Manfaat Blackcurrant bagi Kesehatan Tubuh

wordpress

Meski buah ini berukuran kecil, manfaat blackcurrant bagi kesehatan sangatlah besar. Beragam kandungan nutrisi yang ada dalam blackcurrant tak hanya baik untuk menjaga daya tahan tubuh, tetapi juga memelihara fungsi berbagai organ tubuh.

Blackcurrant (Ribes nigrum) adalah buah yang berasal dari Eropa. Tanaman ini dapat tumbuh subur di tanah yang lembap. Tak hanya dikenal dengan warnanya yang hitam, buah ini ternyata memiliki warna lain, yaitu merah, merah muda, dan putih.

Meski memiliki warna yang berbeda-beda, nutrisi dan manfaat yang ditawarkan tetap sama. Selain dapat dikonsumsi langsung, buah blackcurrant juga sering diolah menjadi berbagai macam produk, seperti selai, jeli, es krim, hingga isian kue pai atau kue tart.

Beragam Nutrisi Blackcurrant

Dalam 100 gram blackcurrant terkandung sekitar 60 kalori. Blackcurrant juga mengandung beragam nutrisi berikut:

  • Vitamin, termasuk vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E
  • Serat
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Kalium
  • Fosfor
  • Kalsium
  • Natrium
  • Magnesium
  • Zat besi

Selain itu, buah blackcurrant juga diketahui tinggi akan kandungan antioksidan, seperti antosianin dan flavonoid.

Beragam Manfaat Buah Blackcurrant

Buah yang rasanya asam ini dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat blackcurrant adalah:

– Memperkuat imunitas tubuh

Selama masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat tentunya menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk selalu mengonsumsi makanan bernutrisi.

Salah satu pilihan makanan yang dapat Anda konsumsi adalah blackcurrant. Hal ini dikarenakan blackcurrant banyak mengandung antioksidan dan vitamin C yang dapat memperkuat daya tahan tubuh.

– Meredakan peradangan

Peradangan dalam tubuh biasanya dapat menimbulkan beberapa gejala atau keluhan, seperti nyeri dan pembengkakan. Kandungan asam gamma linolenat atau GLA di dalam ekstrak minyak blackcurrant diketahui dapat meredakan gejala peradangan tersebut.

Bahkan, beberapa penelitian menyatakan bahwa kandungan GLA efektif untuk meredakan gejala peradangan akibat penyakit tertentu, misalnya rheumatoid arthritis.

– Menurunkan kadar kolesterol

Blackcurrant mengandung serat dan antioksidan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Selain itu, kedua kandungan tersebut juga baik untuk mencegah penumpukan kolesterol di pembuluh darah (aterosklerosis) yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan penyakit jantung.

– Mengontrol tekanan darah

Kandungan kalium dan antioksidan pada blackcurrant menjadikan buah ini baik dikonsumsi untuk mengontrol tekanan darah. Kalium merupakan salah satu mineral yang berperan dalam menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Namun, untuk menurunkan dan menjaga tekanan darah tetap stabil, Anda juga disarankan untuk menjalani gaya hidup sehat, misalnya dengan membatasi asupan garam, berolahraga secara rutin, mengurangi stres, dan mencukupi waktu istirahat.

– Menjaga kesehatan mata

Blackcurrant kaya akan vitamin A, vitamin C, serta antioksidan, seperti flavonoid, lutein, zeaxanthin, dan antosianin, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata.

Beberapa riset menunjukkan bahwa konsumsi buah-buahan yang banyak mengandung antioksidan dan vitamin, termasuk blackcurrant, terlihat dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit pada mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

– Melancarkan pencernaan

Kandungan serat dan air pada blackcurrant diketahui baik untuk memelihara kesehatan saluran cerna dan melancarkan pencernaan. Efek ini membuat blackcurrant bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi sembelit.

Tak hanya itu, beberapa riset juga menyebutkan bahwa blackcurrant terlihat dapat memberi efek prebiotik, sehingga baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi saluran cerna.

Saat hendak mengonsumsi blackcurrant, jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu. Setelah itu, Anda dapat mengonsumsi blackcurrant sebagai camilan sehat atau mengolahnya menjadi manisan dan aneka hidangan lain sesuai selera.

Meski blackcurrant memiliki segudang manfaat, menjaga kesehatan tubuh tidak cukup hanya dengan mengonsumsi buah ini. Kunci yang paling utama adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi serta berolahraga secara rutin.

Jika masih memiliki pertanyaan seputar manfaat blackcurrant atau hendak menggunakan suplemen yang mengandung ekstrak blackcurrant, Anda dapat berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.