6 Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

wordpress

Manfaat rambutan untuk kesehatan cukup beragam. Buah yang rasanya manis ini baik dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan, mendukung kesehatan jantung, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Rambutan atau Nephelium lappaceum tumbuh subur di daerah beriklim tropis, seperti Indonesia, Thailand, dan Malaysia. Sama seperti namanya, kulit buah ini memang dipenuhi oleh rambut.

Buah rambutan memiliki daging berwarna putih, terdapat biji di dalamnya, dan memiliki bentuk seperti bola kecil. Bila dikupas, buah ini mempunyai penampilan yang mirip dengan buah leci atau kelengkeng.

Buah rambutan ini memiliki rasa yang manis dan cocok dikonsumsi oleh siapa saja, tak terkecuali anak-anak dan ibu hamil.

Kandungan Gizi Buah Rambutan

Seperti buah lainnya, rambutan mengandung beragam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Di dalam 100 gram buah rambutan, terdapat sekitar 70 kalori serta:

  • 0,9 gram protein
  • 18 gram karbohidrat
  • 0,8–1 gram serat
  • 15 miligram kalsium
  • 15 miligram fosfor
  • 0,5 miligram zat besi
  • 15 miligram natrium
  • 110 miligram kalium
  • 60 miligram vitamin C

Selain nutrisi di atas, buah rambutan juga mengandung magnesium, folat, zinc, kolin, dan aneka vitamin lain, seperti vitam A dan vitamin B. Buah rambutan juga kaya akan aneka antioksidan, seperti anthocyanin, senyawa fenolik, dan flavonoid.

Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

Karena mengandung banyak nutrisi, tak heran jika buah rambutan dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, antara lain:

1. Melancarkan sistem cerna

Rambutan adalah salah satu jenis buah yang mengandung cukup banyak serat. Kandungan serat ini baik untuk melancarkan pencernaan dan proses pengeluaran tinja saat BAB. Dengan mencukupi asupan serat dari buah rambutan atau buah dan sayuran lainnya, kamu akan terhindar dari sembelit atau konstipasi.

2. Memperkuat daya tahan tubuh

Rambutan juga termasuk salah satu sumber vitamin C yang baik. Selain itu, buah ini mengandung vitamin A dan antioksidan. Kandungan tersebut menjadikan buah rambutan bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Dengan daya tahan tubuh yang lebih kuat, tubuhmu bisa melawan kuman dan virus penyebab penyakit dengan lebih baik. Hal ini baik untuk membuatmu tidak mudah jatuh sakit, lho.

3. Menjaga kesehatan jantung

Sama seperti beberapa jenis buah lainnya yang mengandung kalium, rambutan memiliki manfaat untuk mendukung kesehatan jantung. Kalium adalah salah satu jenis mineral yang berperan besar dalam menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil.

Selain itu, antioksidan pada buah rambutan juga memiliki peranan dalam mengurangi peradangan, sehingga mampu mengurangi risiko kamu untuk terkena penyakit jantung dan stroke.

4. Membantu penurunan berat badan

Asupan sayuran dan buah-buahan, termasuk buah rambutan, bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama sehingga bisa menurunkan nafsu makanmu. Hal ini sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan berlebih.

Selain mengonsumsi sayur dan buah, agar kamu bisa menurunkan berat badan, kamu pun dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat, tidak mengabaikan sarapan, mendapatkan cairan yang cukup, makan dalam porsi kecil namun sering, serta rutin berolahraga.

5. Menjaga kesehatan tulang

Seiring bertambahnya usia, kesehatan dan kekuatan tulang akan menurun. Namun, hal tersebut bisa dicegah bila kamu rutin mengonsumsi makanan tinggi kalsium dan kalium, seperti buah rambutan, sayuran berdaun hijau, ikan, kacang-kacangan, susu, keju, dan yoghurt.

Selain mengonsumsi makanan tersebut, agar kesehatan tulang tetap terjaga dengan baik, kamu dianjurkan untuk tetap aktif berolahraga, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Jika dibutuhkan, kamu pun bisa mengonsumsi suplemen.

6. Menurunkan risiko munculnya kanker

Buah rambutan mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal efek radikal bebas dan kerusakan sel-sel tubuh. Kandungan antioksidan pada buah ini juga memiliki manfaat dalam menurunkan risiko kanker pada tubuhmu, lho.

Sejumlah penelitian juga mengungkapkan bahwa buah rambutan atau ekstrak buah ini memiliki sifat antikanker yang bisa mencegah terjadinya beberapa jenis kanker, seperti kanker kulit dan kanker usus besar.

Selain manfaat di atas, buah rambutan juga dipercaya bisa menurunkan risiko terbentuknya batu ginjal. Akan tetapi, manfaat buah rambutan yang satu ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Mengingat manfaat buah rambutan untuk kesehatan ada banyak, mulai hari ini kamu bisa memasukkan buah rambutan ke dalam camilan sehatmu. Namun, karena memiliki rasa yang manis, kandungan gula pada buah ini bisa memicu kekambuhan gejala pada penderita irritable bowel syndrome.

Selain itu, buah rambutan juga mungkin bisa menyebabkan alergi pada sebagian orang. Jika kamu mengalami gejala alergi setelah mengonsumsi rambutan, seperti gatal-gatal, bibir bengkak, sakit perut, mual, atau muntah, segera hentikan konsumsinya dan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.