6 Manfaat Minum Teh Lemon Campur Jahe untuk Kesehatan

wordpress

Jika Anda termasuk orang yang mengalami kesulitan tidur, Anda mungkin bisa mencoba konsumsi minuman herbal seperti teh lemon campur jahe. Kandungan minuman tersebut membuat tubuh hangat dan rileks.

Dilansir dari healthline.com, teh lemon campur jahe bisa dimasukkan juga dengan madu. Minuman tersebut memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Berikut terdapat tujuh manfaat teh lemon campur jahe :

Mengurangi Gangguan Pencernaan

Jika gangguan pencernaan kronis atau makan malam yang berat membuat Anda bangun lebih lambat dari yang Anda inginkan, secangkir teh lemon-jahe bisa menjadi penangkal yang bagus sebelum Anda tidur.

Jahe telah lama digunakan dalam pengobatan alternatif dan tradisional karena kemampuannya untuk meringankan pengosongan lambung yang tertunda. Terlebih lagi, lemon mengandung senyawa limonene yang membantu pencernaan.

Dapat Meredakan Mual

Jahe telah lama disebut-sebut karena kemampuannya untuk meredakan mual, yang dialami banyak orang selama kehamilan atau kemoterapi. Menurut penelitian, mengonsumsi 1 sampai 1,5 gram jahe per hari mungkin cukup untuk mendapatkan efek anti-mual.

Satu artikel ulasan menemukan bahwa jahe mencegah dan mengurangi mual dan muntah yang terkait dengan kemoterapi di setengah dari studi yang dinilai.

Para ilmuwan belum bisa menunjukkan dengan tepat bagaimana jahe bekerja untuk mengurangi mual. Namun, ilmuwan menduga adanya gingerol pada jahe sebagai salah satu senyawa tanaman utama yang bertanggung jawab atas efek ini. Namun, hasilnya beragam.

Dalam ulasan lain dari tujuh penelitian, tiga menemukan bahwa jahe memiliki efek positif pada mual. Dua menunjukkan sebagian besar efek positif, sementara dua lainnya tidak menemukan bahwa jahe memiliki efek pada mual dan muntah terkait kemoterapi.

Dapat Mengurangi Hidung Tersumbat

Uap yang dihasilkan dari minumam lemon campur jahe panas Anda dapat membantu membuka rongga hidung Anda dan membantu membersihkan hidung tersumbat. Minum sesuatu yang hangat juga meredakan sakit tenggorokan akibat penumpukan lendir.

Meskipun efek ini sebagian besar bersifat anekdot dan didukung oleh pengobatan tradisional, minuman ini mungkin berguna saat musim dingin dan flu atau jika Anda mengalami alergi musiman.

Dapat Meredakan Sembelit

Sembelit dapat disebabkan oleh beberapa faktor termasuk dehidrasi dan diet rendah serat. Ketika sembelit berasal dari dehidrasi, bersantai di malam hari dengan secangkir teh lemon campur jahe yang hangat dapat membantu karena air membantu feses melewati saluran pencernaan Anda dengan lebih mudah.

Membantu Melawan Peradangan

Gingerol, salah satu senyawa tanaman yang ditemukan dalam jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Peradangan kronis terkait dengan kondisi seperti sindrom metabolik, kanker, penyakit Alzheimer dan penyakit jantung.

Namun, penelitian menunjukkan hasil yang beragam tentang apakah jahe memiliki efek anti-inflamasi pada manusia. Perlu diingat saat ini tidak ada penelitian yang cukup untuk mengetahui berapa banyak gingerol yang dibutuhkan untuk mencapai efek ini dan berapa banyak yang akan Anda dapatkan dari minum secangkir teh lemon campur jahe.

Membuat Terhidrasi

Saat Anda minum teh lemon campur jahe bersama dengan minum jahe harum dan sari lemon, Anda tentu saja minum air yang berarti Anda menghidrasi tubuh Anda. Ini penting, karena tetap terhidrasi membuat organ vital, seperti ginjal, usus, dan jantung Anda berfungsi dengan baik.

Berapa banyak air yang Anda butuhkan per hari dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti obat-obatan, aktivitas dan masalah kesehatan Anda. Kebanyakan wanita akan membutuhkan setidaknya 78 ons (2,3 liter), sementara kebanyakan pria harus mendapatkan 112 ons (3,3 liter) setiap hari.  Berapa banyak yang Anda butuhkan akan berbeda-beda bagi Anda dan dapat bervariasi dari hari ke hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.