Manfaat Jeruk Limau untuk Kesehatan

wordpress

Meski ukurannya kecil, manfaat jeruk limau untuk kesehatan sangatlah besar. Berbagai kandungan nutrisi di dalamnya diketahui baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan jantung. Tak hanya itu, ada beragam manfaat lain dari jeruk limau yang juga perlu Anda ketahui.

Jeruk limau kerap digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai penambah rasa dalam masakan. Buah berwarna hijau dan memiliki rasa asam ini juga sering diolah menjadi minuman yang menyegarkan.

Meski ukurannya kecil, manfaat jeruk limau untuk kesehatan sangatlah besar. Berbagai kandungan nutrisi di dalamnya diketahui baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan jantung. Tak hanya itu, ada beragam manfaat lain dari jeruk limau yang juga perlu Anda ketahui.

Jeruk limau kerap digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai penambah rasa dalam masakan. Buah berwarna hijau dan memiliki rasa asam ini juga sering diolah menjadi minuman yang menyegarkan.

Tak hanya nikmat, jeruk limau juga memiliki manfaat yang begitu banyak bagi kesehatan. Manfaat tersebut berasal dari beragam nutrisi penting yang terkandung di dalamnya, seperti karbohidrat, protein, dan serat.

Jeruk limau juga kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, folat, kalsium, kalium, dan kolin. Berbagai jenis antioksidan pun dapat ditemukan di dalamnya, seperti flavonoid dan polifenol.

Beragam Manfaat Jeruk Limau

Berkat kandungan nutrisi dan antioksidannya yang cukup tinggi, jeruk limau dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti:

– Menjaga kesehatan jantung

Jeruk limau kaya akan magnesium dan kalium. Kedua mineral penting ini diketahui mampu menjaga denyut jantung tetap stabil dan menurunkan risiko terkena gangguan jantung.

Sementara itu, jeruk limau juga mengandung serat dan antioksidan yang baik untuk mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah. Dengan kadar kolesterol dan trigliserida yang terjaga, Anda pun akan terhindar dari penyakit jantung.

– Menurunkan berat badan

Salah satu manfaat jeruk limau yang paling dicari adalah menurunkan berat badan. Manfaat ini berasal dari kandungan asam sitrat di dalamnya yang bisa meningkatkan metabolisme dan membakar kalori lebih banyak di dalam tubuh.

Namun, untuk memperoleh berat badan yang ideal, tidak cukup bila Anda hanya mengandalkan jeruk limau. Anda tetap dianjurkan untuk menjalani diet sehat dan berolahraga secara rutin.

– Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat jeruk limau selanjutnya adalah meningkatkan imunitas tubuh. Manfaat ini dapat diperoleh berkat kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya. Keduanya zat tersebut diketahui dapat mendukung fungsi sel imun, sehingga tubuh lebih kuat melawan berbagai kuman dan virus penyebab penyakit.  

Selain meningkatkan imunitas tubuh, vitamin C juga berperan penting dalam penyerapan zat besi, pembentukan kolagen, penyembuhan luka, dan perbaikan berbagai jaringan tubuh.

– Mengurangi risiko terkena batu ginjal

Konsumsi jeruk limau secara rutin juga bisa menurunkan risiko terbentuknya batu ginjal. Kandungan asam sitrat yang terkandung di dalam jeruk limau dapat mencegah pembentukan jenis batu ginjal kalsium fosfat.

Selain dengan mengonsumsi jeruk limau, Anda juga perlu rutin minum air putih yang cukup agar terhindar dari batu ginjal.

– Mengontrol tekanan darah

Kandungan kalium pada jeruk limau diketahui dapat mengontrol dan menurunkan tekanan darah dengan cara membuang kadar natrium atau garam berlebih dari dalam tubuh melalui urine.

Selain bisa mengurangi kadar garam, kalium juga dibutuhkan untuk melemaskan dinding pembuluh darah sehingga tekanan darah bisa menurun dan lebih stabil. Inilah alasan mengapa penderita tekanan darah tinggi perlu untuk meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung kalium.

– Menjaga fungsi saraf

Tak hanya mengontrol tekanan darah, kandungan kalium pada jeruk limau juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi saraf serta menurunkan risiko terjadinya gangguan saraf.

– Menurunkan risiko terkena kanker

Konsumsi jeruk limau juga dapat mengurangi risiko terkena kanker. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan yang tinggi dalam jeruk limau yang dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat.

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan, khususnya flavonoid, dalam jeruk limau dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Selain berbagai manfaat di atas, jeruk limau juga baik dikonsumsi untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Ini karena jeruk limau mengandung antioksidan yang tinggi, tetapi memiliki kadar gula dan nilai indeks glikemik yang rendah.

Tips Mengolah Jeruk Limau

Untuk merasakan manfaat jeruk limau, Anda hanya perlu mencampur perasan air jeruk limau ke dalam air putih dan mengonsumsinya secara rutin atau memanfaatkannya sebagai bahan infused water.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba resep membuat saus jeruk limau yang bisa dijadikan pendamping dalam sajian ikan atau ayam:

Bahan-bahan:

  • 1 sendok teh parutan kulit jeruk limau
  • 1 sendok teh perasan air jeruk limau
  • 1 sendok teh gula
  • ½ cangkir kaldu ayam tanpa garam
  • 2 sendok teh tepung maizena
  • 1 sendok teh daun peterseli yang sudah dicincang

Cara membuat:

  • Campurkan semua bahan ke dalam mangkuk, lalu aduk hingga tercampur rata.
  • Masukkan ke dalam microwave dan masak selama sekitar 2 menit dalam suhu tinggi hingga saus mengental dan terlihat jernih.
  • Setelah selesai, siram saus jeruk limau di atas ikan atau ayam yang sudah digoreng atau direbus. Sajikan selagi hangat.

Setelah mengetahui manfaat jeruk limau, Anda dapat mulai memasukkan buah ini ke dalam berbagai makanan dan minuman yang dikonsumsi. Namun, Anda juga perlu mengetahui bahwa kandungan asam dalam jeruk limau juga dapat mengiritasi pencernaan, terutama jika dikonsumsi berlebih atau dimakan ketika perut kosong.

Selain itu, bila Anda memiliki kondisi medis tertentu yang membatasi asupan makanan Anda dan berencana mengonsumsi jeruk limau secara rutin, sebaiknya berkonsultasilah dahulu dengan dokter untuk memastikan keamanannya dan mengoptimalkan manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.