat mencegah timbulnya beberapa jenis kanker, seperti kanker kolorektal, kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker payudara.

2. Menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung

Sebagai makanan yang kaya akan kalsium dan kalium, Sawi pakcoy secara alami dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Selain itu, vitamin B6 dan folat dalam pakcoy juga dapat membantu mengurangi produksi senyawa penyebab kerusakan pembuluh darah dan otot jantung.

3. Meningkatkan kesehatan mata

Manfaat sawi pakcoy yang juga tak kalah penting adalah membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah berbagai penyakit mata, seperti mata kering, degenerasi makula, dan katarak. Hal ini berkat kandungan vitamin A dan antioksidan beta karoten yang cukup banyak di dalam Sawi pakcoy.

4. Memperkuat tulang

Kandungan zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, dan vitamin K dalam Sawi pakcoy berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sayuran ini juga bisa menjadi salah satu pilihan sumber kalsium nabati bila Anda tidak bisa mengonsumsi produk olahan susu.

5. Menyehatkan sistem pencernaan

Sawi Pakcoy juga merupakan sumber serat. Dengan memenuhi asupan serat yang cukup, Anda akan terhindar dari berbagai masalah pencernaan. Selain itu,  sawi pakcoy juga tergolong sayuran rendah karbohidrat yang aman dikonsumsi penderita irritable bowel syndrome (IBS) dan penyakit Crohn yang sering mengalami nyeri perut, diare, dan sembelit.

Manfaat sawi pakcoy tidak hanya itu. Sayuran ini juga merupakan sumber nutrisi yang baik untuk ibu hamil dan janin, menyehatkan kulit dan rambut, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Agar bisa mendapatkan manfaat pakcoy dengan maksimal, pilihlah sawi pakcoy yang segar, daunnya hijau cerah, dan batangnya putih bersih. Sayuran ini juga harus disimpan di kulkas dengan kantung plastik yang longgar atau berlubang agar bisa bertahan selama 3–4 hari. Sawi Pakcoy tidak perlu dicuci sebelum disimpan.

Manfaat sawi pakcoy memang banyak dan Anda bisa memasukkannya ke dalam menu sehari-hari Anda. Namun, hati-hati dalam mengonsumsi sawi pakcoy bila Anda memiliki masalah pada tiroid. Pasalnya, sayuran ini termasuk dalam jenis sayur goitrogenic yang bisa mengganggu fungsi kelenjar tiroid jika dikonsumsi secara berlebihan.

Ada cara agar Anda tetap bisa menikmati sawi pakcoy tanpa perlu khawatir akan efek samping ini, yaitu dengan menerapkan menu makan yang bervariasi dan memastikan asupan yodium tercukupi.

Bila Anda masih memiliki pertanyaan seputar manfaat sawi pakcoy atau mungkin ingin memastikan keamanan mengonsumsi sawi pakcoy terkait dengan kondisi kesehatan Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.