Tak Hanya Nikmat, Ini 6 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan Tubuh

wordpress

Labu siam kerap digunakan sebagai campuran sayur atau lalapan. Namun, siapa sangka manfaat labu siam bagi kesehatan juga sangat beragam. Buah yang sering dianggap sayuran ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk melancarkan pencernaan hingga mencegah kanker.

Labu siam memiliki bentuk yang menyerupai buah pir, dengan kulit buah berwarna hijau muda dan sedikit berkeriput. Selain sebagai campuran berbagai jenis sayur dan lauk, tanaman dengan nama latin Sechium edule ini juga dapat dikonsumsi langsung setelah dicuci atau direbus.

Selain nikmat, labu siam juga menyehatkan. Buah ini mengandung beragam nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti serat, protein, karbohidrat kompleks, folat, serta beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin B, vitamin C, vitamin E, kalsium, zat besi, dan fosfor.

Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan

Ada beragam manfaat labu siam untuk kesehatan yang dapat Anda peroleh, di antaranya:

1. Melancarkan pencernaan

Labu siam adalah salah satu jenis buah yang kaya akan serat. Kandungan ini diketahui baik untuk menyehatkan saluran cerna karena dapat menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik di usus dan melancarkan buang air besar.

2. Menurunkan kadar asam urat

Sumber makanan rendah purin dan tinggi serat, seperti labu siam, dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dan mencegah kambuhnya gejala penyakit asam urat. Oleh karena itu, labu siam baik dikonsumsi bagi penderita asam urat.

Meski demikian, manfaat labu siam untuk mengatasi penyakit asam urat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

3. Menurunkan berat badan

Tak hanya tinggi serat, labu siam juga rendah kalori dan kaya akan kandungan protein serta karbohidrat kompleks. Berkat kandungannya tersebut, labu siam baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani diet atau ingin menjaga berat badan ideal.

Namun, tak hanya dengan mengonsumsi labu siam, Anda juga disarankan untuk rutin berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari.

4. Mencegah penuaan dini pada kulit

Beberapa penelitian menyatakan bahwa kandungan vitamin C di dalam labu siam dapat merangsang produksi kolagen di dalam tubuh. Manfaat labu siam ini dapat digunakan untuk mencegah penuaan dini pada kulit yang ditandai dengan kulit tampak kusam, muncul kerutan maupun garis halus, dan kulit terlihat kendur.

5. Memelihara kesehatan jantung

Labu siam kaya akan serat dan mengandung antioksidan myricetin yang diketahui baik untuk menjaga kesehatan jantung. Antioksidan tersebut bekerja dengan cara melancarkan aliran darah ke pembuluh jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Meski demikian, manfaat labu siam untuk memelihara kesehatan jantung ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

6. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa labu siam memiliki sifat antikanker yang diduga dapat menghambat pertumbuhan beberapa sel kanker, seperti kanker serviks dan leukimia.

Namun, sama halnya dengan klaim manfaat lainnya, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas labu siam dalam menghambat pertumbuhan sel kanker.

Itulah beberapa manfaat labu siam untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh. Meski menyehatkan, konsumsi labu siam saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk tetap mengonsumsi makanan bernutrisi lainnya, seperti sayuran hijau, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan buah-buahan.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar manfaat labu siam atau memiliki penyakit tertentu dan ragu mengonsumsi labu siam, konsultasikan ke dokter untuk memastikan keamanannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.