Manfaat Jamur Tiram bagi Kesehatan Tubuh

wordpress

Tak hanya nikmat dikonsumsi, ada beragam manfaat jamur tiram yang baik untuk kesehatan. Jamur berwarna putih ini diketahui mengandung beragam nutrisi yang dapat menjaga daya tahan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Ketika berbicara tentang jamur tiram, Anda mungkin langsung membayangkan jamur yang diolah menjadi jamur crispy atau tumis jamur. Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) memang kerap digunakan sebagai bahan dasar berbagai jenis masakan, karena rasanya yang lezat dan kaya akan nutrisi.

Dalam sekitar 100 gram jamur tiram terdapat 18 kalori. Hal ini membuat jamur tiram sebagai bahan makanan yang tergolong rendah kalori. Selain rendah kalori, jamur tiram juga mengandung nutrisi penting yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti:

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Vitamin A
  • Vitamin D
  • Vitamin B4 atau kolin
  • Vitamin B9 atau asam folat
  • Berbagai jenis mineral, termasuk zat besi, fosfor, kalsium, kalium, zinc, dan selenium

Tak hanya itu, jamur tiram juga mengandung beragam antioksidan yang berperan dalam mencegah penyakit kronis dalam tubuh.

Manfaat Jamur Tiram bagi Kesehatan

Selain kandungan beragam nutrisi di dalamnya, jamur tiram juga tergolong makanan yang bebas lemak sehingga Anda bisa mengonsumsinya sebagai salah satu menu diet sehat.

Berikut ini adalah beberapa manfaat jamur tiram untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda peroleh:

– Menangkal radikal bebas

Menurut sebuah penelitian, kadar antioksidan di dalam jamur tiram lebih tinggi dibandingkan dengan jenis jamur lainnya, seperti jamur kancing atau jamur merang.

Kadar antioksidan yang tinggi di dalamnya dianggap mampu menangkal radikal bebas, yang menjadi pemicu berbagai penyakit kronis. Selain itu, antioksidan juga berperan dalam meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah tanda-tanda penuaan kulit.

– Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat jenis beta glucan yang terdapat di dalam jamur tiram, diketahui berperan besar dalam mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini membuat jamur tiram baik dikonsumsi untuk mengurangi risiko terjadinya aterosklerosis yang dapat memicu penyakit jantung, hipertensi, dan stroke.

Selain menurunkan risiko penyakit jantung, jamur tiram juga kaya akan kalium yang baik untuk menjaga fungsi otot jantung.

–  Mengurangi risiko terkena diabetes

Selain baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi jantung, kandungan beta glucan di dalam jamur tiram juga dapat mengendalikan kadar gula darah, sehingga baik dan aman dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2.

Tak hanya itu, kemampuannya dalam menjaga kadar gula darah juga dapat menekan risiko terkena diabetes, terlebih bila Anda memiliki faktor risiko diabetes.

– Menurunkan berat badan berlebih

Selain tinggi serat, jamur tiram yang bebas lemak sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani diet. Diet tinggi serat dan bebas lemak dapat membantu Anda menurunkan berat badan berlebih.

Namun, bukan berarti konsumsi jamur tiram saja dapat menurunkan berat badan, ya. Manfaat ini dapat Anda peroleh apabila disertai dengan penerapan pola hidup sehat.

– Mencegah pertumbuhan kanker

Beberapa studi mengungkapkan bahwa kandungan antioksidan dan beta glucan di dalam jamur tiram diketahui memiliki sifat antikanker yang dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

Meski demikian, manfaat jamur yang satu ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut terkait keamanan dan efektivitasnya dalam mencegah dan mengobati kanker.

Itulah beragam manfaat jamur tiram yang bisa Anda dapatkan dengan cara mengonsumsinya. Meski begitu, manfaat di atas masih perlu penelitian lebih lanjut. Oleh karena itu, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsinya dalam jumlah berlebih, terutama jika Anda memiliki penyakit tertentu atau alergi terhadap jamur ini.

Bagi Anda yang menderita penyakit tertentu, seperti kolesterol tinggi, hipertensi, penyakit jantung, atau diabetes melitus, Anda disarankan tidak mengolah jamur tiram dengan cara digoreng dan ditambah banyak garam.

Usahakan untuk selalu membeli jamur tiram di pasar atau supermarket agar terjamin keamanannya. Jangan lupa pula untuk mencuci jamur tiram dengan air mengalir sebelum mengolahnya.

Hal penting yang juga perlu Anda ingat adalah jangan sekali-kali mengonsumsi jamur tiram yang didapat langsung dari alam bebas karena berisiko menyebabkan keracunan.

Jamur tiram termasuk makanan sehat yang baik dikonsumsi sehari-hari. Namun, jika Anda ingin mengambil manfaat jamur tiram untuk mengobati penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk memastikan keamanannya.

4 thoughts on “Manfaat Jamur Tiram bagi Kesehatan Tubuh

  1. Hey! Do you know if they make any plugins to assist with Search Engine
    Optimization? I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but
    I’m not seeing very good success. If you know of any please share.
    Appreciate it! I saw similar text here: Backlink Portfolio

  2. I will right away grab your rss feed as I can not to find your e-mail subscription hyperlink or newsletter service. Do you have any? Kindly allow me recognize so that I may just subscribe. Thanks!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *