Manfaat Tahu dan Resep Sehat Olahannya

wordpress

Sebagai sumber protein, ada begitu banyak manfaat tahu yang dapat diperoleh. Tak hanya protein, beragam kandungan nutrisi lain di dalamnya juga diketahui baik untuk kesehatan, mulai dari menjaga kekuatan tulang hingga mencegah kanker.

Tahu merupakan hasil olahan kacang kedelai yang dicairkan dan dikentalkan. Berdasarkan teksturnya, tahu dapat dibedakan menjadi tahu padat, tahu lembut, dan tahu sutra.

Meski demikian, ketiga jenis tahu ini memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama. Hanya saja, tahu yang bertekstur padat memiliki lebih banyak kalori dan nutrisi di dalamnya daripada tahu yang bertekstur lembut.

Selain sebagai sumber protein, tahu juga mengandung beragam nutrisi, seperti karbohidrat, serat, dan lemak. Kandungan asam amino esensial dan berbagai mineral, seperti kalsium, selenium, fosfor, magnesium, dan zat besi, pun dapat ditemukan di dalam tahu.

Berbagai Manfaat Tahu untuk Kesehatan

Setelah mengetahui kandungan nutrisi di dalamnya, tidak heran bila tahu dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat tahu yang dapat diperoleh:

– Mengontrol gula darah

Tahu mengandung isoflavon yang berasal dari bahan baku utamanya, yaitu kacang kedelai. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan isoflavon di dalam kedelai dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil.

Oleh karena itu, tahu menjadi makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun, kaitan antara konsumsi tahu dan penurunan kadar gula dalam darah masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

– Meningkatkan kekuatan tulang

Selain diyakini dapat mengontrol gula darah, kandungan isoflavon di dalam tahu juga dipercaya bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang.

Sebuah studi menyatakan bahwa isoflavon dapat meningkatkan kepadatan tulang, sehingga menurunkan risiko terkena osteoporosis, terutama pada wanita yang baru memasuki masa menopause. Tak hanya itu, tahu juga kaya akan kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang.

– Memelihara fungsi dan kesehatan otak

Mengonsumsi tahu diketahui baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak. Manfaat ini berasal dari kandungan isoflavon dan lecithin di dalam tahu yang dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, terutama pada lansia.

– Menurunkan kadar kolesterol

Mengonsumsi makanan kaya akan protein, termasuk tahu, dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Dengan demikian, manfaat tahu ini baik untuk mencegah penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah, sehingga menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan aterosklerosis.

– Menghambat pertumbuhan sel kanker

Tahu memiliki kandungan isoflavon dan antioksidan yang dipercaya dapat menghambat pertumbuhan beberapa sel kanker, seperti kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker payudara.

Selain beberapa manfaat di atas, tahu juga dikenal sebagai salah satu sumber zat besi, sehingga dapat menjaga produksi sel darah merah dalam tubuh dan mencegah anemia.

Resep Masakan dari Tahu

Untuk mendapatkan beragam manfaat tahu di atas, Anda dapat mengolahnya sesuai selera. Salah satu menu yang bisa Anda coba adalah pepes tahu. Berikut ini adalah bahan dan cara memasaknya:

Bahan-bahan

  • 6 buah tahu putih ukuran sedang
  • 2 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 2 butir telur
  • 1,5 sendok teh lada bubuk
  • Daun bawang secukupnya
  • Daun kemangi secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Daun pisang

Cara memasak

  • Haluskan bawang merah dan bawang putih.
  • Iris daun bawang tipis-tipis.
  • Hancurkan tahu, kemudian masukkan bawang putih dan bawang merah yang telah dihaluskan.
  • Masukkan daun bawang, daun kemangi, garam, gula, dan telur ke dalam adonan tahu yang telah dihancurkan.
  • Aduk rata semua bahan-bahan sampai tercampur rata dan bungkus menggunakan daun pisang.
  • Kukus selama kurang lebih 20 menit.
  • Angkat dan pepes tahu pun siap dihidangkan.

Tak hanya lezat atau mudah diolah, beragam manfaat tahu untuk kesehatan juga dapat Anda peroleh. Namun, jika Anda memiliki kondisi tertentu atau mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi tahu, segera periksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.