Seputar Multivitamin Bagi Kesehatan Tubuh

wordpress

Banyak orang memilih untuk mengonsumsi multivitamin agar kebutuhan nutrisi tubuhnya tetap terpenuhi. Tak hanya mencukupi asupan nutrisi, multivitamin juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Multivitamin adalah salah satu jenis suplemen yang paling banyak dikonsumsi. Karena ragam kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya, multivitamin dipercaya bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh, mengimbangi pola makan yang kurang sehat, dan bahkan mencegah terjadinya penyakit.

Multivitamin dapat ditemukan dalam berbagai macam bentuk, mulai dari tablet, pil, kapsul, jeli, bubuk, hingga sirop.

Klaim Manfaat Multivitamin

Manfaat utama multivitamin adalah memenuhi asupan nutrisi harian tubuh yang tidak tercukupi dari pola makan sehari-hari, misalnya vitamin A, vitamin C, vitamin D, magnesium, serat, dan kalium.

Selain itu, ada juga beberapa klaim manfaat multivitamin bagi kesehatan tubuh lainnya, yaitu:

– Mencegah penyakit jantung

Multivitamin disebut bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Hal ini didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi multivitamin secara rutin selama 3 tahun dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung.

Meski demikian, beberapa penelitian lain justru menunjukkan hasil yang berbeda. Penelitian tersebut menyatakan bahwa mengonsumsi multivitamin tidak dapat menurunkan risiko seseorang dari penyakit jantung, serangan jantung, atau stroke.

– Mencegah kanker

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa konsumsi multivitamin dalam jangka panjang dapat mengurangi risiko terjadinya kanker kolorektal atau kanker usus besar.

Di sisi lain, beberapa penelitian yang berbeda menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara multivitamin dengan kanker. Sebaliknya, konsumsi beberapa jenis multivitamin secara berlebihan justru dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kanker.

– Menjaga kesehatan otak

Konsumsi multivitamin secara teratur juga banyak dikaitkan dengan peningkatan daya ingat pada lansia. Bahkan, beberapa studi juga menunjukkan potensi manfaat multivitamin untuk meningkatkan suasana hati dan mengurangi gejala gangguan kecemasan.

Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan klaim manfaat multivitamin dengan peningkatan daya ingat dan suasana hati.

– Menjaga kesehatan mata

Sebuah studi menyebutkan bahwa multivitamin yang mengandung antioksidan dapat memperlambat perkembangan penyakit mata pada lansia, seperti katarak dan degenerasi makula. Meski demikian, klaim manfaat multivitamin untuk menjaga kesehatan mata masih perlu diteliti lebih lanjut.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengonsumsi Multivitamin

Meski diklaim bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan mampu mencegah terjadinya penyakit, sebenarnya konsumsi multivitamin tidak selalu dibutuhkan. Apalagi jika Anda telah menerapkan gaya hidup sehat dan tidak memiliki kondisi medis tertentu.

Multivitamin memang dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi sebagian orang. Contohnya adalah konsumsi multivitamin oleh orang-orang yang rentan mengalami defisiensi nutrisi atau kekurangan zat gizi, seperti lansia, ibu hamil, dan penderita malabsorbsi makanan.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa Anda jadikan patokan untuk mengonsumsi multivitamin:

  • Memasuki masa lansia dan membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu yang menyebabkan berkurangnya nutrisi , seperti obat diuretik yang dapat mengurangi kadar kalsium dan kalium dalam tubuh
  • Menderita penyakit yang menyebabkan tubuh tidak dapat menyerap nutrisi secara maksimal, seperti penyakit celiac dan kolitis ulseratif
  • Menjalani prosedur medis yang menyebabkan perubahan pada pola makan, sehingga penyerapan nutrisi menjadi berkurang, misalnya operasi bariatrik
  • Memiliki nafsu makan yang sangat buruk hingga tidak dapat mengonsumsi cukup makanan sesuai kebutuhan tubuh
  • Mengalami kondisi yang membuat tubuh membutuhkan lebih banyak nutrisi, misalnya hamil

Anda memang memerlukan multivitamin jika memiliki salah satu kondisi medis di atas. Namun, Anda tetap disarankan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi jenis multivitamin apa pun.

Hal ini penting dilakukan karena konsumsi multivitamin secara berlebihan justru dapat menyebabkan terjadinya masalah kesehatan dan salah satunya adalah terganggunya penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Selain itu, perlu diingat bahwa konsumsi multivitamin tidak dapat menggantikan pentingnya gaya hidup sehat. Oleh karena itu, sebaiknya terapkan dahulu pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga secara rutin, berhenti merokok, dan menghindari stres, sebelum mengonsumsi multivitamin.

Jika masih memiliki pertanyaan terkait manfaat multivitamin atau pola makan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan Anda, jangan ragu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.