Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan

wordpress

Tak hanya dagingnya, susu kambing memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Selain dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, mengonsumsi susu kambing bahkan dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung.

Manfaat susu kambing memang tak bisa dipisahkan dari nutrisi yang terkandung di dalamnya. Jika dibandingkan dengan susu sapi atau nabati, susu kambing memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak, terutama protein dan kalsium.

Berbagai Manfaat Susu Kambing

Berikut adalah beberapa manfaat susu kambing untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui:

– Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Susu kambing diketahui memiliki manfaat yang potensial dalam menjaga serta menguatkan tulang dan gigi. Hal ini terjadi karena susu kambing mengandung kalsium yang cukup banyak. Dalam satu gelas susu kambing (± 235 ml) terdapat sekitar 330 mg kalsium.

– Mendukung kesehatan sistem pencernaan

Selain memiliki tekstur yang lebih kental dan lembut, protein susu kambing dinilai lebih mudah dicerna oleh tubuh daripada susu sapi. Tak hanya itu, susu kambing bahkan mengandung prebiotik yang berfungsi sebagai asupan untuk bakteri baik agar jumlahnya tetap terjaga demi kesehatan sistem pencernaan.

– Meringankan gejala psoriasis

Sebagian penderita psoriasis merasa mengalami perbaikan gejala setelah mengganti asupan susu sapi dengan susu kambing dan menggunakan produk berbahan susu kambing. Meski begitu, sejauh ini belum terdapat penelitian yang menerangkan efek ini secara rinci.

– Meningkatkan imunitas tubuh

Selenium merupakan komponen penting dalam menjalankan fungsi sistem imun. Susu kambing diketahui mengandung selenium yang cukup banyak ketimbang susu sapi. Dengan begitu, manfaat yang dirasakan ketika imunitas tubuh bekerja dengan baik adalah dapat mencegah serangan penyakit.

– Mencegah penyakit kardiovaskular

Susu kambing diketahui mengandung asam lemak tak jenuh tunggal maupun ganda, serta trigliserida rantai sedang (MCT) yang cukup potensial daripada susu sapi.

Berkat kandungan tersebut, manfaat susu kambing lainnya adalah dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular, seperti aterosklerosis, serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung koroner.

Tak hanya itu, tingginya kandungan kalium dalam susu kambing juga dapat membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Meski manfaat susu kambing ada banyak, Anda juga perlu mengetahui risiko di balik mengonsumsi susu ini. Mengingat tingginya kalori dalam susu kambing dibandingkan susu sapi, Anda harus menjaga asupan susu kambing agar tidak menyebabkan kenaikan berat badan.

Selain itu, bagi Anda yang memiliki intoleransi laktosa, tidak disarankan untuk mengonsumsi susu kambing karena di dalamnya juga mengandung laktosa seperti halnya susu sapi. Jika Anda memiliki intoleransi laktosa, Anda bisa mengonsumsi susu nabati, seperti susu kedelai, yang dijamin bebas laktosa.

Setelah memahami penjelasan di atas, jangan ragu untuk mengambil manfaat susu kambing demi kesehatan tubuh. Bila perlu, konsultasikan dengan dokter gizi guna mengetahui takaran konsumsi susu kambing yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.