Ini Manfaat Buah Jamblang untuk Kesehatan Anda

wordpress

Jamblang merupakan salah satu buah yang tubuh di area tropis. Buah yang memiliki nama ilmiah Syzygium Cumini ini awalnya berasal dari India, dan kini sudah menyebar ke negara-negara Asia lainnya termasuk juga Indonesia.

Buah ini sepintas terlihat seperti anggur dengan memiliki rasa asam dan manis. Ternyata buah jamblang juga memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan karena banyak mengandung banyak nutrisi.

Baik untuk Kulit

Buah jamblang mampu memperbaiki penampilan kulit dengan mengurangi kadar stres oksidatif dan menurunkan tingkat peradangan. Hal ini dikarenakan jamblang mengandung vitamin A, vitamin E, dan antioksidan lainnya.

Menurunkan Risiko Anemia

Tubuh kita tidak bisa menghasilkan zat besi secara alami. Kandungan zat besi dalam jamblang mampu menghasilkan sel darah merah yang sehat.

Perlu diketahui anemia bisa terjadi jika kadar zat besi dalam tubuh terlalu rendah.

Meningkatkan Sirkulasi

Dalam menjaga sirkulasi serta pengiriman oksigen dan nutrisi dibutuhkan hemoglobin. Enzim anrioksidan dalam Jamblang ternyata berperan penting untuk memproduksi hemoglobin.

Meningkatkan Imun

Vitamin C dan antioksidan lain pada Jamblang dapat merangsang prodiksi sel darah putih dan meningkatkan kekebalan tubuh. Dilansir dari organicfacts.net, menurut Journal Food Research, jamblang punya sifat antibakteri, antijamur, dan anti virus sehingga membantu Anda terlindungi dari bergam penyakit.

Melawan Kanker

Menurut Organic Facts, antioksidan dalam jamblang yang melimpah ini mampu menghambat aktivitas radikal bebas di dalam tubuh. Penelitian menyebutkan, buah ini juga memiliki maanfaat kesehatan antikanker dan kemopreventif.

Penyeimbang Gula Darah

Dilansir dari laman Hallo Sehat, pada penelitian The Indian Journal of Nutrition and Dietetics dikatakan bahwa jamblang bisa menyeimbangkan kadar gula darah. Hal ini berkaitan dengan jamblang memiliki kandungan gula, asam, dan tanin yang seimbang. Keseimbangan dari ketiganya dapat menstabilkan kondisi diabetes.

Menurunkan Berat Badan

Buah jamblang bisa dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program diet menurunkan berat badan. Pasalnya buah ini memiliki kalori yang rendan. Selain itu, jamblang disebut kaya akan serat sehingga dapat mengoptimalkan penceraan.

Anda perlu ingat, meski baik untuk kesehatan, pastikan konsumsi buah jamblang secukupnya tidak berlebihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.