Mengulik Manfaat Biji Wijen untuk Kesehatan

wordpress

Selain memiliki rasa yang unik, manfaat biji wijen untuk kesehatan juga ada banyak, lho. Pasalnya, biji yang berasal dari tanaman Sesamum indicum ini mengandung beragam nutrisi yang penting bagi tubuh, mulai dari serat, protein, hingga kalsium.

Biji wijen sering dijumpai sebagai taburan untuk sejumlah makanan, seperti onde-onde, moci, dan roti. Meski berbentuk kecil, biji wijen punya segudang keuntungan untuk kesehatan, lho, mulai dari mengontrol gula darah sampai meningkatkan kekebalan tubuh.

Kandungan Gizi Biji Wijen

Dalam 1 sendok makan atau sekitar 9 gram biji wijen, terkandung 52 kalori dan beragam nutrisi penting berikut ini:

  • 0,4 gram air
  • 1,6 gram protein
  • 4,5 gram lemak
  • 2,1 gram karbohidrat
  • 1 gram serat
  • 90 miligram kalsium
  • 1,3 miligram zat besi
  • 30 miligram magnesium
  • 55 miligram fosfor
  • 40–45 miligram kalium
  • 0,7 miligram zinc
  • 3 mikrogram selenium
  • 9 mikrogram folat
  • 0,9 IU vitamin A

Selain itu, biji wijen juga mengandung vitamin B, vitamin D, kolin, dan antioksidan, seperti sesamin dan flavonoid.

Biji wijen pada dasarnya memang ada 2 jenis, yakni wijen putih dan wijen hitam. Namun, secara umum, kandungan nutrisi pada biji wijen putih maupun hitam tidak jauh berbeda. Hanya saja, beberapa riset menunjukkan bahwa kandungan kalsium dan antioksidan antosianin lebih banyak terdapat pada wijen hitam.

Sederet Manfaat Biji Wijen untuk Kesehatan

Berkat kandungan gizinya yang beragam, ada banyak manfaat biji wijen yang baik untuk kesehatan tubuh, antara lain:

 Mendukung kesehatan tulang dan gigi

Biji wijen merupakan salah satu sumber kalsium. Kalsium ini banyak dijumpai pada bagian kulit biji wijen. Selain kalsium, wijen juga mengandung beberapa mineral penting, seperti magnesium, fosfor, kalium, dan zinc.

Berkat kandungan gizinya tersebut, biji wijen baik dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang serta gigi. Kalsium yang tercukupi juga baik untuk mencegah osteoporosis.

 Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung dan stroke. Untuk mencegah hipertensi dan menjaga tekanan darah tetap stabil, Anda perlu mengonsumsi makanan yang tinggi kalium, misalnya biji wijen.

Selain kalium, kandungan antioksidan, magnesium, protein, dan serat pada biji ini juga baik untuk mengontrol tekanan darah. Namun, untuk mendapatkan manfaat biji wijen ini secara maksimal, Anda juga perlu menyertainya dengan menjalani pola makan sehat, rutin berolahraga, dan hindari merokok.

 Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan zinc, selenium, tembaga, zat besi, antioksidan, serta folat pada biji wijen memiliki khasiat dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan imunitas tubuh yang kuat, tubuh Anda pun tidak akan mudah terkena penyakit.

 Menurunkan kolesterol

Biji wijen mengandung serat serta lignan dan fitosterol, yakni senyawa yang dapat menurunkan kolesterol. Selain itu, berkat kandungan antioksidannya, biji wijen juga dapat menghambat pembentukan plak di pembuluh darah (aterosklerosis), sehingga mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular.

 Melancarkan pencernaan

Biji wijen merupakan sumber serat yang baik. Berkat asupan serat yang cukup, pencernaan Anda dapat menjadi lebih lancar. Asupan serat yang cukup juga baik untuk mencegah sembelit. Selain dari biji wijen, Anda juga bisa memenuhi asupan serat dari buah, sayuran, dan kacang-kacangan.

Mengontrol gula darah

Riset menyebutkan bahwa mengonsumsi biji wijen dapat mengontrol kadar gula darah. Ini berkat kandungan serat, karbohidrat kompleks, antioksidan, serta aneka vitamin dan mineral yang terdapat di dalam biji wijen.

Selain itu, biji wijen juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak cepat menurunkan gula darah. Gula darah yang terkontrol dengan baik berperan penting untuk mencegah penyakit diabetes.

Selain beragam manfaat di atas, biji wijen juga baik untuk kesehatan dan fungsi kelenjar tiroid, lho. Ini karena kandungan selenium, zinc, serta antioksidan yang terdapat di dalamnya. Dengan tercukupinya asupan gizi tersebut, risiko Anda untuk terkena penyakit tiroid pun bisa berkurang.

Itulah manfaat biji wijen untuk kesehatan yang sangat sayang bila dilewatkan. Selain dikonsumsi secara langsung, biji wijen yang telah diolah menjadi minyak pun menyimpan beragam manfaat.

Walau bermanfaat untuk tubuh, pada sebagian orang, mengonsumsi biji wijen bisa menimbulkan reaksi alergi, berupa gatal-gatal, batuk, dan gangguan pencernaan.

Oleh karena itu, bila Anda mengalami keluhan tertentu setelah mengonsomsi biji wijen, sebaiknya langsung konsultastikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.