Tak Cuma Lezat, Kacang Mete Punya Manfaat Kesehatan Ini

wordpress

Cashew atau kacang mete menjadi salah satu kacang populer dan favorit banyak orang. Meski harganya terbilang mahal, kacang mete punya tekstur yang renyah, gurih dan lezat.

Tapi di sisi lain, kacang berbentuk ginjal ini juga tinggi protein, serat, lemak sehat, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

Berikut beberapa manfaat kesehatan kacang mete bagi tubuh, dirangkum dari Eat This.

1. Membantu menurunkan berat badan

2. Tekanan darah turun

Menurut sebuah studi tahun 2019 di Current Developments in Nutrition, makan kacang mete terkait dengan tekanan darah yang lebih rendah.

Tapi tentunya hindari mengonsumsi kacang mete kemasan yang diasinkan, sebab makanan dengan garam berlebih telah dikaitkan dengan tekanan darah tinggi.

3. Kolesterol membaik

Sebuah studi tahun 2017 di The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa memasukkan kacang mete ke dalam makanan dapat menurunkan kolesterol LDL “jahat”.

Tidak hanya itu, sebuah studi tahun 2018 di Journal of Nutrition menunjukkan bahwa diet kaya kacang mete meningkatkan kadar kolesterol HDL “baik”.

4. Menyehatkan jantung

Kacang mete dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular adalah karena kacang mete merupakan sumber asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang baik, yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL.

Sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa ketika orang dengan diabetes tipe 2 makan 30 gram kacang mete mentah tanpa garam setiap hari selama 12 minggu, mereka mengalami penurunan faktor risiko kardiovaskular, tekanan darah mereka turun, dan kolesterol HDL mereka naik.

5. Kontrol gula darah

Dalam satu studi tahun 2019 di International Journal of Endocrinology and Metabolism, orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi 10% kalori harian mereka dari kacang mete memiliki kadar insulin lebih rendah daripada mereka yang tidak makan kacang mete.

Kadar insulin yang turun ini membantu manajemen gula darah. Hal ini mungkin terkait dengan kacang mete yang sangat tinggi serat, sehingga dapat membantu mencegah lonjakan gula darah dengan melepaskan glukosa lebih lambat dan stabil ke dalam aliran darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.