Manfaat Hazelnut bagi Tubuh

wordpress

Hazelnut adalah kacang yang dipanen dari pohon Hazel. Di balik rasanya yang manis dan gurih, hazelnut juga kaya akan nutrisi yang membawa banyak manfaat bagi kesehatan.

Meski masih cenderung jarang, hazelnut bisa ditemukan di beberapa supermarket di Indonesia. Kacang bebentuk bulat ini bisa langsung Anda konsumsi sebagai pilihan camilan sehat atau bisa juga dicampur dengan berbagai macam hidangan.

Makanan yang biasa dihidangkan dengan hazelnut antara lain kue, roti, muffins, brownies, pasta, salad, dan sup.

Kandungan Nutrisi Hazelnut

Hazelnut termasuk makanan yang tinggi kalori. Sepuluh biji hazelnut saja mengandung sekitar 90 kalori. Meski begitu, kacang ini juga kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan, seperti:

  • Lemak sehat, seperti omega-3, omega-6, dan omega-9
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Vitamin, seperti vitamin E, vitamin B1, vitamin B6, dan folat.
  • Mineral, seperti magnesium, mangan, kalium, zinc, fosfor, dan zat besi.

Selain nutrisi di atas, hazelnut juga kaya akan antioksidan, yakni senyawa fenol dan proanthocyanidins.

Manfaat Kesehatan Hazelnut

Berikut ini adalah beragam manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi hazelnut:

1. Melawan radikal bebas berlebih

Hazelnut kaya akan senyawa fenol, yakni antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari stres oksidatif akibat penumpukan radikal bebas berlebih. Stres oksidatif dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel dalam tubuh sehingga meningkatkan risiko seseorang untuk menderita berbagai penyakit kronis.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi hazelnut secara rutin dapat secara signifikan menurunkan stres oksidatif. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung.

2. Mencegah penyakit kanker

Konsumsi hazelnut secara rutin juga bisa mencegah Anda menderita penyakit kanker. Pasalnya, kandungan proantocyanidins, vitamin E, dan mangan yang ada di dalam hazelnut mampu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang dapat meningkatkan risiko tumbuhnya sel kanker.

3. Menurunkan kadar gula darah

Hazelnut juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Asam oleat yang terkandung dalam hazelnut mampu meningkatkan kepekaan sel-sel tubuh terhadap hormon insulin, sehingga tubuh dapat menyerap gula dengan lebih maksimal. Dengan begitu, risiko Anda untuk mengalami diabetes akan berkurang.

4. Mengurangi peradangan dalam tubuh

Peradangan yang terjadi dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan penyakit kronis, seperti obesitas dan penyakit jantung. Akan tetapi, hal ini bisa dicegah dengan mengonsumsi hazelnut secara rutin. Konsentrasi lemak sehat yang tinggi pada hazelnut mampu mencegah dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat hazelnut lainnya adalah membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kandungan senyawa fenol yang ada pada hazelnut dapat menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol jahat (LDL), dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari penyakit kardiovaskular, seperti stroke.

Itu dia nutrisi dan manfaat hazelnut yang bisa Anda dapatkan. Namun, mengingat hazelnut mengandung kalori yang tinggi, porsi konsumsinya harus diperhatikan. Alih-alih membawa manfaat, konsumsi hazelnut berlebihan justru bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Selain itu, Anda juga harus berhati-hati jika memiliki alergi terhadap kacang-kacangan, seperti kacang tanah, karena kemungkinan besar Anda juga memiliki alergi terhadap hazelnut.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan, misalnya terkait konsumsi hazelnut dan kondisi kesehatan Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter agar bisa diketahui apakah kacang ini aman untuk Anda konsumsi atau tidak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.