5 Manfaat Kunyit Hitam yang dikenal sebagai obat tradisional di beberapa negara

wordpress

Pernahkah kamu melihat kunyit yang bagian dalamnya berwarna kehitaman? Kendati kunyit hitam tidak sepopuler kunyit kuning atau putih, manfaat kunyit hitam untuk kesehatan ada banyak, lho. Selain mencegah infeksi, kunyit hitam juga bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena kanker.

Kunyit, termasuk kunyit hitam, masih termasuk ke dalam keluarga jahe-jahean sehingga bentuknya terlihat mirip dengan jahe. Kunyit hitam memiliki permukaan kulit berwarna cokelat dengan daging berwarna ungu kehitaman.

Tanaman jenis rimpang dengan nama latin Curcuma caesia Roxb ini juga dikenal sebagai kali haldi dan sudah digunakan sebagai obat tradisional di beberapa negara, termasuk Asia Tenggara.

Kunyit hitam mengandung kamper, ar-turmerone(Z)-ocimenear-curcumene1,8-cineoleelemeneborneol, dan bornyl asetat. Kesamaan antara kunyit kuning, kunyit putih, dan kunyit hitam adalah sama-sama mengandung senyawa kimia kurkumin yang sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat Kunyit Hitam bagi Kesehatan

Manfaat kunyit hitam bagi kesehatan ada beragam, di antaranya adalah:

1. Menangkal radikal bebas

Kunyit hitam mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antiosidan merupakan senyawa penting yang dibutuhkan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas, seperti asap rokok, polusi, dan asap kendaraan.

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, kamu dapat lebih terlindungi dari penyakit jantung dan liver.

2. Meredakan nyeri

Ekstrak kunyit hitam dipercaya dapat bertindak sebagai analgesik. Bila diolah dengan cara yang tepat, kunyit hitam bermanfaat untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi dan keseleo, serta bisa menurunkan demam.

3. Menurunkan risiko terjadinya infeksi

Sama halnya dengan kunyit kuning dan putih, kunyit hitam juga bersifat antibakteri dan antijamur. Hal ini membuat kunyit hitam bisa dimanfaatkan untuk menghambat pertumbuhan bakteri, seperti Staphylococcus aureus, dan jamur Candida albicans, yang bisa menyebabkan infeksi pada tubuh.

4. Membantu mencegah terjadinya peradangan

Konsumsi kunyit hitam dipercaya mampu membantu tubuh mencegah terjadinya peradangan atau inflamasi. Meski demikian, kamu tetap perlu untuk mengimbanginya dengan pola makan sehat, karena pola makan yang buruk juga bisa memicu terjadinya peradangan.

5. Mengurangi risiko terkena kanker

Penyakit kanker bisa terjadi ketika sel-sel di tubuh mengalami pertumbuhan abnormal, yang disebabkan oleh perubahan atau mutasi genetik pada sel. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kunyit hitam memiliki senyawa antimutagenik yang bisa mencegah terjadinya kanker pada tubuh.

Ada beragam manfaat kunyit hitam bagi kesehatan yang sangat sayang untuk dilewatkan. Namun, jangan mengandalkan kunyit hitam saja, sebab manfat-manfaat yang sudah disebutkan di atas masih perlu diteliti lebih lanjut.

Bila kamu ingin menggunakan kunyit hitam sebagai obat atau pendamping obat, sebaiknya berkonsultasilah dulu dengan dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.