6 Manfaat Air Garam yang Perlu Anda Ketahui

wordpress

Selama ini, sebagian orang banyak yang memanfaatkan air garam sebagai obat kumur untuk mengatasi bau mulut hingga mengatasi sariawan. Padahal, manfaat air garam untuk kesehatan tidak hanya itu. Masih banyak manfaat lain yang sayang jika dilewatkan.

Garam, atau yang juga disebut dengan natrium klorida (NaCl), mengandung mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Selain mineral, beberapa jenis garam juga dilengkapi dengan kandungan yodium, kalium, kalsium, zat besi, dan zinc.

Garam tidak hanya dimanfaatkan sebagai bumbu penyedap, tapi juga untuk mengatasi beragam keluhan kesehatan. Cara mendapatkan manfaat garam yang cukup populer adalah dengan melarutkannya dengan air, lalu menjadikannya sebagai “obat”.

Beragam Manfaat Air Garam untuk Kesehatan

Manfaat air garam untuk kesehatan ada beragam. Berikut di antaranya:

1. Mengatasi hidung tersumbat

Untuk mengatasi hidung tersumbat atau pilek yang disebabkan oleh sinusitis, rhinitis, alergi, atau flu, Anda dapat membilas hidung menggunakan air garam. Hal ini karena air garam dapat membantu membersihkan rongga sinus dan hidung dari berbagai kuman, virus, lendir, dan kotoran.

Selain itu, air garam juga bisa membuat lendir di hidung menjadi lebih encer dan mengurangi pembengkakan di hidung, sehingga membuat pernapasan lebih lega dan hidung pun tidak lagi mampet.

2. Menjaga kesehatan dan kebersihan mulut

Salah satu manfaat air garam yang paling populer adalah membantu menjaga kesehatan dan kebersihan mulut. Berkumur menggunakan air garam dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri dan juga plak gigi yang memicu bau mulut.

Tak hanya itu, berkumur dengan air garam juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka setelah pencabutan gigi atau tindikan pada area mulut. Bahkan, keluhan sariawan dan sakit gigi juga dapat teredakan.

Cara menjadikan air garam sebagai obat kumur cukup mudah. Masukkan 1 sendok teh garam ke dalam 1 cangkir air hangat, aduk hingga larut. Kemudian, berkumurlah dengan larutan air garam tersebut setelah makan.

3. Mengatasi sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh virus atau bakteri, dan biasanya menyebabkan tenggorokan menjadi gatal dan sakit ketika menelan. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman ini, Anda dapat menjadikan larutan air garam sebagai obat alami sakit tenggorokan.

Caranya adalah dengan melarutkan 1 sendok teh garam meja ke dalam 1 gelas air hangat, lalu gunakan larutan ini untuk berkumur. Anda bisa melakukan pengobatan alami ini sambil menjalani pengobatan dari dokter guna membantu proses penyembuhan.

4. Mengatasi kutu air

Kutu air adalah infeksi jamur menular pada kulit kaki dan dapat menyebar ke kuku kaki dan terkadang tangan. Kutu air dapat diatasi dengan salep antijamur yang dijual di apotik atau berdasarkan resep dari dokter.

Namun, selain dengan obat-obatan, Anda juga perlu menjaga kebersihan kaki guna membantu pemulihan dan mencegah kutu air muncul kembali.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi kutu air adalah dengan merendam kaki menggunakan air garam selama sekitar 20 menit, lalu keringkan. Ini karena garam mengandung efek antijamur dan antibakteri alami.

5. Meredakan sembelit

Karena air garam bisa dijadikan sebagai obat pencahar alami atau laksatif alami, meminumnya dapat membantu meredakan sembelit. Meski demikian, manfaat ini hanya akan diperoleh, jika Anda memanfaatkan larutan air garam tertentu, seperti garam Himalaya atau garam Epsom.

Dalam membuat larutan air garam untuk sembelit, Anda hanya perlu mencampurkan 2 sendok teh garam Epsom ke dalam 4 cangkir atau 1 liter air hangat, lalu minum pada saat perut dalam keadaan kosong. Jika dirasa terlalu asin, cobalah tambah perasan air lemon ke dalamnya.

6. Mengurangi gejala eksim

Eksim dapat menyebabkan kulit terasa gatal, merah, pecah-pecah, dan kering. Cara mengatasi eksim ada beragam, salah satunya yaitu dengan berendam di dalam air garam. Air garam, khususnya garam Epsom mengandung mineral yang cukup tinggi, sehingga bermanfaat dalam mengurangi kemerahan dan juga peradangan pada kulit.

Manfaat air garam untuk kesehatan ada banyak, tapi air garam hanya bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan rumahan dan bukan sebagai obat utama untuk mengatasi penyakit yang Anda derita.

Jika mengalami gejala tertentu setelah menggunakan air garam atau keluhan yang ingin diatasi tidak juga membaik, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.