6 Manfaat Kencur yang Bisa Menyaingi Efek Obat-Obatan Modern

wordpress

Manfaat kencur telah lama dikenal masyarakat Indonesia sebagai salah satu obat tradisional yang baik untuk kesehatan tubuh. Tanaman herba yang sering dikonsumsi sebagai jamu atau bumbu masakan ini bahkan disebut memiliki manfaat yang dapat menyaingi obat-obatan modern.

Kencur (Kaempferia galanga) merupakan tanaman herba yang memiliki aroma dan cita rasa unik. Tumbuhan ini banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara, seperti Indonesia, Kamboja, Thailand, dan Malaysia. Tumbuhan yang masih tergolong sebagai kerabat dari jahe (Zingiberaceae) ini telah dikenal sejak lama sebagai tanaman obat tradisional.

Kandungan Nutrisi Kencur

Ragam manfaat yang ditawarkan kencur tentunya tak lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi kencur yang membuatnya kaya akan manfaat dan baik untuk kesehatan tubuh:

  • Protein
  • Serat
  • Mineral, termasuk, kalium, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium, selenium, dan zinc
  • Vitamin, termasuk vitamin C, vitamin B, vitamin K, dan folat.

Selain itu, kencur juga mengandung minyak esensial dan senyawa yang memiliki sifat antioksidan, antiradang, antibakteri, dan antinyeri.

Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Manfaat kencur bisa Anda temukan di daun maupun rimpangnya. Daun dan rimpang kencur bisa digunakan untuk mengatasi ketombe dan nyeri, misalnya sakit kepala, sakit gigi, dan sakit perut.

Tak hanya sebagai obat herbal, kencur juga sudah banyak dimanfaatkan sebagai bahan campuran dalam produk sampo, cuka, bedak, hingga aromaterapi.

Di Indonesia sendiri, kencur telah digunakan secara turun-temurun sebagai bahan untuk membuat jamu, misalnya beras kencur, yang terbuat dari campuran beras, kencur, asam jawa, dan gula merah.

Selain itu, ada beberapa manfaat kencur untuk kesehatan yang tak kalah dengan obat-obatan modern, di antaranya:

1. Mencegah kanker

Kanker merupakan pertumbuhan sel abnormal yang tak terkendali karena adanya perubahan sifat genetik atau mutasi gen. Jika tidak ditangani sejak dini, kanker dapat menyebar ke jaringan lain dalam tubuh dan semakin sulit ditangani (metastasis).

Berbagai riset menunjukkan bahwa kencur mengandung senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Oleh karena itu, kencur baik untuk Anda konsumsi guna mencegah kanker.

2. Menurunkan tekanan darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi ketika tekanan darah mencapai 140/90 mmHg atau lebih. Kondisi ini memaksa jantung untuk memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh, sehingga meningkatkan risiko terjadinya penyakit tertentu seperti stroke, penyakit jantung, dan kerusakan ginjal.

Kencur telah lama digunakan untuk mengobati hipertensi. Berbagai studi pun mendukung temuan ini karena kencur mengandung kalium, antioksidan, dan senyawa yang bersifat diuretik.

Kandungan di dalam kencur tersebut diketahui dapat menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil. Kencur pun baik dikonsumsi untuk melancarkan sirkulasi darah.

3. Membasmi bakteri penyebab penyakit

Ekstrak kencur diketahui mengandung minyak esensial yang bersifat antibakteri. Beberapa riset menunjukkan bahwa kandungan antibakteri pada kencur dapat membasmi kuman di kulit, gigi dan gusi, serta saluran pernapasan. Manfaat kencur bahkan dipercaya dapat mematikan kuman Mycobacterium tuberculosis penyebab TBC.

Akan tetapi, sejauh ini penelitian tersebut masih terbatas pada uji coba di laboratorium. Oleh karena itu, efektivitas dan tingkat keamanan kencur sebagai obat untuk mengobati penyakit infeksi masih perlu diteliti lebih lanjut.

4. Meredakan nyeri dan peradangan

Kencur mengandung zat yang bersifat antinyeri dan antiradang. Saat tubuh mengalami peradangan atau nyeri, Anda dapat menggunakan kencur untuk meringankannya. Manfaat kencur ini sudah terkenal sejak dahulu, sehingga umum digunakan untuk meredakan nyeri akibat sakit kepala, sakit gigi, dan radang sendi.

5. Menangkal radikal bebas

Kencur merupakan salah satu tumbuhan herba yang kaya akan kandungan antioksidan, misalnya flavonoid. Kandungan ini diketahui mampu menangkal kerusakan sel akibat paparan radikal bebas dari asap rokok atau polusi.

Tak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh, kandungan antioksidan flavonoid dalam kencur juga bermanfaat untuk meredakan peradangan dan mencegah kanker.

6. Mengurangi stres

Kencur juga dikenal sebagai salah satu tumbuhan yang dapat memberikan efek menenangkan pikiran dan meredakan rasa cemas serta stres. Efek ini bisa Anda peroleh jika mengonsumsi kencur batang dan daun kencur sebagai jamu, suplemen, atau aromaterapi.

Selain memberikan berbagai manfaat di atas, kencur juga diketahui bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh dan mengatasi sembelit.

Berbagai manfaat kencur tersebut bisa Anda peroleh jika mengonsumsinya dalam bentuk jamu atau suplemen. Akan tetapi, kencur sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan, terutama jika Anda memiliki penyakit atau sedang menjalani pengobatan tertentu.

Oleh karena itu, agar lebih aman, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu jika ingin mengonsumsi kencur sebagai obat herba atau suplemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.